Categories
Info Motor

Sekring Motor : Fungsi dan Cara Kerjanya

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan? Penulis selalu setia nih sobat memberikan ulasan yang menarik serta selalu menambah wawasan anda melalui artikel yang selalu penulis sajikan buat sobat semua. Agak berbeda dengan pembahasan sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan yang menarik buat anda, yaitu mengenai sekring motor. Nah sobat semua, jika anda ingin mengenal dan lebih paham akan sekring motor ini, yuk sobat ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini.

Adapun sekring motor merupakan salah satu komponen yang cukup penting peranannya seperti halnya rem cakram motor yang berpengaruh pada performa motor anda. Pada umumnya, setiap benda atau barang otomotif pasti kita temukan yang disebut dengan sekring, dimna sekring ini berperan untuk mencegah terjadinya arus pendek.

Termasuk juga motor kesayangan anda pastinya juga memiliki sekring ya sobat. Sekring itu sendiri berasal dari bahasa belanda, yaitu “ Zekering “ yang merupakan sebuah alat pengaman di dalam suatu rangakan alat kelistrikan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek. Di dunia otomotif, kita mengenalnya dengan sebutan sekring atau fuse.

Sekring – sekring tersebut dibuat dan dikelompokkan menurut fungsi atau kegunaannya, yang dipasang di bagian pangkalan positif baterai yang berguna untuk arus utama yang keluar dari baterai, ada juga sekring yang khusus digunakan untuk lampu – lampu seperti yang sering kita temukan di lampu modifikasi motor anda, atau sekring yang hanya digunakan pada prises pengapian pada mesin mobil, sistem audio dan video. Nah dalam hal modifikasi, ketahuilah cara modifikasi motor yang aman ya sobat agar hal buruk tidak terjadi pada anda.

Nah sobat semua, setelah kita ,engetahui apa itu fungsi dari sekring, kini saatnya kita akan membahas mengenai cara kerja dari sekring tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Sekring pada umumnya terdapat pada semua benda otomotif, termasuk salah satunya adalah motor kesayangan anda.
  • Apabila di dalam suatu kelistrikan dalam kendaraan misalnya motor, terjadi kelebihan muatan arus listrik atau terjadi hubungan arus pendek, maka secara otomatis sekring inilah yang berperan penting dalam hal tersebut.
  • Adapun peran penting yang dimaksud adalah sekring ini secara otomatis akan terputus, sehingga arus listrik akan berhenti mengalir.
  • Karena arus listriknya berhenti mengalir,  maka arus listrik tersebut tidak akan diteruskan ke komponen atau sistem kelistrikan yang lainnya yang berada di belakang sekring, sehingga tidak terjadi kerusakan yang tidak diinginkan pada rangkaian tersebut. Apabila tetap terus dilanjutkan, maka tidak usah ditanya ya sobat, sistem kelistrikan tersebut akan “ meleduk “ dan yang pastinya peforma kendaraan motor anda pun kan berhenti atau rusak total.

Nah sobat semua, apabila anda sering atau pernah mengalami kerusakan sekring pada motor yang diakibatkan oleh hubungan arus pendek sehingga komponen kelistrikan anda rusak, sebaiknya anda jangan langsung menggantinya dengan sekring yang baru ya sobat, namun sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab sekring tersebut mati, kemudian barulah anda mencarikan solusinya. Sekring ternyata juga bisa menjadi penyebab aki motor cepat drop atau pun penyebab aki motor tekor, karena keduanya saling berkaitan dalam menjalankan perannya.

Sekian informasi mengenai sekring motor yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat. Sampai ketemu diartikel selanjutnya. Semoga bisa membawa manfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis, salam otomotif.

Leave a Reply