Sponsors Link

2 Perbedaan Rantai Biasa dan Rantai O Ring Motor

Sponsors Link

Sobat semua pemilik kendaraan roda dua tentunya sudah pasti tau ya sobat, bahwasanya sepeda motor anda terdiri atas beberapa komponen yang mendukung kinerja dari kendaraan itu sendiri. Salah satu komponen yang dimaksud antara lain adalah seperti rantai motor.

ads

Jelas kita tau bersama bahwasnya komponen yang satu ini memiliki pernanan yang cukup vital terhadap kendaraan anda secara keseluruhan. Atau dengan kata lain, bisa dibilang jika andanya masalah terhadap komponen ini maka motor anda juga akan mengalami masalah nanntinya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari rantai motor tersebut terhadapa kendaraan anda, yakni :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk meneruskan tenaga gerak yang dihasilkan oleh komponen mesin motor tersebut.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan gerakan roda pada kendaraan anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur arah jalan kendaraan anda yang tentunya dibantu oleh roda kendaraan anda.

Itulah sobat  fungsi gear pada sepeda motor terhadap kendaraan anda. Oleh karenanya penting bagi anda untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin terhadap komponen yang satu ini.

Nah sobat bikers, berbicara mengenai rantai motor tersebut tentunya sobat juga mengetahui bahwasanya terdapat jenis –  jenis  rantai pada motor, yakni seperti rantai biasa dan juga rantai O ring. Lantas apa perbedaan rantai biasa dan rantai  O ring pada motor tersebut? Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Rantai O Ring

Rantai O ring merupakan rantai yang mana saat mengamai pemapatan, maka ada dua plat logam rantai yang akan menekan ring karet. Maka dengan demikian ring karet tersebut akan berubah bentuknya ( bahasa lainnya terdeformasi ) antara pelat dan karet ring akan menjadi luas. Atau dengan kata lain dengan adanya hal seperti ini, itu artinya akan membuat friksi / gaya gesekan akan semakin besar dari yang sebelumnya.

2. Rantai Biasa

Sedangkan rantai biasa sobat, saat terjadi pemampatan maka dua pelat besi rantai, maka cincin karetnya bukannya malah  “ pengek “ seperti hal nya yang terdapat pada ‘ O ring “ melainkan akan terpilin dan area sentuh ( kontak ) antara pelat logam dengan karet kurang lebih akan sama dengan tanpa penempatan.

Seperti itulah sobat kira –  kira perbedaan antara rantai biasa dan rantai o ring tersbeut pada sepeda motor anda. Namun meski demikian, bukan berarti kedua rantai ini tidak memiliki kesamaan. Kedua rantai ini memiliki kesamaan yakni kedua ring ini memiliki fungsi sebagai seal yang menjaga komponen pelumasan ( chain grease ) yang berada diantara kedua pelat tetap  memiliki performa sepeti yang seharusnya, serta terhindar dari kotoran. Selain itu, pelumasan ini terjadi di dalam, oleh karena itu bagian luar ring ini harus secara manual harus anda lumasi sendiri.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga postingan ini bermanfaat buat sobat yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply