Sponsors Link

3 Penyebab Ban Motor Benjol Samping

Sponsors Link

Secara umum, setiap komponen yang teradapat pada kendaraan tentunya  dan pasti memiliki fungsi atau peranannya masing –  masing guna untuk mendukung kinerja atau performa dari kendaraan tersebut. Hal inipun tentunya berlaku pada kendaraan roda dua atau motor.

ads

Motor memiliki beberapa komponen penting yang juga berperan dalam menudkung performa motor tersebut. Sebut saja seperti ban. Ban ini merupakan salah satu komponen yang memiliki pernanan dan fungsi yang sangat vital terutama dalam hal keamanan dan keselamatan pengendaraan anda. Ban ini juga termasuk salah satu komponen “ fast moving “ yang memang sering mengalami penggantian.

Berikut ini adalah beberapa fungsi atau peranan ban tersebut pada ban anda. Adapun fungsi yang dimaksud antara lain adalah sebahgai berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menopang semua beban kendaraan anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk  menjaga kestabilan laju kendaraan anda
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengontrol traski dan pengereman
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk  mengontrol sistem suspensi
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk pengontrolan arah kendaraan
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk  meredam getaran

Itulah beberapa fungsi atau peranan penting ban tersebut terhadap kendaraan anda, oleh karena itulah penting bagi anda untuk mengecek kondisi ban anda terlebih dahulu sebelum anda akan menggunakan sepeda motor kesayangan anda tersebut .

Pada umunya, ada beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi apda ban kendaraan. Salah satu kerusakan tersebut adalah seperti ban yang mengalai benjol di bagian samping. Lantas apa saja penyebab ban motor benjol samping tersebut? Berikut ulasanya untuk anda.

1. Terdapat Udara Pada 2 Lapisan Ban

Penyebab yang pertama adalah karena terdapatnya udara pada 2 lapisan ban kendaraan anda. Fenomena seperti ini biasanya disebabkan oleh adanya rongga pada ban yang mungkin daya rekatnya kurang, sehingga saat terjadi gesekan pada jalan dan ditambah pula panasnya sinar matahari, maka ban tersebut akan dihinggapi udara yang pada akhirnya ban tersebut akan mengalami benjolan, terutama benjolan pada samping ban kendaraan anda. Ketahui juga tips memilih ban motor untuk jalanan indonesia agar anda tidak salah pilih.

2. Produksi Ban Tidak Sempurna

Penyebab yang kedua adalah karena produksi ban anda yang tidak sempurna. Yang namanya prodak buatan manusia, meski sudah menggunakan teknologi yang canggih namuh hal tersebut tidak menjamin prodak yang kita hasilkan akan lulus “ OKE “ 100 %. Begitupun dengan ban kendaraan anda, produksi yang tidak sempurna dari pabrikannya bisa membuat adanya benjolan pada ban anda.

3. Karena Pengisian Angin

Penyebab yang ketiga adalah karena pengisian angin yang tidak sempurna. Pada saat anda melakukan pengisian angin pada ban anda, dan pengisiannya terlalu mendapat tekanan, dapat berpengaruh terhadap keseimbangan ban pada motor anda, sehingga berpotensi menimbulkan benjolan pada samping ban motor anda. Waspadailah bahwasannya kurang angin bisa menyebabkan ban motor cepat bocor lo sobat.

Sponsors Link

Ban merupakan komponen yang harus anda lakukan pengecekan secra berkala dan sebelum anda menggunakan motor anda, karena akan berpengaruh terhadap keselamatan anda nantinya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi anda. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply