Sponsors Link

Penggunaan Oli Mesin Berlebih Bikin Peforma Motor Melempem

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai sepeda motor, tentunya kita juga akan membahas mengenai bagaimana cara perawatan motor tersebut. Setuju ya sobat. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk merawat kendaraan tersebut adalah dengan rutin mengganti oli pada kendaraan sepeda motor anda.

ads

Mengapa demikian sobat? Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, oli ini sangat memiliki peranan penting atau vital terhadap kendaraan anda, terutama untuk mendukung kinerja atau performa mesin motor dan juga mndukung agar komponen motor anda juga lebih awet tentunya.

Untuk ulasan mengenai fungsi dari oli tersebut terhadap kendaraan anda antara lain adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin motor
  • Sebagai pendingin dalam komponen mesin
  • Sebagai perapat celah antara piston motor dengan silinder
  • Sebagai peredam getaran mesin
  • Sebagai pembersih kotoran
  • Sebagai anti karat

Nah sobat bikers yang super, itulah beberapa fungsi atau peranan penting dari oli tersebut terhadap kendaraan anda yang memang cukup vital tersebut. Berbicara mengenai oli tersebut sobat, tentunya dalam kendaraan anda mempunyai daya tampung yang berbeda –  beda antara satu kendaraan dengan kendaraan yang lainnya, yang mestinya dipatuhi oleh setiap pemiliki kendaraan tersebut.

Banyak orang yang menganggap ukuran pemakain oli tersebut tidaklah begitu penting dan dianggap sepele serta tidak berpengaruh pada performa mesin kendaraan anda, padahal faktanya ukuran atau ketepatan penggunaan takaran oli sangtalah penting untuk anda ketahui dan terapkan,karena seyogianya, penggunaan oli mesin berlebih bikin perfoma motor melempem. Sobat semua tentunya tidak menginginkan hal seperti ini terjadi pada motor anda ya sobat.

Lantas apa hubungannya pemakaian oli berlebih bisa membuat  performa mesin anda melempem? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda, cekidot.

1. Terjadi Penurunan Kualitas Oli

Yang pertama adalah karena akan terjadi penurunan kualitas oli kendaraan anda. Saat oli mesin motor anda terlalu banyak, maka di ruang engkol oli akan menggenangi poros engkol, sehingga akan terjadi penurunan kualitas oli tersebut.

2. Langkah Piston Akan Menjadi Terlambat

Yang kedua adalah akan membuat langkah piston menjadi terlambat. Karena pada saat motor anda kelebihan oli, khusunya pada komponen mesin, maka hal ini akan membuat poros engkol pada motor anda akan terendam oleh oli tersebut, jika hal ini terjadi maka akan mengakibatkan langakh piston pada motor anda akan terlambat. Jika langkah piston saja sudah terlambat, itu artinya performa kendaraan anda secara otomatis akan melempem.

3. Kopling Motor Selip

Yang ketiga adalah komponen motor kopling anda akan mengalam selip. Wet clutch atau kopling basah akan bekerja maksimal saat terendam oleh oli mesin.  Namun sobat, jika komponen tersebut terendamnya secara berlebihan, maka kopling anda juga akan berpotensi mengalami slip dimana oli di dalam kopling basah hanya sebagai pembasah permukaan agar tidak tergores.

Sponsors Link

Itulah sobat dampak buruk dari penggunaan oli mesin yang berlebihan yang membuat performa motor anda menjadi melempem. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk anda. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply