Sponsors Link

Sistem Kelistrikan Motor : Bagian, Cara Kerja, Fungsi dan Perawatannya

Sponsors Link

Sistem kelistrikan merupakan sebuah rangkaian klistrikan yang berfungsi untuk rangkaian sebuah motor yang keberadaannya cukup penting seperti halnya dengan komponen mesin motor atau pun komponen knalpot motor. Sistem kelistrikan pada motor terdiri dari beberapa macam, diantaranya: sistem kelistrikan body, pengapian CDI, pengisian, dan sitem starter yang terakhir sistem indikator. Meskipun kelistrikan pada motor tidak selengkap pada mobil, namun kelistrikan pada motor juga tidak bisa dibilang sedikit. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem kelistrikan pada motor, langsung saja kita simak ulasan berikut ini :

ads

1. Sistem Kelistrikan Body

Sistem kelistrikan pada body motor yaitu segala fitur yang terdapat pada body motor yang memerlukan lampu, lampu merupakan salah satu sistem kelistrikan pada body motor. Bagian kelistrikan pada body motor meliputi :

  • Baterai merupakan sumber arus bagi sistem kelistrikan motor, namun pada sepeda motor fungsi baterai pada motor sebenarnya tidak terlalu keras, hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin mati. Komponen ini sangat berhubungan dengan komponen aki motor dalam kinerjanya.
  • Spul dan kiprok, komponen ini berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.
  • Switch and module, alat input untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suatu sistem kelistrikan.
  • Wiring, komponen yang berfungsi sebagai media untuk menghubungkan semua sistem kelistrikan body dari power source menuju saklar dan menuju beban tanpa tertukar dan tanpa korsleting.
  • Beban, komponen ini merupakan komponen utama untuk mengubah energi listrik menjadi energi yang diinginkan.

Cara kerja kelistrikan body ini bergantung pada kita selaku pengemudi, saat kita nyalakan saklar yang ada pada body motor, maka secara otomatis sistem elektrikal body akan aktif. motor tidak bisa distarter elektrik biasanya karena terdapat masalah di beberapa komponen sistem kelistrikan motor itu sendiri.

2. Sistem Pengapian CDI

Komponen kapasitor mampu menyimpan dan melepaskan sejumlah elektron secara spontan yang dimanfaatkan untuk pengapian CDI. Kemampuan ini digunakan untuk melakukan induksi elektomagnetik pada ignition coil. Cara kerjanya yaitu arus discharge dari kapacitor akan diarahkan menuju kumparan primer sehingga pada kumparan sekunder coil terjadilah peningkatan tegangan mencapai 20 kv bahkan lebih. Tegangan ini kemudian akan dihantarkan ke busi untuk dipercikan.

3. Sistem Pengisian

Sistem pengisian sepeda motor, hampir sama seperti mobil. Hanya saja pada motor, komponennya lebih disederhanakan. Didalam motor kita tidak akan mnemukan dinamo altenator, karena altenator ini digantikan fungsinya oleh spul yang memiliki bentuk lebih ringkas sehingga pas dengan komponen mesin yang kecil.

4. Sistem Starter

Sistem starter bekerja untuk memicu terjadinya pembakaran mesin dengan memutar poros engkol dengan sendirinya, hingga memutar beberapa engkol. Cara kerjanya, ketika kita tekan tombol starter maka relay starter atau dikenal dengan banding starter akan terhubung akibatnya arus listrik dari baterai ke motor starter.

5. Sistem Indikator Dashboard

Salah satu sistem kelistrikan yang tidak boleh kita lupakan adalah bagian indikator di dalam panel. Cara kerja indikator ini adalah dengan memanfaatkan sebuah sensor untuk mendeteksi sebuah kondisi pada apa yang dideteksinya. Sehingga masalah yang muncul seberapa kecilpun akan langsung diketahui dengan sangat baik.

Sponsors Link

Cara Perawatan Kelistrikan Motor

Dengan seiring bertambahnya usia motor, maka kondisi kabel-kabel pada motorpun akan menurun, maka periksalah sambungan dan soket-soket pada kabel, cek kondisi pembungkus kabelyang biasanya sudah getas karena usia. Dan pastikan semua kondisi dalam keadaan baik. Apabila kondisi semuakabel sudah jelek maka gantilah  dengan geunie part yang baru sesuai dengan merk motor anda.

Sekian artikel kali ini yang membahas mengenai sistem kelistrikan motor. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi sobat semuanya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis. Selamat membaca.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply