Sponsors Link

4 Penyebab Munculnya Bau Hangus Pada Bagian Mesin Motor yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Halo sobat, bagi sobat yang berkandara adalah bagian dari rutinitas wajib tentu akan sangat mengenal bagaimana kondisi dari motor sobat, apalagi jika motor tersebut sudah sobat gunakan bertahun tahun. Ya bisa di katakan bila ada sedikit saja yang berbeda apalagi terasa saat di kendarai, misalkan tekanan angin pada roda depan berkurang atau komponen shock belakang motor menjadi keras sebelah sobat akan langsung tahu. Itu masih dalam kategori keadaan yang wajar ya.

ads

Namun pernahkah sobat mencium bau terbakar saat berkendara dan setelah sobat berhenti untuk memeriksa dari mana sumber bau itu sobat di kagetkan bahwa bau hangus tersebut berasal dari bagian mesin motor sobat?. Eit, tak perlu panik apa lagi sampai teriak histeris ketika sobat mengalami hal ini.

Segera saja parkirkan kendaraan sobat di tempat yang aman, periksa kembali penyebab munculnya bau hangus pada bagian mesin motor sobat, segera padamkan api sebagai sumber dari bau hangus tadi jika memang terlihat nyala api disana, atau menjauh lah dan minta pertolongan pada orang di sekitar sobat.

Namun jika sobat merasa yakin bahwa tidak akan membahayakan silahkan lanjutkan berkendara, bukan berkendara makin jauh, tetapi segera carilah bengkel motor terdekat untuk melakukan perbaikan. Guna membatu Sobat semua agar tak kebingungan jika suatu saat mengalami hal diatas pada motor sobat, berikut adalah penyebab munculnya bau hangus pada bagian mesin motor :

1. Oli Mesin Bocor

Oli bocor ataupun rembes terutama terjadi pada bagian kalter mesin. Penyebab kebocoran pada kalter biasanya dikarenakan perpak kalter telah rusak entah itu di karenakan umur pakai dari perpak sendiri atau bisa juga rusak akibat dari penggunaan motor yang ekstrim.

Rembesan oli ini akan terbakar dan menimbulkan bau hangus, terutama saat mesin motor sobat dalam keadaan panas seperti pada saat digunakan perjalanan yang cukup jauh. Oli terbakar pada kalter yang menimbulkan bau hangus juga dapat terjadi seusai Sobat ganti oli, biasanya ada sedikit oli yang tercecer di sekitar lubang pengisian oli.

2. Kampas Kopling Terbakar

Ini biasanya terjadi pada motor motor yang menganut sistem kopling manual alias motor sport. Terutama jika sobat sering menarik tuas kopling setengah di barengi dengan memutar tuas gas alias menggantung kopling. Perilaku seperti ini jelas memaksa mekanisme kopling bekerja lebih keras, ideal nya pada saat mesin berputar kopling tidak saling bergesekan.

Bau kopling terbakar juga dapat tercium di pagi hari ketika sobat baru saja menyalakan motor. Hal ini diakibatkan pada pagi hari oli yang di tugaskan untuk melumasi kampas kopling belum sepenuhnya bersirkulasi, efeknya jelas kopling bergesekan tanpa di lapisi oleh oli sehingga menimbulkan bau hangus terbakar. Kampas komponen motor kopling terbakar juga sangat sering terjadi saat melakukan perjalan di daerah pegununggan. Beberapa biker biasanya menggantung kopling guna mengail torsi.

3. Oli yang Tidak Sesuai

Pemilihan dan penggunaan oli yang sesuai adalah hal yang penting, karena jika sobat menggunakan oli yang salah apalagi menggunakan oli yang bukan peruntukannya jelas akan membuat kinerja mesin tidak optimal. Misalkan sobat menggunakan oli yang lebih kental dari yang di sarankan oleh pabrikan tentu akan membuat mesin berputar lebih berat dan memaksa mesin bekerja lebih keras. Sehingga tidak menutup kemungkinan adanya part yang terbakar sehingga menimbulkan bau hangus.

4. Kabel Menempel Pada Mesin

Penulis pernah mengalami hal ini beberapa tahun lalu. Pada saat selesai menyerviskan motor dan bermaksud untuk pulang tiba tiba tercium bau hangus. Penulis sempat berfikir bahwa itu diakibatkan oleh oli mesin yang sedikit tumpah pada saat penggantian oli tadi. Tapi lama kelamaan bau hangus ini makin tercium.

Penulis pun menepi untuk melihat mesin motor, namun tak ada bekas oli yang tercecer disana. Tanpa pikir panjang penulis langsung putar balik membawa motor kembali ke bengkel. Setelah di periksa kembali oleh mekanik ternyata kabel kopling motor menempel pada blok silinder karena salah jalur saat pemasangan.

Sponsors Link

Ternyata itulah penyebab munculnya bau hangus pada bagian mesin motor penulis. Beruntung bengkel bersedia mengganti kabel kopling motor penulis dengan kabel kopling yang baru. Mungkin karena merasa bersalah dan harus bertanggung jawab. Ini baru bengkel yang bagus.

Itulah tadi beberapa penyebab munculnya bau hangus pada bagian mesin motor. Artikel ini juga dapat Sobat jadikan reverensi untuk merawat kondisi motor agar tidak sampai mengalami hal ini di kemudian hari. Semoga artikel tentang penyebab munculnya bau hangus pada bagian mesin motor berguna. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply