Sponsors Link

Penyebab dan Cara Memperbaiki Setang Motor yang Berat

Sponsors Link

Banyak jenis sepeda motor di seluruh dunia yang membuat kita akan lebih bingung untuk memilih motor yang baik dan nyaman untuk digunakan bagi kita semua. Akan tetapi, ketika kita sudah memiliki motor, itu akan menjadi lebih rajin, karena kita harus merawat motor kita. Apalagi anda benar-benar sayang pada motor anda. Maka dari itu cara sederhana merawat motor agar umurnya panjang sangat perlu diperhatikan.

Salah satu perawatan pada motor adalah merawat setang motor, agar kita tetap aman saat melakukan perjalanan yang kita inginkan. Karena setang pada motor sangat perlu untuk kita merawatnya, dengan adanya setang tersebut, kita bisa mengendalikan kendaraan motor kita. Sebelumnya anda juga harus mengetahui jenis stang motor sehingga anda dapat mengetahui penyebab kerusakan pada setang motor. Bahkan kerusakan pada stang motor akan menjadi penyebab komstir motor rusak.

Memang kerusakan motor apalagi pada bagian setang, itu akan sangat berpengaruh bagi kita sebagai pengendara motor. Sehingga perlu di perhatikan dengan komponen setang, agar anda mengetahui penyebab dari setang yang rusak. Anda juga harus mempelajari beberapa teknik menggenggam setang motor yang benar dan aman agar tidak terjadi kesalahan teknis. Bagi anda yang belum mengetahui penyebabnya anda langsung saja bawa ke dealer motor terdekat anda. Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai “cara memperbaiki setang yang berat”.

Penyebab Setang Motor yang Berat

Sebelum kita mengetahui cara memperbaiki setang yang berat, alangkah baiknya anda juga harus mengetahui penyebabnya. Biasanya penyebab yang membuat setang terasa berat itu, ketika kita tidak merawat motornya dengan baik atau kesalahan teknis saat memakai motor tersebut. Nah, ketika anda mengetahui penyebab dari setang motor yang berat, ini akan jadi lebih mudah untuk memperbaiki setang yang berat. Ini dia beberapa penyebab setang menjadi berat.

  • Permukaan Ban Yang Tidak Rata

Penyebab yang pertama anda harus mengetahui bahwa permukaan ban motor anda sudah tidak rata atau gundul. Ketika itu terjadi, ini akan membuat setang pada motor anda akan terasa berat.

  • Posisi Shockbeker Tidak Presisi

Penyebab setang motor anda berat adalah posisi shockbeker tidak presisi. Biasanya penyebab dari masalah ini, ketika motor anda pernah jatuh dan melintasi jalan yang berlubang dengan kecepatan yang tinggi atau terkena benturan yang sangat deras. Masalah ini anda bisa lakukan secara penyetingan atau mengatur ulang dari shockbeker sehingga presisi atau keduanya seimbang.

  • Bearing Roda Rusak

Ketika bearing roda motor anda rusak, ini kemungkinan besar akan membuat setang motor anda terasa berat. Sehingga anda tidak nyaman saat menggunakan motor anda, mungkin terjadi kecelakaan saat kita mengendarai motor dengan setang yang berat. Apabila bearing roda anda rusak, kami sarankan untuk menggantinya terlebih dahulu di dealer terdekat anda.

  • Segitiga Pada Dudukan Setang yang Tidak Seimbang

Permasalahan yang lainnya mungkin dari setang yang tidak seimbang. Apabila motor anda diketahui dan terjadi seperti hal ini. Kemungkinan besar setang pada motor anda akan menjadi berat pada saat kita memakai motor tersebut. Agar bisa mengembalikan kondisi motor yang seperti ini, lakukan saja pengepresan segitiga pada setang sehingga posisi dari dudukan setang menjadi seimbang.

  • Pemakaian Motor Yang Tidak Berhati-hati

Pemakaian motor yang tidak berhati-hati atau memakai motor dengan cara yang kasar, ini akan membuat kondisi setang pada motor anda akan menjadi berat. Selain itu, pemakaian motor yang tidak berhati-hati akan membuat mesin motor bunyi klotok atau suara yang tidak sedap didengar.

Cara Memperbaiki Setang Motor yang Berat

Setelah anda mengetahui penyebab dari setang motor yang berat, anda juga bisa memperbaiki masalah setang yang berat pada motor anda. Tak perlu anda membawanya ke bengkel. Seringkali ketika anda membawa ke bengkel belum tentu motor anda bisa diperbaiki dan bisa digunakan dengan aman. Akan tetapi lebih baik anda memperbaiki dengan cara sendiri. Untuk memperbaiki setang yang berat pada motor anda sangat mudah, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  • Kendurkan setang pada leher sepeda motor anda,
  • Kemudian anda harus mencobanya untuk melakukan pergerakan terhadap setang, seperti membelokan ke kiri dan ke kanan. Karena ketika memperbaiki setang, pastikan terlebih dahulu selang atau kabel tidak menghalangi saat sistem kerja pada setang,
  • Dan kemudian anda harus bongkar setang serta anda harus lihat bagian dari pelor komstirnya. Karena pelor komstir yang sudah usang, sebaiknya anda harus memberikan pelumas lagi atau ini mungkin sudah waktunya untuk ganti. Akan tetapi, anda juga harus berhati-hati saat proses untuk melepaskan setang. Karena ketika tidak berhati-hati, pelor-pelor komstir akan jatuh, apalagi sampai hilang.

Ketika anda sudah melakukannya dan setang pada motor anda tidak kembali dengan normal atau tidak stabil. Ini kemungkinan besar bermasalah dengan komstirnya atau komstirnya yang sudah rusak . Selain itu, komstir yang bermasalah akan menjadi penyebab stang motor bergetar. Kami sarankan untuk menggantikan kembali komstirnya dengan yang baru (Ingat dengan yang baru atau ori, bukan yang KW atau palsu). Cara menggantikan komstirnya juga sangat simpel atau mudah, anda hanya mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini:

  • Pertama lepaskan setang terlebih dahulu dari posisinya atau tempatnya.
  • Keluarkan pelor mangkuk komstir pada bagian atas dan juga bagian bawah dengan cara memukulnya keluar secara perlahan-lahan.
  • Kemudian lepaskan pelor mangkuk komstir secara perlahan-lahan dari poros setang. Hati-hati ketika ingin melepaskannya agar seal tidak rusak serta permukaan dari poros setang.
  • Ketika sudah melepaskannya. Bersihkan pelor mangkuk komstir yang kotor dan kemudian berikan pelumas.
  • Pasanglah komstir baru secara urutan kembali dari pelepasan tadi.
  • Apabila sudah terpasang, anda dapat melakukan penyetelan di setang sehingga kinerja setang mulai optimal.

Itulah pembahasan kita pada saat ini semoga bisa berfaedah atau bermanfaat bagi anda semua dan dapat pencerahan dari pembahasan kita tadi diatas. Ingat ya, kalau setang bermasalah lebih baik anda jangan mengendarai motornya. Karena setang yang terjadi masalah, ini kemungkinan besar akan mendapatkan musibah yang tidak diinginkan kita bersama, seperti kecelakaan yang besar maupun kecelakaan yang biasa saja.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,

Leave a Reply