Sponsors Link

2 Penyebab Gigi Perseneling Motor Tidak Bisa Netral Paling Lengkap

Sponsors Link

Hai Sobat. Penyakit susah netral memang begitu banyak dialami dan dianggap wajar wajar saja terutama bagi Sobat para pengguna motor sport ataupun bebek sport yang biasanya menggunakan kopling manual. Tidak cuma terjadi pada motor motor yang sudah cukup berumur saja, gigi susah netral juga bisa terjadi pada motor yang bisa di katakan masih baru karena penggunaan nya belum genap 1 tahun.

ads

Seperti yang dialami oleh 2 orang teman penulis, keduanya sama sama menggunakan motor tipe sport untuk aktifitas harian sekaligus digunakan untuk bekerja, yaitu Honda Verza 150 dan Kawasaki Dtracker 150. Loh motor baru kok sudah ada trouble? Lalu apa penyebab gigi perseneling motor tidak bisa netral pada kedua motor diatas? Yuk disimak sampai habis..

Penyebab gigi perseneling motor tidak bisa netral. Diatas sudah di sebutkan penyakit yang satu ini sudah dianggap biasa saja bagi sebagian biker karena mereka menganggap ini tidak terlalu mengganggu, “yang penting motor nggak mogok aja lah” kata salah seorang teman penulis.

Namun jelas, jika di suruh memilih antara motor yang susah di posisikan netral atau motor yang lancar saat akan di netral kan mereka memilih yang mudah memposisikan perseneling pada gigi netral. Apalagi jika kerap bertemu dengan kemacetan saat berkendara, tentu tangan kiri sobat akan menjadi sangat pegal jika terus menerus menarik tuas kopling.

Teman penulis yang menggunakan Dtracker mengatakan, “Ya ribet aja sih mas pas mau berhenti, maju mundurin perseneling dulu dari gigi 1 kebablasan ke gigi 2 atau sebaliknya. Susah pokoknya”. ” Kalau udah jengkel karena kelamaan ya langsung matiin motor aja baru di netralin”. Tambah teman penulis penunggang Honda verza. Lalu apa penyebab gigi perseneling motor tidak bisa netral ini sebenarnya? Berikut penyebabnya.

1. Oli

Penyakit perseneling susah netral biasanya di barengi dengan perseneling yang keras. Penyebab paling simpel nya adalah oli mesin sudah menurun kemampuan nya. “Biasanya setelah ganti oli perseneling kembali normal” beber salah seorang teman penulis yang bekerja sebagai mekanik di bengkel resmi dealer Kawasaki. “Atau bisa juga dengan mengganti oli yang sedikit lebih encer dari oli standar” imbuhnya.

2. Tuas kopling

Jika oli sudah di ganti namun perseneling sobat tetap susah untuk di kembalikan pada posisi netral, coba periksa dan setel tuas kopling. Masih menurut penuturan dari teman penulis yang bekerja sebagai mekanik di bengkel dealer Kawasaki “jarak main pada tuas kopling memang juga mempengaruhi dari kinerja perseneling sebagai pemindah gigi”.

Dia juga mengingatkan tentang penggunaan tuas kopling variasi turut mempengaruhi, “apalagi tuas variasi yang ada setelan yang terdapat angka angka nya, kalau variasinya abal abal pasti jarak setingannya kurang presisi, jadi wajib di setel lagi secara manual lewat setelan pada kabel kopling”.

Ya, secara umum penyebab gigi perseneling motor tidak bisa netral memang adalah setingan dari jarak main kopling. Kebanyakan biker akan menseting kopling motornya dengan jarak yang pendek, tujuannya agar tuas kopling terasa ringan saat di tarik dan tangan tidak cepat pegal jika di hadapkan dengan jalan yang macet.

Namun jika dengan merubah jarak main kopling motor sobat malah menyebabkan perseneling susah di posisikan netral tentu efeknya juga sama saja, sama sama membuat pegal tangan kiri dan kaki karena sobat harus berkali kali mengoper gigi agar dapat masuk ke posisi netral.

Sponsors Link

Semoga artikel kali ini tentang penyebab gigi perseneling motor tidak bisa netral berguna bagi Sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply