Sponsors Link

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Paling Ampuh

Sponsors Link

Cara Memperbaiki Aki Kering MotorCara Memperbaiki Aki Kering Motor, di zaman teknologi yang modern ini khususnya dalam bidang otomotif selalu menggunakan aki kering sebagai penyuplai sumber daya listrik DC (direct current) baik bagi motor ataupun sepeda motor.

Aki kering bisa disebut dengan aki MF Battery (battery maintenance free), sebab dengan menggunakan aki kering kita lebih mudah melakukan perawatan dan peletakannya juga bebas diposisikan miring atau tegak tidak akan jadi masalah.

Aki kering dan aki basah sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu dari segi kapasitas ampere mulai dari yang tinggi sampai rendah dan perbedaannya hanya dari segi efisiennya saja. Akan tetapi jika dibandingkan dengan aki basah, aki MF memiliki keunggulan yang cukup bagus karena bahan materialnya menggunakan sparepart khusus yang tahan terhadapa korosi. Tetapi kalau dilihat dari harga aki kering sedikit lebih mahal dibandingkan dengan aki basah.

Baca juga :

Perlu kita ketahui bahwa ketika memakai aki kering, kita juga perlu belajar cara untuk memperbaikinya. Karena tanpa mengetahuinya kita akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk perbaikan aki. Hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan perbaikan atau service aki adalah menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan. Alat dan bahan nya pun tidak rumit dan sangat mudah di dapatkan. Berikut beberapa alat dan bahan yang perlu di persiapkan :

  • Cairan Accu
  • Obeng
  • Kain Lap
  • Lem Plastik
  • Suntikan Plastik/ SPED

Carilah cairan aki yang baru dan biasanya digunakan untuk mengisi aki baru. Karena biasanya komposisi air aki berbeda dengan yang digunakan untuk penambah aki. Memakai suntikan bekas tinta printer atau bekas yang lain juga diperbolehkan. Setelah alat dan bahan siap, berikut langkah langkah cara memperbaiki aki kering. (baca juga : keluarnya asap pada motor )

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor :

1. Membongkar Aki

Aki yang akan diperbaiki sebaiknya dibersihkan dahulu. Bersihkan bagian luar pada aki, sehingga kotoran atau material yang menempel pada aki hilang. Cara membersihkannya cukup dengan kain lap yang sudah disediakan. Sesudah membersihkan, saatnya membuka aki tersebut.

Cara membukanya cukup mudah dengan menggunakan obeng. Congkel lah bagian tutup aki sampai terbuka. Memang butuh tenaga untuk mencongkel aki, apalagi tutup pada aki sulit untuk dibuka. Yang terpenting pada saat proses membuka aki jangan sampai pecah, rusah sehingga mengakibatkan aki bocor. (baca juga: fungsi oli samping pada sepeda motor)

Dan jika sampai rusak akan sulit untuk menggantinya karena sparepart nya juga tidak ada. Bisa juga dilakukan dengan modifikasi akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dan kurang efisien.

2. Mengisi Air Aki

Selanjutnya sesudah tutup aki terbuka siapkan suntikan dan juga kain lap yang telah di sediakan. Pada saat akan mengisi aki cek terlebih dahulu aki anda. Pastikan sudah membuka bagian lubang karet pada aki. biasanya ada sekitar 3-10 lubang karet tergantung kapasitas amperenya.

Semakin banyak lubang karet semakin besar kapasitas amperenya dan terdapat banyak sel di dalamnya. Untuk cara pengisiannya adalah, siapkan air aki dan buat air aki pada suntikan. Lalu jika sudah masukkan suntikan yang berisi air aki ke dalam lubang karet pada aki dengan jarak hingga 1cm dibawah lubang. Lakukan pengisian sampai merata dan usahakan penuh.

Jika sudah tutup rapat bagian lubang karet dan pastikan tidak mudah dibuka kembali. Cek bagian aki yang sudah diisi kemudian usahakan tertutup dengan rapat dan tidak ada kebocoran pada aki. Setelah proses pengisian aki selesai, pasang kembali tutup aki sehingga aki terlihat seperti baru. Pastikan pemasangan tutup dengan rapat. Jika pada tutup terdapat retak atau sedikit kerusakan bisa di rekatkan dengan lem plastik yang sudah anda sediakan. (baca juga : cara mengatasi motor sulit distarter)

3. Mengisi Daya Listrik Aki

Proses selanjutnya yang akan dilakukan adalah mengisi tegangan daya atau bisa jug disebut memberi setrum pada aki. Proses ini merupakan proses pengisian daya, sama hal nya ketika kita mengecas hp atau laptop dengan adaptor. Akan tetapi selain itu juga ada lagi pengisian aki menggunakan aki motor. Jadi ada 2 cara yaitu dengan cas aki dan menggunakan aki motor lain.(baca juga : penyebab sepeda motor boros)

  • Mengisi Aki

Yang pertama adalah cara mengisi aki dengan menggunakan cas aki. Menggunakan cas adaptor aki memang sangat efisien dalam pengisian daya nya. Alat ini sama hal nya denga trafo yang digunakan pada cas hp atau laptop. Akan tetapi pada cas aki daya dan kapasitas amperenya pasti lebih besar.

Alat sudah banyak dijual oleh penjual aki dan banyak digunakan oleh  jasa setrum aki dan tukang service aki. Caranya sama dengan proses pengecasan seperti yang anda lakukan pada hp dll. Lebih bagusnya ketika memakai cara ini ialah terdapat indikator jika daya sudah terisi penuh pada aki dan aki siap untuk digunakan.  (baca juga : kelebihan ban yang diisi dengan nitrogen )

  • Jamper pada Aki Motor

Selanjutnya adalah cara jamper pada aki motor lain. Perlu di ketahui bahwa jika menggunakan cara ini harus melihat sumber daya aki yang dipakai dalam keadaan prima. Caranya lakukan dengan menjamper aki dan nyalakan motor kendaraan anda. Nyalakan mesin kurang lebih dalam waktu 30 menit sampai 1 jam.

Menggunakan cara ini memang tidak se efisien dengan menggunakan cas. Dengan jamper pada aki motor lain, paling tidak ada daya awal untuk aki yang akan diisi sebelum digunakan pada kendaraan anda. Setelah anda isi dan anda pasang pada motor anda, usahakan juga melakukan pemasan mesin motor dalam posisi stasioner sebelum anda menggunakan perangkat lain pada motor anda agar posisi aki yang digunakan stabil.  (baca juga : motor paling gede dan keren )

Aki kering yang saat ini sering digunakan pada motor kendaraan memang terkenal anti perawatan, tetapi semua hal pastinya mempunyai masa aktif atau jangka waktu penggunaan. Salah satu untuk melihat jangka waktu aki ini dengan cara mengecek secara rutin dalam hal kebersihannya. Sebagus apapun aki yang kita punya jika tidak di jaga akan cepat rusak.

Menjaga kebersihan aki secara rutin perlu dilakukan kemudian usahakan sebelum memakain kendaraan pastikan untuk melakukn pemanasan terhadap mesin kendaraan. Hal ini berlaku bagi semua kendaraan baik motor maupun sepeda motor yang menggunakan aki kering atau aki MF khusunya. Cek juga sekering kendaraan, baik dalam penataan kabelnya. Kalau sedikit saja terlihat kacau maka akan menimbulkan konsleting pada motor kendaraan anda.

Baca juga :

Demikian beberapa Cara Memperbaiki Aki Kering Motor. Memang dengan melakukan beberapa cara di atas tidak menjamin bahwa aki yang diperbaiki kembali seperti baru lagi. Akan tetapi jika kita perhatikan dan mengikuti cara yang tepat diatas akan mendapatkan hasil yang maksimal pada aki asalkan tidak terjadi pada kerusakan fisik yang fatal pada aki sebelumnya. Semoga bermanfaat..

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply