Sponsors Link

Perbedaan Motor Kopling dan Gigi Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsors Link

Ketika anda menggunakan kendaraan bermotor, anda bisa menyelap-nyelip dengan kecepatan yang stabil, walaupun keadaan lalu lintas yang macet dan padat. Sehingga motor adalah pilihan yang tepat bagi anda saat menjalankan aktivitas anda sehari-hari. Dalam motor kopling atau motor gigi memiliki perbedaan dengan kelebihan serta kekurangannya.

Walaupun motor gigi dan motor kopling memiliki persneling tidak sama seperti motor matic yang hanya bisa digas saja. Namun manfaat penggunaan persneling pada motor terlihat pada saat di dalam perjalanan. Terus bagaimana cara membuat kalau motor kopling dan motor gigi itu berbeda? Berikut jawabannya.

Motor Kopling

Motor manual atau yang dikenal dengan sebutan motor kopling merupakan salah satu jenis motor yang bekerja sebagai tenaga mesin motor dan mengarahkan ke roda dibagian belakang. Maka dari itu kanvas yang ada di posisi tepatnya dibagian kopling akan bekerja dan merapat di sekitaran plat kopling. Dengan begitu transmisi dari bagian engkol ke bagian transmisi yang lain akan mengakibatkan masalah atau kerenggangan apabila kanvas itu berada di bagian plat motor kopling. Selain itu, motor kopling juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang kalian bisa baca dibawah ini.

Kelebihan Motor Kopling

  • Sangat Mudah Dimanfaatkan Pada Saat Engine Break

Pasti kalian semua sudah mengerti dengan istilah kata engine break. Engine break adalah fasilitas yang dapat menurunkan tingkat kecepatan kendaraan dan bisa membantu kendaraan pada saat melakukan pengereman secara konvensional. Engine break yang pastinya bermanfaat bagi kita semua saat mengendarai motor kopling.

Ketika kita melaju dengan kecepatan maksimal serta memanfaatkan engine break, dengan demikian motor kita akan berhenti secara perlahan-lahan. Cara menggunakannya sangat simple, kalian cukup turunkan posisi gigi hingga ke angka yang terendah, serta menarik koplingnya secara penuh dan kemudian melepaskannya dengan perlahan-lahan. Dengan demikian kecepatan akan berkurang secara bertahap dan proses kecepatan berkurang karena adanya dari putaran mesin.

  • Tenaga Mesin Lebih Responsif

Kelebihan selanjutnya pada motor yang menggunakan kopling adalah tenaga mesinya lebih responsif. Hal ini dikarenakan adanya pengendara yang bisa mengatur dengan cara manual. Apabila dibandingkan dengan jenis motor gigi, akan lebih berbeda dengan motor kopling karena tenaga mesinnya lebih responsif.

Karena motor kopling bisa mengetahui kapan menghubungkan dan kapan untuk memutuskan pada putaran mesin motor tersebut. Ketika anda ingin menambah kecepatan pada motor, anda bisa menahan pada bagian tuas koplingnya dan anda melakukan pengoperan gigi, kemudian lepaskan koplingnya secara perlahan-lahan.

  • Keamanan Yang Sangat Aman

Dengan adanya komponen motor kopling yang lengkap ini akan membuat anda terasa nyaman ketika menggunakan motor kopling. Anda juga harus mengetahui bahwa motor kopling pada posisi pemindahan gigi dan kemudian anda tidak meramas koplingnya maka secara otomatis motor kopling tersebut akan berhenti sendirinya. Ketika anda sedang meramas koplingnya dan secara sengaja anda memainkan gasnya, maka motor kopling tersebut tak akan berjalan walaupun anda memainkan gasnya. Dikarenakan tidak terhubung dengan transmisi.

Kekurangan Motor Kopling

  • Sulit Untuk Digunakan

Bagi anda yang belum terbiasa dengan menggunakan motor kopling. Kami sarankan bagi anda untuk belajar motor kopling terlebih dahulu dan pelajari juga komponen motor kopling sehingga dapat membantu anda saat belajar atau menggunakan motor kopling. Pada poin ini memang harus benar-benar paham dengan menggunakan motor kopling. Karena pada motor kopling hampir semua anggota tubuh kita bekerja, misalnya pada tangan dan kaki. Sehingga akan membuat anda lebih susah mengendarai motor kopling.

  • Lebih Cepat Terasa Lelah

Pastinya kita akan merasa lelah dengan menggunakan motor kopling, karena proses untuk pengendalian gigi akan dilakukan oleh pengendara. Seperti pada saat kita melakukan pengoperan gigi bahkan sampai kita melakukan pengereman. Sehingga tubuh kita akan terasa lelah dan capek dalam perjalanan ketika menggunakan motor kopling.

  • Harus Orang Tertentu

Tidak semudah apa yang kita pikirkan untuk menggunakan motor kopling, karena harus memiliki kemampuan dan skill untuk mengendarai motor kopling. Dalam menggunakan motor kopling yang harus diperhatikan saat memindah atau memasukkan persneling gigi, karena dalam kegiatan ini anda harus berfokus pada tangan dan kaki.

Motor Gigi

Motor gigi merupakan salah satu jenis motor yang tidak memiliki kopling ganda seperti motor kopling. Sehingga ketika kita berpindah gigi, kita hanya cukup menginjak persnelingnya tanpa harus memikirkan untuk meramas koplingnya. Motor gigi memang memiliki perbedaan dari motor kopling, seperti kelebihan dan kekurangan bahkan sampai ke komponen gigi transmisi pada mesin motor dan kopling juga berbeda, untuk kelebihan dan kekurangannya anda bisa lihat dibawah ini.

Kelebihan Motor Gigi

  • Memiliki Teknologi Mesin DOHC Sehingga Performa Mesin Semakin Powerfull

Hampir setiap motor gigi memiliki mesin terbaru seperti mesin DOHC, dalam mesin ini anda akan terasa lebih cepat dan mesin yang sangat nyaman. Mesin DOHC disingkat dari nama Double Over Head Chamsaft. Dalam kedua piston memiliki chamsaft, masing-masing terdiri dari dua katup. Dimana kedua katup akan mengatur bahan bakar ketika masuk dan dua katup lainnya akan mengatur gas yang keluar. Dengan demikian, power yang akan dihasilkan oleh motor akan lebih besar atau semakin powerfull.

  • Desain Body Yang Kece

Dalam desain motor gigi ini sangat menarik perhatian, apalagi saat digunakan oleh kaum adam. Dengan begitu anda akan terasa lebih percaya diri dalam perjalanan- perjalanan anda. Selain itu, motor gigi juga bervariasi dengan mesin yang dimilikinya seperti DOHC tadi. Sehingga perjalanan anda kemanapun seperti dalam tanjakan atau turunan dan jalan yang menikung akan lebih menyenangkan saat menggunakan motor gigi.

  • Harga Yang Bisa Dijangkau

Setiap motor gigi memiliki harga yang berbeda dengan ketentuan penampilannya serta kualitasnya dan merek yang kalian pilih. Harga dari motor gigi sangat relavan murah dibandingkan dengan motor yang lain. Sehingga anda tidak harus memikirkan biaya yang sangat tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh anda.

  • Hemat BBM

Selain harga yang bisa dijangkau motor gigi juga sangat irit dengan bahan bakarnya. Memang hampir semua motor itu sangat irit, akan tetapi motor gigi yang lebih unggul soal keiritan bahan bakar. Dengan hadirnya motor gigi di keseharian anda, yang pastinya anda tidak akan lebih boros dengan keperluan bensin dari motor gigi. Sehingga anda lebih hemat biaya dalam perjalanan anda dengan tujuan yang anda miliki.

Kekurangan Motor Gigi

  • Keterbatasan Gigi

Dalam motor kopling dan motor gigi yang paling sering orang perhatikan adalah angka gigi yang dimilikinya. Memang benar kalau motor kopling itu lebih unggul dari pada motor yang lain, karena memiliki gigi hingga sampai 6 angka. Sedangkan motor gigi, hanya memiliki angka gigi sampai 4.

  • Busi Sangat Lemah

Ini adalah salah satu kelemahan dari motor gigi yaitu terlihat dari komponen busi motor yang lemah, karena businya tidak tertutup seperti motor lain. Apalagi pada saat digunakan dihari hujan. Dengan busi yang tidak tertutup dan terkena air, ini akan membuat motor anda mati atau tidak menyala. Selain itu, busi lemah bukan hanya terkena air hujan saja, akan tetapi busi lemah juga karena bensin oktannya sangat rendah.

  • Tidak Terlalu Cepat

Dalam kendaraan apapun pasti anda menginginkan kecepatan dalam beraktivitas atau berpergian ketempat yang anda akan kunjungi. Akan tetapi motor gigi tidak memiliki kecepatan yang sangat cepat kalau dibandingkan dengan motor kopling. Apalagi motor gigi hanya memiliki transmisi yang kecil, berbeda dengan motor kopling, yang memiliki transmisi yang sangat besar.

Itulah perbedaan dari motor kopling dan motor gigi yang sudah disertai dengan kelebihan dan kekurangannya. Semoga apa yang kami sudah uraikan diatas bisa bermanfaat bagi anda semua. Dan bagi anda yang ingin berpergian ketempat tujuan anda, semoga bisa sampai ketempat tujuan anda dengan selamat. Terimakasih dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply