Sponsors Link

7 Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak Terlengkap

Sponsors Link

Memang pada umumnya dalam setiap jenis mesin motor memiliki perbedaan. Nah untuk kesempatan kali ini kami akan membahas perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak. Secara umum mesin 2 tak dan 4 tak memiliki kesamaan dimana dalam kedua mesin tersebut sama-sama bertipe Internal Combustion Engine, bahkan dalam kedua mesin tersebut menggunakan bahan bakar atau bensin yang sama.

Jadi apa yang dapat membuat perbedaan antara mesin motor 2 tak dengan mesin motor 4 tak? Mungkin anda dapat melihat melalui pembahasan yang sudah kami ulaskan secara detail bagi anda. Jangan berlambat-lambatan, langsung saja baca serta simak dengan baik-baik kalau mesin 2 tak dan 4 tak itu memiliki perbedaan walaupun memiliki kesamaan. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Perbedaan Dari Prinsip Kerja

Secara umum dalam kedua mesin tersebut memiliki perbedaan dari prinsip kerjanya. Jika dilihat dari mesin 2 tak dimana ini hanya mempunyai 2 langkah dan untuk satu siklus yang kerja. Ini berarti setiap langkahnya harus membutuhkan setengah dari putaran engkol. Dengan begitu mesin 2 tak dapat diartikan prinsip kerjanya sebagai penghasilan suatu pembakaran disetiap putaran engkol (satu siklus adalah satu putaran engkol).

Sedangkan pada mesin 4 tak terdapat 4 langkah di satu siklus, walaupun begitu mesin 4 tak juga membutuhkan setengah dari putaran engkol. Maka ini dapat diartikan kalau prinsip kerja dari mesin 4 tak bisa menghasilkan pembakaran di putaran engkol dalam dua kali, berbeda dengan mesin 2 tak yang hanya satu kali. Berarti mesin 4 tak memiliki satu siklus di setiap dua putaran engkol.

2. Dilihat dari Emisi yang Dikeluarkan

Emisi merupakan kandungan gas dari sisa-sisa pembakaran komponen mesin motor. Memang pada umumnya mesin 2 tak memiliki tenaga yang lumayan besar, akan tetapi tetap saja tenaga output lebih besar mesin 4 tak jika dibandingkan dengan mesin 2 tak. Ini dikarenakan pada proses pembakaran di mesin 2 tak tidak efektif. Dengan begitu emisi yang akan dihasilkan masih memiliki bahan bakar, mungkin ini menjadi salah satu penyebab emisi gas motor bertambah buruk.

Untuk mesin 4 tak langkah yang dijalankannya akan berjalan secara teratur sehingga pada proses pembakaran menjadi sempurna. Walaupun jumlah pembakaran dari mesin 4 tak tidak seintens dengan mesin 2 tak, akan tetapi tenaga yang dimilikinya bisa menjadi lebih baik. Dengan demikian, emisi yang akan dihasilkan berupa CO tanpa harus mengandung bahan bakar.

3. Dilihat Dari Sebuah Tenaga Output

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi pada poin pertama dimana mesin 2 tak hanya dapat menghasilkan putaran ketika satu kali putaran pada engkol. Dengan begitu ketika mesin berputar di RPM 1000, maka ini juga membuat 1000 kali pembakaran disetiap satu menit.

Kalau kita melihat pada mesin 4 tak dimana proses pembakaran yang dilakukannya setiap dua kali pada putaran engkol. Sehingga pada saat mesin berputar dengan kecepatan 1000 RPM, maka ini dapat membuat 500 kali dalam pembakaran per menitnya.

Anda bisa melihat kalau jumlah pembakaran yang dilakukan oleh mesin 2 tak mendapatkan lebih banyak walaupun RPM sama. Hal ini dapat membuat penyebab motor 2 tak kurang tenaga sehingga ini bisa membuat mesin 4 tak menjadi jauh lebih unggul dibandingkan mesin 2 tak ketika dilihat dari perbedaan yang satu ini.

4. Bisa Dilihat Dari Konsumsi Oli

Pada mesin 2 tak dikenal dengan menggunakan oli samping, berarti fungsi oli samping pada mesin 2 tak sangat berperan penting di sistem kerjanya. Oli samping pada umumnya sama dengan jenis-jenis oli motor lainnya, namun kalau pada oli samping bisa cepat habis ketika mesin motor dinyalakan terus-menerus. Alasannya karena oli dijadikan sebagai pelumas pada pergerakkan piston yang melewati ruang pembakaran sehingga membuat oli seringkali ikut terbakar. Oleh karena itu, ini dapat menyebabkan motor 2 tak bisa mengeluarkan asap putih, bahkan emisi pun menjadi lebih buruk.

Berbeda dengan mesin 4 tak dimana, jenis mesin yang satu ini tidak membutuhkan pelumasan pada oli samping. Ini dikarenakan pelumasan piston serta semua komponen mesin motor akan ditunjang oleh jenis oli mesin yang sudah tertampung pada bak engkol motor. Mungkin ini konstruksi pada mesin 4 tak oli tidak memungkinkan untuk oli masuk di ruang bakar. Dengan begitu mesin 4 tak memiliki konsumsi oli normal atau 0 liter.

5. Perbedaan Konstruksi Mesin

Ketika dilihat dari kontruksi mesin motor, dimana mesin 2 tak memiliki bentuk serta kontruksi yang sederhana. Mesin motor 2 tak hanya terdiri dari kepala silinder, blok silinder, connecting road, piston, poros engkol, timming chain dan tanpa katup.

Sedangkan pada mesin motor 4 tak kontruksinya akan menjadi lebih rumit. Ini karena pada mesin 4 tak terdapat salah satu mekanisme dari katup yang dapat digerakkan oleh sebuah poros engkol dengan melalui timming chain pada motor.

6. Bisa Dilihat Dari Konsumsi Bensin atau Bahan Bakar

Seperti yang sudah dibahas tadi pada poin yang ketiga bahwa mesin 2 tak bisa menghasilkan 1000 kali pada proses pembakaran dalam setiap satu menitnya. Ini juga apabila kecepatan pada mesin motor 2 tak mencapai 1000 RPM. Sedangkan kalau dilihat pada mesin 4 tak dimana dengan kecepatan yang sama dapat menghasilkan 500 kali proses pembakaran pada setiap satu menitnya. Nah, jadi apa yang membuat berbeda? Mungkin ini terjadi karena cara konsumsi bahan bakar pada mesin 2 tak menjadi dua kali lebih besar daripada motor yang berjenis mesin 4 tak.

7. Perbedaan Fluktuasi Dari Getaran Mesin

Fluktuasi dari getaran mesin biasanya terjadi karena ketimpangan pada pembakaran. Nah pada mesin 2 tak wajib fluktuasi dengan getaran yang kecil, disebabkan setiap putaran pada mesin bisa terjadi pembakaran dan dapat menjadikan putarannya lebih stabil.

Sedangkan pada mesin 4 tak bisanya terjadi pembakaran ketika tiap dua kali putaran pada engkol. Dengan begitu ini akan mendapatkan fluktuasi yang lebih besar, disebabkan pada setiap putaran engkol tidak dapat dimungkinkan agar bisa mendapatkan bantuan dorongan tenaga oleh pembakaran.

Nah itulah sebabnya mesin 4 tak memiliki RPM yang tidak normal ketika kecepatan idle. Kecuali pada sebuah mesin 4 silinder terdapat fluktuasi dengan getaran yang rendah, karena pembakaran pada setiap silinder pasti dibuat dengan cara yang berbeda.

Itulah yang bisa kami berikan kepada anda mengenai perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi anda dan bisa mendapatkan wawasan dari pembahasan yang ada diatas.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply