Sponsors Link

3 Tanda Tanda Pentil Ban Motor Perlu Diganti yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sejatinya setiap kendaraan pasti memiliki ban. Setuju ya sobat. Ban ini merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam setiap kendaraan karena berfungsi sebagai benda atau komponen untuk menahan beban kendaraan anda secara keseluruhan.

ads

Selain itu sobat, ban ini juga merupakan salah satu komponen penyambung tenaga pada kendaraan anda, sehingga roda kendaraan tersebut bisa berjalan. Namun ada satu komponen yang terdapat dalam ban ini sobat, yang keberadannya sering kita abaikan, yakni pentil ban motor.

Adapun pentil ban motor ini merupakan komponen kecil yang terdapat pada ban tersebut yang berfungsi untuk saluran udara pada ban apabila ban tersebut akan diisi angin, selain itu pentil ini juga dilengkapi dengan tutup pentil yang juga memiliki peranan penting, yakni sebagai penutup pentil tersebut untuk mencegah debu atau air masuk ke dalam karet ban dalam, atau ke dalam komponen vleg motor jika sudah pakai ban tubeles. Oleh karena itu sobat, penting bagi anda untuk merawat komponen kecil yang satu ini.

Untuk mencegah terjadinya masalah pada performa berkendara anda, tentunya segala sesuatunya harus anda perhatikan dan lakukan perawatan. Tak terkecuali pada bagian pentil motor tersebut. Untuk mengtahui apakah pentil motor anda masih bagus atau tidak, tentunya anda harus tau tanda –  tanda pentil ban motor perlu diganti. Yuk sobat, berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Pentil Yang Bocor

Tanda –  tanda yang pertama adalah pentil ban motor anda sudah bocor. Apabila pentil ban anda bocor,  maka tentuya bisa mengakibatkan ban anda akan kempes karena udara atau angin yanh terdapat pada ban tersebut lama kelamaan akan habis oleh karena pentil ban motor anda tersebut mengalami kebocoran.

Kebocoran ini bisa terjadi oleh karena faktor usia pemakaian atau juga bisa dikarenakan faktor yang lainnya. Untuk itu, jika memang pentil motor anda sudah bocor segeralah diganti ya sobat.

2. Karet Pentil Rusak

Tanda –  tanda yang kedua adalah karena karet pentil motor anda rusak. Salah satu komponen yang terdapat pada pentil adalah karet pentil. Apabila anda terlalu serng mengisi angin pada pentil tersebut dan dengan cara yang tidak benar, maka bisa mengakibatkan karet pada pentil ban anda akan kendor atau rusak.

Hal ini juga bisa menyebabkan kebocoran pada angin yang terdapat pada ban anda sehingga bisa menyebabkan ban anda juga akna kempes. Pada umumnya karet pada pentil ini sering terjadi kerusakan yang diakibtakn oleh usia atau kelalaian saat mengisi angin pada ban kendaraan anda.

3. Pegas Pentil Anda Ngeloss

Tanda – tanda yang ketiga  adalah pegas atau per pentil kendaraana anda sudah nge loss. Pegas atau per pada pentil juga bisa rusak yang bisa mengakibatkan pentil mobil anda tidak berfungsi dengan baik.

Sponsors Link

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan buat anda ya sobat. Semoga ulasan tersebut bermanfaat buat anda yang sudah membacanya dan semoga bisa menjad refrensi  buat anda tentunya. Kenali setiap kerusakan pada motor anda sebelum mencoba cara yang penulis jelaskan. Salam otomotif selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply