Sponsors Link

5 Penyebab Asap Knalpot Motor Bau Sangit yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Halo sobat. Pernahkah motor sobat mengeluarkan asap di sertai bau sangit atau terbakar? Baik itu setelah motor di gunakan untuk perjalanan jauh ataupun bau sangit ini juga tercium pada saat memanaskan mesin motor sobat? Jika iya maka sobat wajib tau apa penyebab knalpot sobat mengeluarkan bau sangit terbakar ini. Mari kita bahas!

ads

Penyebab asap knalpot motor bau sangit ini sangat beragam dan belum tentu juga ini adalah pertanda bahwa motor kesayangan sobat mengalami kerusakan. Seperti yang terjadi pada motor yang masih gress. Penyebab asap knalpot motor bau sangit pada motor baru ini biasanya di sebabkan oleh anti karat yang terdapat pada dalam knalpot yang memang sengaja di berikan guna melindungi berbagai part dari karat.

Selain itu bau sangit juga dapat di sebabkan dari terbakarnya glasswool yang di dalam knalpot yang tentunya juga masih dalam keadaan baru. Namun jika asap barbau sangit ini terjadi pada motor yang sudah lama sobat gunakan (bukan motor baru) wajib hukum nya bagi sobat untuk waspada terhadap kondisi ini. Penyebab asap knalpot motor bau sangit antara lain adalah sebagai berikut;

1. Pengapian Kurang Sempurna

Ini bisa di sebabkan oleh busi motor sobat sudah tidak maksimal dalam memercikan bunga api, entah itu di sebabkan oleh umur pakai dari busi sobat atau terdapat banyak kerak di elektroda komponen busi motor sehingga mengurangi besarnya lompatan bunga api. Kerak yang terdapat pada busi ini pun jika ikut terbakar juga akan menimbulkan bau sangit.

2. Timing Pengapian Tidak Tepat

Seting pengapian yang tidak tepat dapat menyebabkan busi memercikan api terlalu cepat sehingga bensin terbakar terlalu dini. Proses bembakaran yang tidak tepat ini tentu menyebabkan bau sangit yang keluar dari knalpot. Biasanya disertai dengan asap. Keadaan ini jika di biarkan juga berpengaruh pada performa motor sobat.

3. Campuran Bensin dan Udara

Dalam proses pembakaran di perlukan komposisi campuran yang tepat antara bahan bakar dan udara. Nah jika bahan bakar lebih banyak dari udara tentu pada knalpot akan mengeluarkan bau sangit di sertai asap berwarna hitam.

4. Klep Bocor

Baik klep in maupun klep out jika terdapat kebocoran tentu mengganggu proses pembakaran pada mesin. Selain mengakibat asap dan bau sangit pada knalpot juga menurunkan kompresi di ruang bakar. Hal ini juga mengakibatkan tenaga motor terasa drop.

5. Ring Piston Aus

Jika ring piston motor sobat aus maka akan mengakibatkan oli sebagai pelumas ring ikut terbakar pada ruang bakar. Oli yang ikut terbakar ini jelas menimbulkan asap berwarna putih tebal dan bau terbakar.

6. Kerak yang Menumpuk

Tumpukan kerak biasanya terdapat pada bagian atas piston motor, klep, ataupun juga pada dalam knalpot itu sendiri. Sama halnya dengan kerak yang terdapat pada busi, ketika kerak ini ikut terbakar tentu akan menimbulkan asap putih dan bau sangit.

Sponsors Link

Itulah tadi beberapa penyebab asap knalpot motor bau sangit. Jika motor sobat mengalami gejala gejala diatas adalah segera lakukan perbaikan di bengkel kepercayaan Sobat agar tidak mengakibatkan kerusakan yang lebih parah nantinya. Semoga artikel singkat yang penulis sampaikan tentang penyebab asap knalpot motor bau sangit ini membatu sobat. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply