Sponsors Link

4 Penyebab Gigi Motor Sering Loncat Paling Lengkap

Sponsors Link

Halo sobat, kita semua sudah sering dengar dan tentu saja tahu ya apa itu transmisi pada motor?. Ya, transmisi merupakan komponen pemindahan tenaga dari mesin yang diteruskan ke roda melalui perantara rantai, shaft, maupun belt sehingga memungkinkan kendaraan dapat bergerak maju, berjalan dengan kecepatan yang di butuhkan oleh pengendara, maupun memungkin kendaraan dapat berjalan mundur seperti pada mobil dan motor beroda tiga yang biasa digunakan untuk berniaga.

ads

Nah ada kalanya sistem transmisi yang secara umum terdiri dari mekanisme kopling dan rangkaian roda gigi ini mengalami masalah. Salah satu masalah yang umum adalah perseneling (gigi) loncat. Biasanya terjadi saat memindahkan gigi 1 naik ke gigi 2. “Gigi loncat itu yang gimana sih bro?”.

Begini, pernahkah sobat saat berkendara pada gigi satu kemudian karena ingin menambah kecepatan dari motor, sobat oper ke gigi 2, tapi kemudian perseneling sobat malah kembali ke gigi 1. Ini bahaya lho sobat karena pasti motor sobat terasa tersendat, tak jarang sobat terasa terpental kearah depan karena gigi perseneling turun di saat sobat memutar gas cukup dalam, pada beberapa kasus tak jarang gigi lompat ini menyebabkan roda belakang terkunci beberapa saat karena gigi yang turun tiba tiba tadi. Bahaya kan? Tentu.

Nah karena itu mari kita cari tahu penyebab gigi motor sering loncat itu sebenarnya apa saja sih?. Yuk lanjut terus sampai selesai. Penyebab gigi motor sering loncat adalah sebagai berikut;

1. Rumah Kopling Aus

Ini adalah penyebab paling umum dari gigi perseneling motor loncat. Aus disini bisa pada bagian permukaan sepatu kopling (clutch shoe) maupun pada rumahan kopling (clucth drum) atau bahkan pada dua bagian tadi sekaligus. Aus nya komponen ini tentu membuat slip kopling.

Efeknya? Jelas kopling sebagai penyalur tenaga dari mesin ke transmisi menjadi tidak sempurna sehingga gigi perseneling pun lompat atau pun kembali pada posisi awal. Untuk rumah kopling yang telah aus sobat dapat sedikit mengakalinya dengan cara bubut. Namun penulis lebih menyarankan pada sobat untuk mengganti part ini dengan yang baru tentu untuk alasan keamanan.

2. Kampas Kopling

Sama hal nya dengan rumah kopling, saat kampas kopling sobat telah aus tentu hal ini menyebabkab selip antara kampas kopling dan plat kopling. Efeknya pun sama, proses pemindahan gigi menjadi tak sempurna sehingga perseneling loncat.

3. Gigi Perseneling Rompal

Kalau ini sudah termasuk kerusakan yang parah, penyebab rompalnya gigi bisa dikarenakan kebiasaan sobat memindah gigi dengan kasar atau pada motor bebek yang menggunakan sistem transmisi semi otomatis mengoper gigi tanpa mengurangi gas motor. Hentakan yang terus menerus ini tentu berefek langsung pada gigi transmisi. Rontoknya gigi transmisi juga umum terjadi pada motor motor balap seperti motor roadrace karena pada umumnya tenaga mesin yang sudah melebihi dari kemampuan standar pabrikan.

4. Tuas Perseneling

Ini adalah penyebab yang paling simpel. Penyetelan tuas perseneling yang tidak tepat menyebabkan proses engaged dan disengaged kopling tidak sempurna karena dapat menjadi penyebab gigi motor sering loncat.

Sponsors Link

Nah Itulah tadi beberapa penyebab gigi motor sering loncat. Semoga sedikit penjelasan singkat tentang penyebab gigi motor sering loncat ini berguna bagi Sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih. Salam hangat selalu dari penulis. Selamat membaca.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply