Categories
Info Motor

5 Penyebab Motor Cepat Ngebul yang Harus Diketahui

Bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, pasti sudah biasa melihat pemandangan sepeda motor mengeluarkan asap dari knalpotnya. Bahkan jika anda sendiri adalah pengendara setia sepeda motor maka masalah ini pasti pernah anda hadapi.

Masalah paling ringan adalah asap ini mengindikasikan oli mesin perlu di ganti. Pemilik kendaraan perlu mengenali  ciri-ciri motor harus ganti oli karena hal ini merupakan salah satu penyebab motor berasap hitam. Motor ngebul bisa menjadi masalah yang sangat merisihkan dalam urusan otomotif sepeda motor. Hal ini sangat kuat perannya dalam menghasilkan polusi udara dan pencemaran lingkungan.

Berikut ini adalah permasalahan yang bisa menjadi penyebab motor ngebul.

  1. Karburator Kotor

Salah satu penyebab motor ngebul adalah karburator yang kotor. Para pemilik motor perlu membersihkan karburator agar kendaraan tidak mengeluarkan asap hitam lagi. Untuk membersihkan karburator secara maksimal anda bisa menggunakan karbu cleaner. Jika karburator telah dibersihkan knalpot masih mengeluarkan asap hitam, artinya karburator sudah aus. Jika karburator sudah aus maka solusi satu-satunya adalah dengan mengganti karburator dengan yang baik.

  1. Knalpot Mengerak

Setelah anda membersihkan karburator dan knalpot masih ngebul dan berwarna hitam, jangan langsung di tukar karburatornya. Anda juga perlu membersihkan knalpot yang digunakan. Di knalpot sering terjadi pengerakan yang diakibatkan oleh asap hitam. Akibat asap inilah yang meninggalkan kerak di knalpot. Jika keduanya sudah dalam keadaan bersih dan masih berasap, bisa jadi 2 komponen ini harus di ganti.

  1. Knalpot Modifikasi

Banyak pecinta otomotif sepeda motor yang sering memodifikasi knalpot standar dengan knalpot racing. Knalpot racing jika dipasangkan dan tidak sesuai dengan sepeda motor akan mengeluarkan asap hitam. Hal ini dikarenakan untuk menghindari knalpot menembak-nembak maka karburator perlu di atur. Udara karburator harus dikecilkan. Akibat udara yang kecil adalah bensin yang di suplai sangat banyak. Suplai bensin yang banyak ini mengakibatkan knalpot berasap dan menyebabkan kerak di knalpot. Selain itu, pengerakan juga merupakan salah satu  penyebab engkol motor keras.

  1. Ring Piston (Ring Seher)

Ring Piston memiliki peran untuk merapatkan celah agar oli yang berfungsi untuk melumasi mesin tidak ikut ke dalam proses pembakaran. Jika ring piston aus akan menyebabkan olimasuk ke dalam sistem pembakaran dan menyebabkan sepeda motor mengeluarkan kebulan asap berwarna putih dari knalpot. Selain menyebabkan motor ngebul, ring piston yang aus juga merupakan salah satu penyebab motor kurang tenaga.

  1. Silinder Mesin

Sama seperti ring piston, Silinder mesin juga memilik peran untuk menghambat oli masuk ke dalam sistem pembakaran. Cara kerjanya sama karena ring piston langsung bergesekan dengan ring piston. Ring piston di bagian dalam dan silinder mesin di bagian luar. Apabila ring piston lebih kuat, maka silinder mesin yang aus atau menipis lebih dulu.

Apabila silinder mesin ataupun ring piston aus, tidak hanya bisa menyebabkan motor ngebul tapi juga merupakan penyebab motor mati mendadak saat jalan. Hati-hati jika motor sudah sering mogok, hal ini menunjukkan ada komponen mesin yang aus. Hal ini merupakan  penyebab motor turun mesin yang perlu diperhatikan.

Selain itu juga, sering terjadi motor ngebul meskipun semua komponen dalam keadaan baik. Masalah ini bahkan terjadi setelah pengendara sepeda motor baru mengganti oli mesin. Hal ini menyebabkan anda wajib mengetahui mengapa Motor berasap setelah ganti oli. Untuk tetap menjaga sepeda motor tetap prima dan nyaman digunakan,anda juga perlu mengetahui penyebab aki tidak mengisi. Hal ini sangat penting mengingat oli tidak mengisi adalah salah satu penyebab aki motor tekor. Jika aki tekor, maka kita harus menggunakan kick starter sebelum mengganti oli yang baru.

Bagi anda pecinta motor antik, terutama motor king, anda perlu mengetahui perbedaan RX-King dan RX Spesial. Jika anda sudah paham akan hal ini, bisa membedakan serta mempertimbangkan alasan dalam memilih keduanya.

Leave a Reply