Sponsors Link

4 Pemicu Mesin Motor Batuk Batuk yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Halo Sobat.. Apakah Sobat bingung dengan judul diatas? Mesin motor kok bisa batuk? Bukan kah batuk merupakan penyakit yang biasa di derita pada manusia ataupun pada hewan? Nah dari pada sobat makin bingung tentang pemicu mesin motor batuk batuk mari kita lanjutkan obrolan kita.

ads

Pemicu mesin motor batuk batuk. Penyebutan “batuk” di sini di maksudkan pada kondisi motor yang tidak normal di karena suatu penyebab tertentu pada satu atau beberapa part yang rusak atau terganggu fungsi kerja nya sehingga menimbulkan suara meledak ledak pada knalpot motor.

Nah suara ledakan ledakan ini lah yang di asumsikan sama dengan batuk pada manusia. Dan tentu saja sama dengan kondisi di saat Sobat batuk batuk, ketika motor sobat “menderita sakit batuk” pun akan menimbulkan turun nya performa pada mesin motor. Mungkin beberapa Sobat sudah pernah mengalami motor kesayangan batuk batuk saat sedang asik asiknya berkendara.

Kondisi ini tentu sangat mengganggu, karena suara knalpot yang meledak ledak atau batuk tadi biasanya cukup keras sehingga mau tak mau sobat akan menjadi perhatian bagi pengendara lain. Menjadi pusat perhatian karena tampilan motor yang menarik tentu membanggakan, tapi jika menjadi perhatian di depan umum karena motor sobat mengalami kerusakan atau penggendara lain merasa terganggu tentu sangat tidak nyaman. Apa lagi jika yang merasa terganggu tadi adalah gebetan yang sedang sobat boncengkan, duh, pasti malu ya. Acara jalan jalan bisa batal.

Lebih parahnya lagi pada saat batuk ini motor sobat akan terasa tersendat sendat entah pada saat membuka ataupun menutup gas. Langkah paling tepat jika hal tersebut terjadi adalah segera arahkan motor sobat ke bengkel terdekat agar segera mendapatkan perbaikan.

Namun sebagai biker,sobat tentu wajib tahu pemicu mesin motor batuk batuk itu apa saja agar dapat melakukan langkah antisipasi ataupun menghindarkan sobat mengeluarkan biaya perbaikan yang berlebihan karena tertipu bengkel yang nakal. Pemicu mesin motor batuk batuk antara lain sebagai berikut;

  • Choke

Terkadang pemicu mesin motor batuk batuk begitu simpel, yaitu kita lupa menutup kembali tuas choke motor kita. Ini sering dialami oleh biker yang memiliki kebiasaan menggunakan choke saat menyalakan motor di pagi hari kemudian lupa menutupnya kembali. Nah pada saat motor di jalankan campuran antara udara dan bahan bakar menjadi tidak sempurna (terlalu banyak bahan bakar).Efek dari lupa menutup kembali tuas choke dapat merembet pula pada busi motor sobat.

  • Busi

Campuran bahan bakar yang terlalu kaya menyebabkan komponen busi motor menjadi terlalu basah oleh bensin. Busi basah ini jika di biarkan dalam waktu lama akan menimbulkan kerak pada elektroda. Kerak ini akan menyebabkan loncatan bunga api pada busi menjadi tak sempurna dan pada akhirnya memicu knalpot meledak ledak atau batuk tadi. Mesin motor yang sering batuk batuk ini juga dapat sobat jadikan acuan bahwa busi motor sobat sudah waktunya di ganti dengan busi baru.

Sponsors Link

  • Karburator

Kotoran yang menumpuk dari debu dan uap air lama kelamaan akan mengeras dan menjadi kerak. Kerak pada komponen karburator motor ini lah yang akhirnya menimbulkan pergerakan skep terganggu dan susah untuk bergerak turun. Lubang lubang main jet dan pilot jet yang tersumbat kotoran karena bahan bakar yang kurang bersih juga dapat menimbulkan mesin motor sobat batuk batuk.

Pada karburator bertipe vakum biasanya karet vakum lah yang menjadi penyebannya. Hal ini biasanya diakibatkan oleh karet vakum sebagai penggerak skep telah kehilangan ke-elastisitasannya. Sehingga skep tidak sesuai gerakan buka tutupnya dengan yang di butuhkan. Efeknya terjadilah batuk batuk pada motor sobat.

  • Filter Udara.

fungsi filter udara pada motor yang terlalu kotor menyebabkan kisi kisi pada filter tersumbat sehingga kebutuhan udara sebagai campuran bahan bakar menjadi terlalu rendah. Sehingga bahan bakarlah yang lebih dominan terhisap ke ruang bakar dan busi menjadi basah oleh bensin. Maka dari itu rutin lah membersihkan filter udara sobat baik pada saat servis berkala atau dapat sobat lakukan sendiri jika memang diperlukan.

Sponsors Link

Itulah tadi beberapa pemicu mesin motor batuk batuk. Semoga dengan informasi diatas dapat membantu sobat dan sobat tidak kebingunggan lagi tentang apa pemicu mesin motor batuk – batuk. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply