Sponsors Link

2 Penyebab Pengapuran di Kepala Aki Paling Lengkap

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, di dalam kendaraan bermotor tentunya terdapat beberapa piranti yang sangat penting untuk mendukung kinerja dari motor tersebut, sehingga bisa kita gunakan untuk menunjnag aktivitas kita setiap harinya. Komponen demi komponen tersebut memiliki fungsi atau peranan yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya, namun tentu memiliki tujuan yang sama yakni untuk menunjang performa dari kendaraan bermotor tersebut.

Salah satu komponen atau piranti yang terdapat pada motor tersebut dan tergolong komponen yang sangat penting adalah aki. Aki ini merupakan komponen penyimpan arus listrik yang pada umumnya biasa digunakan untuk menyalakan sebuah rangkaian kelistrikan ditempat dimana tidak ada sumber listrik. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari komponen aki motor tersebut pada kendaraan anda, yani sebagai berikut :

  • Untuk menyalakan sistem starter pada saat menghidupkan mesin
  • Untuk memberi arus induksi pada rotor altenator
  • Untuk memberi suplai listrik kepada semua komponen sistem kelistrikan motor pada kendaraan motor anda.
  • Untuk memberi tegangan ECU pada saat komponen mesin motor belum menyala
  • Untuk menjaga atau sebagai stabilizer kelistrikan pada motor anda.

Itulah sobat bikers fungsi atau peranan aki dalam motor anda. Namun hal yang sering terjadi pada aki tersebut adalah terjadinya pengapuran di kepala aki tersebut yang tentu saja membuat fungsi atau kinerja dari aki tersebut menjadi tidak maksimal.

Berikut ini adalah penyebab pengapuran di kepala aki, antara lain :

1. Pengisian Aki Yang Tak Standar

Penyebab yang pertama adalah karena pengisian aki yang tidak standar. Pada umumnya, pengisian aki yang melebih level atau tak sesuai standarnya akan membuat kepala api akan cepat mengalami pengapuran. Selain pengapuran tersebut juga akan mengakibatkan kinerja aki tersebut tidak akan maksimal dan juga akan memperpendek usia aki tersebut.

2. Tidak Mengecek Kondisi Aki Secara Rutin

Penyebab yang kedua adalah karena pemilik kendaraan tersebut tidak melakukan pengecekan kodisi aki secara rutin. Apabila anda tidak mengecek kondisi aki motor anda secara rutin, maka hal tersebut bisa membat pengapuran di kepala aki tersebut. Karena idealnya, aki ini juga memerlukan perawatn sehingga anda perlu mengeceknya secara rutin untuk mengetahui kondiis terakhir dari aki tersebut, sehingga kondisi pengapuran pun bisa teratasi.

Meski demikian sobat, anda bisa melakukan pembersikan pengapuran tersebut. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan.

  • Lepaskan terlebih dahulu terminal aki dari motor anda, lakukan secara perlahan agar tidak merusak kompoen kelistrikan yang lainnya, terutama kabel –
  • Siram kepala aki yang mengalami pengapuran tersebut dengan air panas secara perlahan
  • Sikatlah menggunaan sikat gigi secara perlahan pada semua bagian yang mengalami pengapuran tersebut sampai bersih.
  • Oleskan gemuk atau grease agar menghidari pengapuran terjadi kembali.
  • Selesai deh

Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat sobat semua serta bisa menjadi refrensi tentunya. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung. Sampai ketemu diulasan berikutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengkuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply