Categories
Masalah Teknis

5 Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan dan Pengatasannya

Sudah banyak yang sering terjadi kerusakan pada komponen mesin motor kita sehingga ini dapat membuat kita merasa tidak menyenangkan pada saat ingin mengunakan motor tersebut. Kebanyakan motor mengalami kerusakan atau mungkin kerusakan yang sering terjadi ketika motor anda mengeluarkan asap, apalagi baru dinyalakan.

Apakah motor anda mengeluarkan asap pada saat dinyalakan? Berikut dibawah ini merupakan penyebab dan solusi motor berasap saat baru dinyalakan. Langsung saja simak ulasan yang sudah kami susun untuk anda yang memiliki rasa ingin tahu.

1. Ring Piston

Untuk hal yang pertama anda harus memeriksa pada bagian ring piston ini, karena jika motor anda keluar asap maka kemungkinan besar ini terjadi atau penyebab dari ring piston yang aus. Pada umumnya Ring Piston ini terbagi dua macam, yaitu ring oli dan juga ring kompresi. Ring oli berfungsi untuk mencegah sebuah oli yang dari ruang engkol hingga masuk di ruang bakar. Sedangkan ring kompresi berfungsi sebagai suatu ring yang dapat merapatkan cela dari antara piston dengan blok silinder sehingga tekanan pada kompresi tidak akan mengalami kebocoran oli.

Bentuk dari ring ini tidak terlihat bulat yang sempurna, akan tetapi ada celah, dimana celah ini dapat memungkinkan sebuah ring masuk hingga ke dalam ruang bakar. Nah apabila pada kedua ring tersebut mengalami keausan, maka ini akan membuat celah pada ring menjadi lebih besar.

Maka ini dapat mengakibatkan oli dari komponen penampung oli pada mesin motor akan lebih mudah untuk masuk di ruang bakar. Ketika oli sudah masuk kedalam ruang bakar, dengan begitu ini akan menimbulkan asap pada saat baru dinyalakan. Selain itu beberapa gejala lainnya dapat mengikuti juga, seperti tenaga pada mesin motor berkurang. Tak hanya itu saja, ini juga dapat menjadi penyebab motor susah dinyalakan.

Bagaimana kita mengatasinya agar tidak terjadi masalah ini dan tidak dapat mengakibatkan motor kita keluar asap. Bagi anda yang ingin cari cara mengatasinya, kami sarankan lebih baik anda mengganti sebuah satu paket pada ring piston dengan yang baru.

2. Silinder/Linner Mesin

Penyebab yang satu ini sama dengan penyebab yang pertama, akan tetapi pada penyebab yang satu ini tak hanya terletak pada ring piston, namun terdapat pada Silinder atau linear mesin. Perlu diketahui pada saat mesin motor sedang bekerja maka linear serta ring piston akan bergesekan, dengan begitu dalam selang waktu yang lama kedua komponen ini akan lebih mudah aus.

Nah apabila dalam komponen ini mengalami keausan maka ini menunjukkan kalau oli mesin akan menjadi lebih mudah untuk masuk ke ruangan pembakaran (ini sama hal seperti ada yang diatas tadi). Masalah yang akan dihadapi selain motor keluar asap pada saat baru dinyalakan, silinder/linear yang sudah aus akan membuat mesin motor tidak menyala saat dingin.

Untuk cara mengatasinya anda dapat melakukan bore up atau mungkin membubut ulang pada linear/silinder. Tentu saja anda akan melakukan penurunan mesin ketika ingin melakukan cara mengatasinya yang seperti ini.

3. Seal Katup

Selain dari masalah yang diatas dimana masalah ketika mengalami keausan maka oli motor akan menuju ke ruang bakar. Katup atau biasa disebut valve berfungsi untuk memasukan udara disetiap pembakaran pada mesin motor dan dapat mengatur setiap pembuangan gas pada saat proses pembakaran itu terjadi.

Setiap katup pasti memiliki seal, karena dengan adanya seal ini dapat mencegah oli yang akan bocor agar tidak masuk kedalam manifold. Nah karena faktor pemakaian, komponen seal ini akan mengalami suatu pengerasan dimana ini dapat membuat daya yang akan menurun. Ini berarti oli akan menjadi lebih mudah untuk masuk kedalam ruang manifold. Bagaimana cara mengatasinya? Anda harus menggantikan sebuah seal katup yang baru, agar terhindar dari masalah motor yang baru dinyalakan dan kemudian mengeluarkan asap.

4. Batang Katup

Batang katup merupakan salah satu batang besi dimana ini dapat menghubungkan antara klep dengan cam. Ini berarti pada batang inilah yang terletak suatu tumpuan cam pada saat melakukan penekanan di katup. Mungkin pada masalah ini sering terjadi keluar asap pada saat batang katup sudah mulai bengkok.

Apa yang akan terjadi ketika batang katup bengkok? Pada saat batang katup sudah bengkok, maka otomastis suatu posisinya tidak akan bisa center. Pada saat lubang katup sudah diatur dengan cara center, dengan begitu batang yang bengkok akan membuat suatu seal menjadi tertekan dan membuat kelonggaran pada sisi lainnya.

Kelonggaran tersebut dapat membuat oli masuk ke manifold. Perlu diperhatikan ketika anda ingin mencari cara agar bisa mengatsinya dan anda melakukan pergantian seal klep saja tanpa membiarkan katupnya. Maka penyebab yang seperti ini akan timbul kembali dalam beberapa waktu yang akan datang. Nah dengan begitu anda menggantinya dua komponen tersebut, yaitu seal katup serta pada katup.

5. Klep

Mungkin pada komponen yang satu ini biasanya sering terjadi ketika klep terganjal atau pemasangan yang tidak sesuai sehingga ini dapat membuat motor anda mengeluarkan asap pada saat baru dinyalakan. Kenapa bisa terjadi demikian? Pada sebuah sistem DOHC terdapat dua katup tapi dalam kedua katup sama-sama intake, perlu diperhatikan dalam kedua katup intake ini usahakan jangan sampai ketukar.

Ketika kedua katup intake tersebut tertukar maka ini akan menimbulkan kebocoran, dikarenakan dudukan pada kedua katup yang tidak sesuai. Nah dapat memberikan cara mengatasinya dengan cara anda harus menyetir sebuah katup tersebut sehingga dudukan pada katup bisa menjadi seusai atau cocok.

6. Packing Kepala Silinder

Packing kepala silinder yang berfungsi untuk merapatkan sebuah ruang bakar sehingga suatu tekanan pada kompresi tidak akan hilang. Bahkan ini juga dapat membuat kerapatan pada jalur oli yang menuju dari bak oli hingga pada kepala silinder. Dari penjelasan ini anda sudah dapat membayangkan apabila ini menjadi rusak, maka tekanan kompresi akan bocor dan dapat membuat oli juga tak mengalir sesuai dengan jalurnya.

Memang pada umumnya oli yang mengalir tidak sesuai atau mungkin mengalir diluar dari mesin akan membuat asap normal, tapi rembesan oli disetiap permukaannya akan menjadi banyak. Beda hal lagi kalau oli itu menuju kedalam ruang bakar dimana ini akan membuat asap pada knalpot menjadi putih kebiruan, namun ini tergantung dari kuantitas jenis-jenis oli motor ketika masuk.

Mungkin solusinya anda dapat menggantikan kepala silinder dengan yang baru, karena tidak ada solusi yang paling tepat dan hanya menggantikan kepala silinder yang baru merupakan solusi paling benar.

Dengan demikian pembahasan motor berasap saat baru dinyalakan. Semoga anda bisa mendapatkan pencerahan melalui pembahasan diatas. Tapi perlu diingatkan kita harus merawat serta mengecek setiap mesin motor dan cara mengecek mesin motor cukup mudah dilakukan ketika anda mengikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar.

Leave a Reply