Categories
Info Motor

Perbedaan Snell, Dot dan Ece di Helm Paling Lengkap

Jika sobat semua adalah pengendara yang suka menggunakan kendaraan roda dua atau motor, tentunya anda harus menggunakan beberapa alat safety untuk mendukung keamanan dan keselamatan berkendara anda, sehingga anda bisa sampai tempat tujuan dengan aman dan selamat. Setuju ya sobat bikers?

Salah satu komponen atau benda yang harus anda gunakan pada sata menggunakan sepeda motor adalah helm. Sobat semua tentunya sudah mengetahuinya. Helm ini memiliki berbagai peranan fungsi penting terhadap keamanan dan keselamatan berkendara anda, jangan coba – coba berkendara tanpa menggunakan helm ini ya sobat agar anda tidak di “ prittt “ oleh bapak –  bapak polisi yang sedang bertugas.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari helm tersebut untuk keamanan dan keselamatan berkendara anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  • Untuk melindungi kepala dan wajah anda dari benturan pada saat terjadi kecelakaan. Ini adalah fungsi utamanya. Karena tak ada yang bisa menjamin pengendaraan kita akan terbebas dari musibah.
  • Melindungi wajah ( khususnya mata ) dari banyaknya debu, binatang –  binatang kecil, angin dan juga panasnya matahari secara langsung yang terkena ke wajah anda pada saat berkendara.
  • Melindungi kepala anda dari hujan apabila anda sedang berkendara pada saat musim hujan
  • Yang pasti untuk mencegah anda dari tilang polisi

Nah sobat penting bukan helm ini untuk keamanan dan keselamatan pengendaraan anda. Oleh karena itu ikutilah aturan.

Berbicara mengenai helm tersebut sobat, maka anda tentunya harus mengetahui istilah dalam helm yakni Snell, Dot, dan juga Ece. Apasih perbedaan dari ketiga unsur tersebut? Berikut ulasan selengkapnya buat anda.

1. Snell

Yang pertama adalah Snell. Adapaun Snell ini diambil dari nama pembalap mobil yakni William Pete Snell, yang tewas pada saat kecelakaan akibat buruknya kualitas helm pada saat itu. Adapun Snell tersebut merupakan standar lama yang mensyaratkan foam harus mempu menyerap gaya benturan hingga 3000 G, yang mana benturan sekeras ini dapat mengakibatkan cedera kepala yang kritis.

Namun produsen helm keberatan akan angka ini karena membuat daya jualnya terlalu tinggi, sehingga di revisi menjadi 275G yang menjadi acuan sertifikasi Snell M2010 dan M2013 . Perlu anda ketahui juga manfaat penggunaan helm dengan kaca gelap sebagai pengetahuan tambahan.

2. Dot

Yang kedua adalah Dot. Adapun Dot ini merupakan singkatan dari “ Departemen of ransportation  “ ( Kementrian Perhubungan )  Amerika Serikat ( AS ) .  Adapun stndar Dot yang dikeluarkan oleh pemerintah AS ini ukurannya adalah melindungi tengkorak kepala hingga 90 % terhadap damak benturan dari semua arah apabila terjadinya kecelakaan. Atau dengan kata lain, helm yang memiliki sertifikasi DOT ini mampu menyerap kekuatan benturan 250G.

3. Ece

Yang ketiga adalah Ece. Ece ini adalah sertidikasi yang dikembangkan oleh United Nation (UN) . Ece ini mampu menyerap benturan sebesar 275G.

Nah sobat, itulah perbedaan antara Snell, Dot dan juga Eco pada helm yang anda gunakan. Pastikan helm anda memiliki slaah satu sertifikasi diatas bikers. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengkuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Leave a Reply