Sponsors Link

Penyebab dan Cara Memperbaiki Ban Motor Goyang

Sponsors Link

Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia pasti memiliki kerusakan yang membuat kita merasa kesal dan tidak nyaman bagi kita. Baik itu kerusakan yang kecil maupun kerusakan yang besar tetap saja kita harus merawat agar motor anda lebih tahan lama atau umur panjang. Cara merawat motor agar umur panjang atau tahan lama cukup mudah untuk dilakukan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara memperbaiki ban motor goyang. Sebenarnya cara untuk memperbaikinya sangat mudah untuk dilakukan. Namun cara yang mudah dilakukan anda harus mengikuti cara-cara yang sudah kami susun dengan baik dan benar. Dengan demikian anda bisa melakukannya secara mudah, bahkan anda tak perlu repot-repot membawa ke bengkel atau dealer.

Penyebab Utama Ban Motor Goyang

Sebelum kita masuk dalam pembahasan alangkah baiknya kita cari tahu terlebih dahulu tentang penyebab utama sehingga ban motor goyang. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat ban motor goyang, tapi kita akan membahas penyebab utamanya sehingga ketika didapati ban motor goyang kita bisa memperbaiki dengan cara sendiri. Berikut dibawah ini merupakan penyebab utama dari ban motor goyang.

1. Bearing Roda

Bearing Roda atau biasanya dikenal sebagai laher satu komponen yang bisa menjadi penyebab utama dari ban motor goyang. Pada penyebab yang seperti ini indikasinya terlihat banget. Penyebab yang satu ini terlihat pada bearing roda yang sudah haus sehingga membuat ban motor kita lebih terasa bergoyang. Apabila ban motor tidak kempes dan tetap saja masih bergoyang, maka bearing menjadi faktor utamanya dari penyebab motor terasa oleng.

Untuk mendeteksi bearing motor rusak anda bisa melakukan seperti menggoyangkan ban ke kenan maupun ke kiri, baik ban depan maupun belakang. Bahkan ini juga akan membuat sparepart sepeda motor yang sering rusak ini dikarenakan adanya bearing roda yang sudah oblak atau rusak. Dengan demikian ini tidak akan merasa nyaman saat berpergian dengan keadaan bearing roda yang seperti itu. Bearing roda yang sudah rusak, oblang dan haus langsung diganti bearing tersebut dengan yang baru.

2. Velg Motor

Ada berbagai jenis-jenis velg motor yang harus diketahui oleh anda semua. Salah satu penyebab utama dari ban motor goyang adalah velg motor yang bermasalah. Mungkin velg motor anda penyok atau kerusakan apapun pada velg sehingga membuat ban motor goyang. Pada penyebab inilah anda harus benar-benar paham ketika ban motor dan hingga motor anda goyang.

Selain bearing roda yang bermasalah velg motor yang bermasalah menjadi salah faktor utamanya dari penyebab ban motor anda goyang. Hal yang membuat velg motor bermasalah tentu saja pemakaian yang tidak sesuai. Maksudnya pemakaian yang tidak sesuai, seperti anda melintasi jalanan yang rusak dengan kecepatan diatas rata-rata sehingga membuat velg motor bermasalah hingga ban motor menjadi goyang.

Cara Memperbaikinya Berdasarkan Dua Penyebab Tersebut

Setelah anda mengetahui dua faktor utama dari penyebab ban motor goyang, pasti anda bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki ban motor yang goyang. Cara memperbaiki ban motor anda yang goyang, kita harus memperbaiki dengan cara melalui dua penyebab utamanya. Nah tunggu apalagi langsung saja simak ulasannya yang sudah kami buat seperti dibawah ini.

1. Bearing Roda

Bearing roda pada motor memang sangat penting dalam mengendarai dengan kendaraan yang bermotor. Bearing roda akan bekerja untuk membantu suatu ban motor dimana bearing akan memutar roda yang sesuai dengan kecepatannya. Pada umumnya untuk tidak ada yang harus diperbaiki, jika ban motor anda goyang maka hanya cukup dengan mengganti bearing yang baru.

Tapi perlu diingatkan kalau ingin mengganti bearing yang kita bisa menggantikan dengan membawanya ke bengkel atau dealer, tentu saja kita harus mengeluarkan biaya pada saat ingin mengganti bearing roda tersebut. Pada umumnya anda bisa menggantikan bearing roda yang baru dengan cara sendiri sehingga kita tak perlu untuk mengeluarkan biaya.

Mungkin anda bertanya bagaimana cara menggantikan bearing yang baru? Dibawah inilah yang menjadikan jawaban dari anda yang bertanya mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya.

  • Hal yang pertama pastikan terlebih dahulu kalau bearing yang baru sudah siap untuk dipasang dan anda juga harus menyiapkan alat-alat yang akan digunakan, seperti kunci ring yang berukuran 17, obeng minus dan juga sebuah palu.
  • Ketika semuanya sudah komplit, anda dapat melepaskan murnya terlebih dahulu dengan menggunakan kunci 17 tadi.
  • Sesudah itu anda harus menarik sebuah AS yang terdapat dalam velg hingga keluar.
  • Selanjutnya anda membuka karet penutup dan juga bosh dengan menggunakan alat dari obeng minus.
  • Setelah terbuka anda harus memasukkan obeng tersebut kedalam lubang, lalu anda rasakan pinggiran bearing sebelahnya dan memukulnya dengan menggunakan palu hingga terkeluar.
  • Kemudian sesudah terlepas bearing yang lama anda pasangkan kembali bearing yang baru seperti dimana anda melihat bearing yang baru berposisikan. Cara pemasangannya anda harus memukul dibagian pinggir saja jangan dibagian tengah. (Perlu diingatkan anda juga harus menambahkan stempetnya, karena biasanya bearing yang baru terdapat stempet yang sedikit).
  • Pasangkan kembali karet penutup dan bosh yang sudah dilepaskan tadi, jangan lupa untuk meregangkan kampas dengan menggunakan sebuah obeng minus.
  • Pasangkan ban motor seperti posisi yang semula dan kemudian prosesnya selesai.

2. Velg Motor

Untuk cara memperbaiki velg motor yang diakibatkan oleh velg motor bergoyang sabgat mudah untuk dilakukan. Memang kerusakan pada velg motor ini sangat sulit dilakukan kalau anda tidak mengetahui cara memperbaikinya. Dikarenakan ketika anda hanya mengotak atik velg tersebut atau mungkin salah memperbaiki, maka ini akan membuat velg anda menjadi kerusakan yang sangat parah.

Nah dengan demikian anda jangan selalu melakukan cara yang salah. Bagi anda yang mencari tahu untuk cara perbakinya dengan baik dan benar. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti cara-cara yang ada dibawah ini. Karena cara yang ada dibawah ini sudah banyak orang yang menggunakannya. Langsung saja simak ulasan tersebut dimana kami sudah menyusunnya dengan baik dan benar.

  • Hal yang pertama anda harus membuka velg dan ban motor.
  • Ambil dua balok kayu.
  • Pada balok kayu yang satu untuk mengganjal serta balok kayu yang satu lagi buat memukul.
  • Jika velg tersebut velg original maka kita harus memanaskan terlebih dahulu sehingga mudah untuk diluruskan. Ini dikarenakan velg original cukup keras.
  • Kemudian anda disarankan memukul velg motor yang penyok dengan menggunakan balok kayu tersebut hingga lurus kembali seperti semula (Ingat ya kalau cara memukul harus menggunakan tenaga yang bertahap jangan langsung memukul dengan full tenaga, takut nantinya akan pecah).
  • Setelah lurus kemudian anda memasang kembali velg serta ban motor kembali ke posisi yang seperti semula.
  • Proses selesai.

Nah dengan demikian pembahasan kita kali ini, semoga anda bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara memperbaiki ban motor goyang. Tanpa penyebab kita tidak bisa memperbaiki ban motor yang goyang.

Sponsors Link
, , , ,

Leave a Reply