Sponsors Link

Cara Memperbaiki Dudukan Spion Motor yang Patah

Sponsors Link

Nah, pada komponen motor, seperti komponen motor matik, motor kopling dan juga motor bebek atau motor sport terdapat beberapa hal penting yang anda harus perhatikan. Dengan demikian, anda akan mengetahui dan mengerti komponen yang ada pada motor anda saat ini. Apalagi anda yang memiliki bakat saat mengendarai kendaraan beroda dua alias motor, justru harus lebih dalam untuk mengetahui komponen motor yang anda gunakan pada saat ini.

Dalam menggunakan motor, semua orang pasti ingin menerapkan cara sederhana merawat motor agar terlihat umur panjang, cara perawatannya cukup mudah dan sederhana. Perawatan motor memang sangat penting bagi kita sebagai bikers, agar kita terasa nyaman dan motor juga akan terlihat keren. Memang banyak orang yang membeli motor dan baru setahun sudah dijual, bahkan ada yang baru beberapa bulan sudah dijual. Mungkin mereka tidak tahu cara untuk merawat motor.

Oleh karena itu, kami sarankan bagi anda untuk merawat mesin motor anda sebaik-baiknya agar tetap keren dan awet. Mungkin anda memiliki motor matik, terapkan cara merawat mesin motor matic atau mungkin anda memiliki motor kopling atau gigi, rawatlah motor anda sebaik mungkin. Agar ketika anda mau berpergian dengan motor yang stabil karena perawatannya, dengan demikian anda akan terasa nyaman dalam perjalanan anda dan sampai ketempat tujuan anda dengan selamat.

Bicara soal perawatan motor, kali ini kami akan membahas tentang cara memperbaiki dudukan spion yang patah dan cara merawat dudukan spion agar tidak patah.

Cara Memperbaiki Dudukan Spion yang Patah

Sebelum kita masuk dalam pembahasan kita, sebaiknya anda harus mengetahui dengan fungsi kaca spion pada kendaraan bermotor sehingga anda tidak salah gunakan. Ketika anda salah menggunakan kaca spion yang benar, mungkin anda akan mencelakakan orang lain pada saat di perjalanan.

Maka dari itu, anda harus memperhatikan fungsi dari kaca spion saat mengendarai motor. Nah, ketika anda telah memahami fungsi dari kaca spion, sekarang kita akan masuk dalam pembahasan mengenai cara memperbaiki dudukan motor yang patah, berikut ulasannya.

Hal yang paling pertama adalah harus siapkan bahan-bahan atau alat-alat terlebih dahulu untuk memperbaiki dudukan spion yang patah, alat-alatnya seperti yang ada dibawah ini:

  • Siapkan Bor Dengan Matabor Ukuran 7 mm
  • Sketmat Untuk Mengukur Diameter dan Kedalaman Lubang
  • Snei Ukuran 8 x 1,25
  • Tap Ukuran 8 x 1,25
  • Gerenda

Nah, kalau bahan-bahan atau alat-alatnya sudah lengkap sekarang kita memperbaiki dudukan spion yang patah:

  • Membuat Lubang Untuk Dipasangin Spionnya

Pada hal yang pertama ini, anda harus membuat lubang terlebih dahulu dengan cara melakukan pengeboran pada dudukan spion tersebut dan menggunakan alat bor matabor yang ukuran 7 mm.

  • Membuat Drat di Lubang yang Telah Dibuat

Nah, bagi anda yang sudah membuat lubang pada dudukan tersebut, langkah selanjutnya anda harus membuat drat pada lubang yang telah dibuat. Dengan cara anda memutarkan Tap yang ukuran 8 x 1,25 tersebut.

  • Kecilkan Diameter Spion

Langkah selanjutnya anda harus mengecilkan diameter dari spion anda dengan menggunakan geranda hingga ukurannya menjadi 8 mm.

  • Membuat Ulir di Spion yang Patah

Ketika anda telah mengecilkan diameter pada spion anda dan pada saat ini anda harus membuat ulir di spion yang patah hingga bentuknya rapih dan bisa dimasukan pada lubang yang telah dibuat tadi.

  • Pasang Kembali Spion Anda

Ini dia langkah terakhirnya, apabila semua anda sudah kerjakan, pasanglah spion kembali hingga spion terpasang dengan benar dan rapih. Pastikan anda mengikuti cara-cara ini dengan benar.

Cara Merawat Spion Agar Tidak Patah

Nah, ketika anda telah memperbaiki spion anda dengan mengikuti cara-cara yang ada diatas tadi. Anda sekarang bisa mengendarai motor dengan nyaman. Alangkah baiknya anda memperhatikan keselamatan anda dengan cara menaati aturan lalu lintas. Seperti memasang spion dan lain-lain yang menjadi peraturan lalulintas.

Dengan begitu, perjalanan anda akan tiba dengan selamat ketempat tujuan anda. Dalam kaca spion memiliki berbagai macam jenis-jenis spion motor, sehingga anda bisa menggunakan kaca spion dengan baik. Agar kaca spion anda terawat dan tidak rusak atau patah, anda bisa melihat cara perawatannya dibawah ini.

  • Pemakaian yang Tidak Berhati-hati

Mungkin ini adalah salah satu dimana semua pengendara motor yang tidak pernah berhati-hati saat dalam perjalanan. Ketika kita menjalani perjalanan dan tidak berhati-berhati atau melaju dengan kecepatan yang penuh pada saat kondisi jalanan berlubang, ini mungkin akan membuat kaca spion anda longgar dan lama kelamaan kaca spion anda terlepas.

Selain itu, kesalahan yang tidak berhati-hati saat mengendarai motor. Ketika menyelip ditempat yang sempit ini akan membuat motor anda tergores dan lecet, apalagi pada saat anda menyenggol mobil truk atau mobil seperti ukuran Avanza. Kemungkinan besar ini akan menjadi kaca spion anda patah lagi. Maka dari itu kami sarankan ketika mengendarai motor harus berhati-hati dalam perjalanan anda.

  • Jangan Menggantikan Spion Berkali-kali

Pada umumnya kaca spion bukan hanya untuk mempercantikan motor anda. Akan tetapi kaca spion sangat penting bagi kita untuk mengendarai motor. Selain itu, dengan kaca spion bisa menjaminkan keselamatan bagi para pengendara motor. Mungkin anda salah satu pengendara yang sering mengganti spion atau mengutak-atik. Ini adalah hal yang anda harus ingat, karena biasa tangan kita sering kali nakal dan mengutak-atik spion. Sehingga kaca spion anda akan dol dan ini adalah salah satu hal yang membuat dudukan spion anda rusak.

  • Cari Tempat Parkiran yang Aman

Mungkin bagi anda sering salah dengan penempatan parkiran motor, apalagi tempat parkiran didekat Mall atau tempat parkiran umum dan mungkin anda pernah mengalami kejadian tiba-tiba spion anda rusak atau hilang dicolong orang. Agar anda tidak mendapat kejadian yang seperti itu, pandai-pandailah untuk mencari tempat parkiran yang aman.

Nah, dengan demikian pembahasan kita pada hari ini mengenai cara memperbaiki dudukan spion yang patah sekalian cara merawat spion motor agar tidak patah. Semoga dari pembahasan kita kali ini bisa mendapatkan manfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , , ,

Leave a Reply