Sponsors Link

Spakbor Depan Motor : Fungsi dan Cara Perawatannya

Sponsors Link

Penghalang dari cipratan air atau yang lainnya yang sering disebut spakbor ternyata banyak memiliki kegunaan, spakbor sepeda motor adalah untuk melindungi sang pengendara atau penumpang dari cipratan air apabila sedang hujan atau saat melewati genangan air.

ads

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan yang tidak kalah menarik seperti sebelumnya yakni komponen lampu sein motorkomponen chasis motor atau pun komponen body motor, namun sekarang ini saya akan membahas mengenai spakbor depan motor.

Dari sananya, desain spakbor pasti sudah mempertimbangkan faktor fungsi tanpa meninggalkan estetika. Mungkin kita pernah melihat seseorang memotong atau melepas spakbor belakang dan saat ini juga banyak orang yang mengganti spakbornya nya dengan undertail yang tidak ada spakbornya walaupun ada ukuranya sangat kecil agar memiliki tampilan racing seperti motor balap.

Fungsi Spakbor Depan

splashboard atau spatboard atau spakbor atau slebor, atau apapun namanya berfungsi untuk menghalangi atau meminimalisir cipratan air  ke pengendara di belakang kita atau kendaran kita sendiri yg berasal dari putaran roda, baik depan maupun belakang, baik itu motor atau pun mobil.

Ada yg panjang seperti belalai gajah, ada yg lebar seperti kuping gajah, ada yg kecil tapi fungsional, dan ada juga yg mempunyai nilai artistik  yang sangat tinggi. Ada juga motor yg nyusahin orang lain, bahkan plus hujatan dari biker di belakangnya. Biasanya motor anak anak alay yg kayak begini, “walaupun yg di belakang gw mandi lumpur, yg penting motor gw keliatan keren”.

Untuk spakbor depan memang fungsi melindungi cipratan ke orang nya tidak ada, lha wong letaknya di depan (kalo tidak pakai, baru bisa nyiprat ke depan), spakbor depan cenderung melindungi area komponen mesin motor dari lumpur dan cipratan air (motor sport dan bebek). Karena spakboar depan bentuknya panjang, maka bisa ditebak apa yg terjadi? cipratan air bekas hujan nyiprat sampai ke atas di balik lampu, Mungkin kedepannya saya akan mengganti dengan spakbor variasi atau pasang tambahan sendiri.

Jangan coba-coba melakukan pemotongan atau melepaskan spakbor depan hal ini dikarenakan akan mengganggu pengendara motor di depan anda termasuk saat musim hujan, pengendara motor lain yang berada didepan anda akan terkena cipratan air maka dari itu tidak dianjurkan melepas spakbor depan

Di bawah ini merupakan cara merawat spakbor depan :

  • Berhati-hati dalam membawa motor agar spakbor depan tidak terkena benturan pengemudi di belakang.
  • Hati-hati saat memundurkan motor karena ini akan membuat spakbor menabrak tembok atau benda keras lainnya.
  • Membersihkan setiap saat setelah terkena cipratan lumpur.
  • Tidak terlalu sering menggosok spakbor karena ini akan membuat spakbor menjadi kusam.
  • Melakukan service setiap bulan.
  • Mmbersihkan spakbor yang lecet.
  • Jika spakbor kusam lakukan menghitaman kembali.

Sebagaimana terlihat bahwa spakbor depan berbeda dari spakbor belakang dari segi bentuk maupun segi jenis spakboar depan lebih terlihat mengkilap dibanding spakbor belakang hal ini memudahkan spakbor depan lebih rentan terhadap goresan benda, agar terhindar dari goresan sebainya pengendara harus lebih berhati-hatin dalam berkendara agar spakbor lebih terjaga.

Sponsors Link

Dan jika spakboar terkena goresan atau menabrak motor yang ada didepan lakukan penanganan dengan membersihkan bekas goresan melalui bengkel atau dengan melakukan sendiri dengan mencari teknis praktis yg dilakukan oleh sendiri. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply