Sponsors Link

6 Jenis Motor yang Cocok Untuk Touring dan Paling Aman

Sponsors Link

Group touring merupakan suatu kegiatan yang menjunjung tinggi solidaritas antara anggotanya. Sekarang ini banyak sekali group – group motor yang membentuk anggota khusus dengan tujuan yang positif untuk menjelajah dan menikmati indahnya alam cipataan Tuhan.

ads

Bagi mereka yang suka traveling, bergabung ke anggota touring dirasa sangat cocok dan menyenangkan ya sobat. Bisa menyalurkan hobi sekaligus menambah teman untuk menyambung silaturahmi. Untuk mendukung kegiatan touring, tentu saja dibutuhkan motor yang tangguh dan akselerasinya tinggi sehingga mampu bertahan dengan tingkat jelajah yang tinggi pula.

Motor yang Cocok Untuk Touring

Jenis motor apa yang sering digunakan untuk touring? Saya yakin sobat semua pasti sudah tidak asing lagi dengan motor yang sering digunakan untuk touring. Kebanyakan orang menggunakan motor laki seperti vixion, cbr, ninja, dan lain sebagainya yang masih satu tipe. Namun juga ada beberapa anggota touring yang menggunakan motor bebek atau pun matic. Untuk daya tahan sendiri disarankan menggunakan motor laki saja ya sobat.

Pada artikel kali ini saya bermaksud ingin membagikan sedikit informasi yang saya ketahui mengenai motor yang cocok untuk touring. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut dan lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan di bawah ini sebagai berikut :

1. Motor Dengan CC Besar

Motor yang mempunyai cc besar pasti identik dengan kecepatan yang sangat kencang. Namun hal ini juga tergantung pengemudinya ya sobat. Alangkah baiknya memang menggunakan motor yang larinya cepat. Karena touring itu pasti melewati rute yang mempunyai medan bermacam – macam dan dengan jarak yang tidak dekat. Benar kan sobat?

Meskipun sobat mengemudikan motor saat touring menggunakan kecepatan yang relative tinggi, saya sarankan untuk tetap berhati – hati ya sobat, jangan sampai sobat ugal – ugalan dan membayakan diri sobat sendiri, teman sesama anggota touring atau pun bahkan pengemudi lainnya. Tetaplah sopan dan tertib saat berkendara ya sobat.

2. Motor yang Mempunyai Akselerasi Tinggi

Akselerasi disini bisa dikategorikan pada motor yang mempunyai tenaga yang kuat dan mampu menerjang berbagai medan yang ada. Anda tau sendiri sebagian besar wilayah di Indonesia banyak yang melewati perbukitan dan pegunungan dengan jalan naik turun berkelok – kelok.

Tentu saja sangat dibutuhkan tenaga ekstra ya sobat untuk menaklukkan berbagai medan berat tersebut. Jangan sampai motor tidak kuat saat naik tanjakan terjal karena motor kurang tenaga di tanjakan. Hal tersebut nantinya akan menyusahkan sobat sendiri. Selain itu motor yang tidak terlatih karena jarang digunakan untuk melewati medan berat, biaya juga kurang bertenaga meskipun sebenarnya mempunyai spesifikasi yang tangguh.

Untuk itu jika anda memiliki motor baru, sebaiknya latihlah motor anda dengan kecepatan tinggi dan carilah medan yang cukup berat terlebih dahulu. Agar nantinya motor tersebut terbiasa dengan medan yang berat. Terlebih lagi jika motor anda sering bekerja keras, gas motor tersebut juga akan menjadi ringan.

Sponsors Link

3. Konsumsi Bahan Bakar Irit

Konsumsi bahan bakar wajib anda perhatikan ya sobat. Pasalnya jika anda menggunakan motor yang tingkat konsumsi bahan bakarnya boros, sobat sendiri yang akan merasakan dampaknya karena harus merogoh kantong dalam – dalam setiap kali touring. Tentunya sobat tidak mau bukan?

Oleh karena itu saat sobat berniat membeli motor baru yang akan difungsikan untuk touring, maka pertimbangkanlah tingkat konsumsi bahan bakarnya ya sobat. Mengingat harga motor kan tidak murah, jadi wajib dipikirkan matang – matang. Namun jika anda sudah mempunyai motor di rumah, maka anda wajib mencoba 7 cara mudah membuat motor irit dan kencang tanpa harus membawanya ke bengkel atau pun mengeluarkan biaya mahal. Dengan begitu hobi touring anda tetap menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anda ya sobat.

ads

4. Motor yang Mempunyai Ketahanan Baik

Spesifikasi tingkat ketahanan yang baik memang wajib dimiliki oleh jenis motor yang akan difungsikan dan digunakan sebagai tunggangan saat anda sedang touring. Anda tidak mau kan, jika saat perjalanan touring motor anda sering bermasalah dan pada akhirnya akan membuat anda menjadi susah sendiri atau pun menyusahkan teman lainnya.

Yang ada anda tidak bisa menikmati keseruan melakukan touring, justru malah sibuk memikirkan solusi bagaimana motor anda bisa tetap dalam kondisi yang baik. Selain itu mood anda juga akan menjadi rusak karena mengalami kondisi buruk. Belum lagi teman – teman anda yang lain, pasti ikut menunggu sampai motor anda benar – benar bisa digunakan kembali.

Namun dengan adanya kondisi buruk semacam ini, anda bisa tau seberapa besar kadar solidaritas antar anggota touring tersebut. Mana orang yang benar – benar tulus membantu atau pun yang hanya berpura – pura peduli saja.

5. Motor yang Umurnya di Bawah 5 Tahun (Umur Muda)

Umur motor yang akan digunakan untuk touring juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat sedang perjalanan. Dengan menggunakan motor yang masih berumur muda, maka anda tidak akan terlalu khawatir terjadi kendala atau pun masalah seperti halnya mogok.

Namun tetap saja masalah yang timbul itu tidak bisa diprediksi dengan umur saja. Yang terpenting persentase bagi motor yang memiliki umur muda, kemungkinan terjadi masalahnya sangat kecil.

6. Motor yang Memakai Ban Tubeles

Ban tubeles memang memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna kendaraan seperti sepeda motor. Anda bisa kebayang, jika ban motor motor non tubeles kemudian tiba – tiba kempes pada malam hari di tempat sepi lagi, apakah hal tersebut tidak beresiko? Berbeda lagi jika anda menggunakan ban tubeles, meskipun ban tersebut bocor karena terkena ranjau paku, anda tidak perlu khawatir.

Ban tersebut masih bisa digunakan sampai berkilo – kilometer dan tidak akan merusak velg motor anda. Nah kondisi yang seperti inilah yang nantinya akan sangat membantu anda saat sedang melakukan touring. Masalah kempes ban tidak akan menghampiri motor anda sobat. Selain itu ban tubeles merupakan ban motor yang cocok untuk musim hujan karena tidak mudah selip.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai motor yang cocok untuk touring yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai motor yang cocok untuk touring. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply