Sponsors Link

4 Tanda Tanda Cakram Motor Sudah Mulai Tipis dan Perlu Diganti yang Wajib Dipahami

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, rem cakram motor dalam sebuah kendaraan roda dua atau motor merupakan salah salah satu komponen atau piranti yang sangat penting dan vital keberadaanya. Atau dengan kata lain, terjaganya keamanan dan keselamatan si pengendara motor tersebut bisa dipengaruhi.

ads

Bahkan sebagain besar dipengaruhi oleh keberadaan cakram ini, karena elemen yang satu ini berkaitan langsung dengan sistem pengereman pada kendaraan roda dua anda. Pada umumnya, cakram ini dinilai lebih baik dari pada tromol. Cakram motor ini sendiri merupakan media yang bergesekan langsung dengan kampas rem ketika anda melakukan pengereman.

Oleh karena cakram tersebut pada setiap kali anda melakukan pengereman selalu bergesekan dengan kampas rem, maka tidak heran jika komponen yang satu ini lama –  kelamaan akan menipis alias aus. Apabila hal ini terus menerus dibiarkan, maka akan berpotensi menciptakan dampak buruk bagi anda nantinya, terutama dalam hal keselamatan anda dan juga pengendara yang lainnya.

Karena tergolong komponen yang berhubungan dengan keselamatan anda, maka sobat semua perlu mengetahui tanda –  tanda cakram motor mulai tipis dan perlu diganti. Untuk ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut, berikut penulis sajikan untuk anda. Cekidot.

1. Pinggiran Atau Sisi Cakram Bergelombang

Tanda –  tanda yang pertama adalah pinggiran cakram bergelombang. Sisi cakram yang bergelombang tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah melakukan pengereman dengan cara ditekan dan dilepaskan berulang –  ulang atau tidak stasis, sehingga cakram akan berkurang namun tidak rata.

2. Sisi Cakram Menipis

Tanda –  tanda yang kedua adalah sisi cakram menipis. Sisi cakram yang semakin menipis ini disebabkan karena penggunaan pengereman itu sendiri, salah satunya adalah karena umur cakaram yang sudah tua dan sering dipakai. Jika sudah kondisi seperti ini, sebaiknya segera lakukan penggantian terhadap cakram motor anda ya sobat.

3. Lubang Baut Cakram Semakin Melebar

Tanda –  tanda yang ketiga adalah lubang baut cakram semakin melebar.  Lubang cakram yang melebar ini juga pada umunnya disebabkan oleh umur cakram yang sudah lama dalam penggunannya. Pada umumnya gejala seperti ini ditandai dengan kurang pakemnya rem motor anda ketika anda melakukan pengereman, atau adanya gerakan atau bunyi seperti kepentik sesuatu ketik anda mengerem. Hal ini tentunya akan membuat anda tidak nyaman.

4. Cakram Tidak Rata Atau Bengkok

Tanda –  tanda yang keempat adalah cakram anda tidak rata atau bengkok. Cakram yang tidak pas atau bengkok ini pada umumnya disebabkan oleh kurang pas atau kurang sejajarnya caliper dan juga cakram. Atau bisa juga kerena motor anda terjatuh, sehingga cakram tersebut menjadi bengkok.

Ciri –  ciri seperti ini adalah cakram akan otomatis mengerem pada sisi cakram tertentu dan motor akan terasa berat ketika berjalan karena cakram mengerem secara otomatis. Jika sobat semua merasakan salah satu keadaan seperti diatas pada cakram motor anda, itu artinya cakram motor anda harus diganti.

Sponsors Link

Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai tanda – tanda cakram motor sudah mulai tipis dan perlu diganti. Semoga bermanfaat bagi sobat semua yang membacanya. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis jelaskan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply