Sponsors Link

Spakbor Belakang Motor : Fungsi dan Cara Perawatannya

Sponsors Link

Halo sobat, jumpa lagi pada kesempatan kali ini yang akan memberikan pembahasan tidak kalah menarik seperti sebelumnya yakni komponen lampu sein motor. Sebagaimana kita tahu fungsi utama dari pemasangan spakbor depan motor atau pun spakbor belakang sepeda motor adalah untuk melindungi sang pengendara atau penumpang dari cipratan air apabila sedang hujan atau saat melewati genangan air. Dari sananya, desain spakbor pasti sudah mempertimbangkan faktor fungsi tanpa meninggalkan estetika.

ads

Mungkin kita pernah melihat seseorang memotong atau melepas spakbor belakang dan saat ini juga banyak orang yang mengganti spakbornya nya dengan undertail yang tidak ada spakbornya walaupun ada ukuranya sangat kecil agar memiliki tampilan racy seperti motor balap.

FUNGSI SPAKBOR BELAKANG

Sebelumnya, fungsi spakbor belakang memang untuk menghalau cipratan lumpur dari ban belakang saat motor melaju. Fungsi ini sangat penting karena kalau fungsinya tidak maksimal, lumpur bisa menyiprat ke belakang atau pun sampai mengenai komponen body motor sendiri. Apa lagi kalau hujan, bisa bisa rider yang di belakang motor akan cuci muka gratis dari cipratan air ban belakang.

Bila spakbor belakang dilepas akan berimbas air yang bercipratan kemana – mana tidak hanya ke penggendara itu sendiri tapi penggendara lain yang ada di belakangnya juga akan terkena imbas cipratan itu dan ini sangat menggangu pengendara lain. Yang awalnya ingin bertampilan racy akhirnya motor ini akan sangat kotor  karena air bercipratan kemana-mana dan mendapat bonus makian dari pengendara lainnya yang jengkel.

Jika dilihat, motor yang dipotong spakbor belakangnya akan kelihatan buntung. Jika itu motor kontes modifikasi mungkin tidak apa-apa spakbor belakang terbuat dari bahan dari plastik yang sedikit elastis (tidak kaku) akan sangat berguna ketika kita berada di area parkir yang sempit. Posisinya lebih menjorok ke luar dibandingkan lampu belakang, jadi seandainya terjadi benturan, Sehingga lampu belakang tidak tergores atau pecah ketika bersenggolan dengan sepeda motor atau benda lainnya yang mengancam keamanan lampu belakang.

Oleh karena itu mengganti atau memotong spakbor standar sepeda motor kita akan merugikan dan apa mereka tidak memikirkan pengendara di belakangnya ketika hujan tiba. Bahkan jika berboncengan, maka kotoran roda belakang akan nyasar ke punggung boncenger dan tentunya akan mengurangi keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda motor. Setelah melihat fungsinya masih mau memotong atau melepas spakbor belakang? Jadilah pengendara yang cerdas.

Di bawah ini merupakan cara merawat spakbor belakang :

  • Berhati-hati dalam membawa motor agar spakbor belakang tidak terkena benturan pengemudi di belakang.
  • Hati-hati saat memundurkan motor karena ini akan membuat spakbor menabrak tembok atau benda keras lainnya.
  • Membersihkan setiap saat setelah terkena cipratan lumpur.
  • Tidak terlalu sering menggosok spakbor karena ini akan membuat spakbor menjadi kusam.
  • Melakukan service setiap bulan.
  • Jika spakbor kusam lakukan menghitaman kembali.

Cara menghitamkan spakbor motor dapat dilakukan dengan bahan alami. Tanpa menggunakan bahan kima berbahaya dan aneh aneh. Bagian plastik spakbor motor termasuk jenis plastik body motor yang tidak di cat. Plastik yang di cat dan plastik yang tidak di cat merupakan plastik body motor.

Sponsors Link

Jenis tekstur seperti kulit jelur biasanya ini adalah jenis plastik yang tidak di cat, juga disebut dengan body kulit jeruk motor. Pada motor tidak semua memiliki tekstur seperti kulit jeruk misal pada spakbor motor. Demikian penjelasan dan artikel mengenai fungsi dan cara merawat spakbor belakang pada motor semoga bermanfaat. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply