Sponsors Link

4 Penyebab Gigi Motor Manual Keras Saat Diatur yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Halo sobat, pernah mengalami hal diatas saat berkendara dengan motor kesayangan yakni gigi perseneling keras saat diatur? Diatur disini maksudnya adalah pindah gigi perseneling sesuai yang sobat inginkan saat berkendara ya, bukan diatur atur suruh makan, mandi, dan lain sebagainya.

ads

Nah keadaan gigi perseneling yang susah untuk diatur ini atau lebih akrab susah untuk di masukan tentu sangat mengganggu. Terlebih jika sobat bermaksud untuk mendahului kendaraan lain di depan, entah itu sobat bermaksud ingin menaikan gigi untuk menambah kecepatan atau sobat ingin menurunkan gigi dengan maksud mendapatkan torsi terlebih dahulu sebelum menyalip.

Dengan gigi perseneling yang susah diatur tadi tentu sobat akan kehilangan tenaga dari mesin karena proses perpindahan gigi yang tidak lancar tadi, selain itu konsentrasi sobat juga dapat terpecah karena disibukan dengan menggerak gerakan kaki kiri sebab gigi perseneling yang tak kunjung pada posisi yang sobat butuhkan.

Guna menghindari sobat mengalami gigi perseneling yang susah masuk tadi, sobat harus tahu apa saja penyebab gigi motor manual keras saat diatur. Apa saja kah itu? Berikut penjelasannya. Penyebab gigi motor manual keras saat diatur :

1. Oli Mesin

Oli sebagai pelumas komponen mesin telah berkurang kemampuannya akibat dari  ataupun dari umur pakai dari oli itu sendiri. Nah oli yang sudah buruk ini wajib segera diganti. Bagi sebagian orang gigi yang susah diatur ini juga berfungsi sebagai pengingat bahwa sudah saatnya untuk melakukan service ataupun sekedar ganti oli.

2. Tuas Kopling

Untuk motor sport ataupun bebek yang menggunakan kopling manual alias harus tarik tuas kopling dengan tangan kiri dahulu sebelum memasukan gigi, terkadang tuas kopling inilah penyebabnya. Pengaturan jarak main dari tuas kopling ini sangat mempengaruhi pergerakan dari kopling sebagai bagian dari mekanisme transmisi.

3. Tuas Perseneling

Bagi motor bebek tuas perseneling yang terletak pada kaki sisi kiri ini selain memindahkan gigi perseneling juga berfungsi layaknya tuas kopling pada motor sport. Jadi selayaknya tuas kopling pada tangan yang memerlukan jarak main, tuas perseneling juga memerlukan setingan yang pas pada jarak mainnya. Idealnya pada tuas perseneling jarak mainnya adalah sekitar 5 milimeter.

4. Garpu Penggerak Hub Sleave

Fork atau garpu (karena memang bentuknya yang mirip garpu) ini bertugas memindahkan posisi gir transmisi sesuai dengan posisi gigi perseneling yang kita inginkan. Nah pada garpu ini terdapat tonjolan pada kiri dan kanannya di bagian bawah, yang fungsinya melindungi fork dari gesekan gir transmisi.

Selain itu tonjolan ini juga membantu fork untuk mendorong gir ke kiri dan kanan sesuai posisi transmisi yang di inginkan. Lama kelamaan tonjolan ini akan aus sebab bergesekan dengan gir transmisi. Jika tonjolan ini semakin menipis tentu perpindahan dari gir juga tidak sempurna, efeknya gigi perseneling menjadi susah masuk.

Sponsors Link

Jika bagian inilah yang menjadi penyebab gigi motor manual keras saat diatur mau tak mau sobat harus mengganti fork dengan yang baru. Nah Itulah beberapa penyebab gigi motor manual keras saat diatur. Biasanya penyakit susah diatur nya gigi perseneling ini juga di barengi dengan gigi susah diatur kembali ke posisi netral. Penulis berharap artikel tentang penyebab gigi motor manual keras saat diatur ini membantu bagi Sobat sekalian. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply