Sponsors Link

4 Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King Yang Bermasalah

Sponsors Link

Diantara beberapa jenis kendaraan yang ada di dunia ini, sepeda motor tetap menjadi yang paling favorit dan banyak digunakan di masyarakat. Hal tersebut terjadi karena keunggulan motor Honda dan pabrikan lainnya dibandingkan dengan kendaraan lain seperti mobil. Selain karena keunggulan dan kegunaannya, beberapa orang juga memiliki minat yang utama pada sepeda motor karena minatnya dan mungkin juga bisa hobi terhadap bentukan dari sepeda motor. Minat dan hobi tersebut termasuk kesukaan untuk melakukan cara modifikasi motor yang aman pada sepeda motor klasik yang cukup legendaris.

Salah satu jenis sepeda motor klasik yang legendaris tersebut datang dari pabrikan motor Yamaha, lebih tepatnya yakin Yamaha RX King. Sepeda motor yang sempat menjadi primadona sebagai motor yang memiliki kecepatan kencang tersebut sangat populer dimasanya dan hingga sekarang masih banyak dicari oleh para peminat motor tersebut meskipun hanya bisa di dapati dalam kondisi bekas mengingat Pabrikan Yamaha sudah tidak lagi mengeluarkan seri sepeda motor Rx King dalam varian yang baru sejak tahung 2013 akibat peraturan pelarangan motor dua tak yang menjadikan motor tersebut masuk ke dalam daftar motor klasik di Indonesia yang sudah tidak diproduksi.

Hampir setiap sepeda motor tentu memiliki resiko untuk mengalami masalah teknis tertentu terutama motor Yamaha Rx king yang tentunya sudah cukup tua. Masalah teknis kerap kali terjadi akibat kurangnya perawatan pada sepeda motor tersebut. Pompa oli samping merupakan komponen pada motor dua tak seperti Rx king yang tidak dimiliki oleh sepeda motor sekarang yang semua mengusung mesin 4 tak. Berikut beberapa ulasan mengenai cara memperbaiki pompa oli samping Rx king dalam ulasan dibawah ini.

Sebelum membahas mengenai cara memperbaiki pompa oli samping Rx king yang bermasalah maka sebaiknya lebih dulu memahami masalah apa saja yang dapat menyebakan pipa oli samping Rx king harus diperbaiki. Beberapa masalah yang menjadikan pipa tersebut membutuhkan cara memperbaiki pompa oli samping Rx King diantaranya karena adanya kondisi oli samping yang boros akibat kebocoran pada bagian pompa oli samping tersebut, komponen pompa oli samping yang sudah aus sehingga tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Untuk dapat menjadikannya normal maka lakukan langkah dibawah ini dalam proses perbaikan pompa oli samping motor Rx King.

  1. Lakukan penyetelan pada volume oli di pompa

Oli samping merupakan bagian penting dalam motor dua tak yang akan dicampurkan dengan bahan bakar sehingga menjadikan munculnya asam hitam dari knalpot. Oli samping tersebut membantu agar mesin motor tidak mengalami overheat yang berbahaya bagi kondisi. Volume yang kurang dari oli samping menyebabkan overheating namun volume yang terlalu berlebihan akan menjadikan asap motor semakin berwarna hitam serta boros. Untuk mengatasi masalah ini maka lakukan pengaturan pada pompa oli samping untuk mengeluarkan jumlah volume oli yang sesuai dan pas dengan kebutuhan mesin motor 2 tak Rx King sebagai salah satu motor paling cepat dan kencang.

  1. Penggantian gir pompa

Dua penyebab utama yang menjadikan pompa oli mesin motor 2 tak Rx King tidak berfungsi secara normal adalah karena komponen gir di dalam pompa yang sudah aus atau karena adanya udara yang masuk ke dalam slang pompa oli mesin motor Rx King tersebut. Untuk mengatasi kondisi gir pompa yang bermasalah maka cara paling mudah adalah menganti komponen gir tersebut yang sudah aus. Sedangkan jika ada kondisi slang yang kemasukan udara maupun air maka langkah yang harus dilakukan dalam cara memprbaiki pompa oli samping Rx King adalah dengan membuka slang terlebih dahulu dan mengeluarkan air atau udara yang masuk serta memasangnya kembali secara benar.

  1. Periksa kondisi aki

Selian masalah secara langsung pada bagian pompa, kondisi pompa yang tidak berfungsi secara normal dapat juga disebabkan oleh karena suplai listrik yang tidak berjalan dengan baik ke bagian pompa. Suplai yang bermasalah dapat disebabkan oleh karena penghasil listrik di sepeda motor yang mungkin tidak berfungsi secara optimal. Komponen yang bertanggung jawab terhadap kelistrikan di dalam sepeda motor adalah Aki. Kerusakan pada bagian aki secara tidak langsung mempengaruhi berbagai komponen yang membutuhkan listrik di motor termasuk pompa oli samping. Periksa dan perbaiki kondisi aki motor untuk mendapatkan performa pompa oli dan fungsi oli samping motor 2 tak.

  1. Perhatikan kebocoran pada pompa

Kondisi lainnya selain kerusakan komponen di dalam pompa yang juga dapat menyebabkan masalah Adalah adanya kebocoran dari pompa oli samping dari salah satu sepeda motor sport terbaik di Indonesia  dizamannya tersebut, Yamaha Rx King. Kebocoran pada pompa dapat menjadikan oli samping lebih boros dan jumlah yang masuk ke dalam tempat pencampuran bahan bakarnya juga pastinya akan kurang yang menyebabkan mesin motor cepat panas atau overheating. Penyebab kebocoran biasanya adalah karet seal yang terdapat di dalam komponen pompa oli samping motor Yamaha Rx King sudah tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dapat dilakukan dengan cara menganti bagian karet tersebut serta tetap memperhatikan kondisi keseluruhan dari pompa apakah ada yang bocor lagi atau tidak.

Itulah beberapa kondisi yang perlu diperhatikan terkati masalah pada pompa oli samping motor Yamaha Rx King yang perlu diperhatikan oleh setiap peminat atau penghobi motor klasik legendari dengan tipikal kencang tersebut. Masalah pada bagian oli samping tidak boleh dianggap remeh mengingat perannya yang penting bagi kondisi komponen mesin di dalam motor. Kondisi pompa yang bocor, buntu, dan pengaturan jumlah volume keluar yang salah dapat menyebabkan masalah pada bagian mesin seperti mesin yang menjadi mudah panas atau mengalami overheating.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply