Categories
Info Motor

Motor Matik atau Manual yang Cocok untuk Pemula yang Sedang Belajar

Hallo sobat apa kabar? pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sebuah informasi mengenai Motor matik atau manual yang cocok untuk pemula yang sedang belajar. Baiklah langsung saja mari kita simak bersama artikel di bawah ini!

Sekarang ini, siapa sih yang tak bisa dalam mengendarai sepeda motor? mulai dari kalangan orang tua, orang dewasa, remaja bahkan anak di bawahumur pun juga bisa mengendarai sepeda motor.

Hal ini sangatlah berbahaya karena pada dasarnya anak di bawah umur belum siap secara mental dan lebih mengedepankan emosiĀ  dengan pemikiran yang pendek dan cenderung tidak berpikir jangka panjang terhadap akibat yang ditimbulkan oleh perbuatannya. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai hal itu.

Bagi para pemula yang sedang belajar mengendarai sepeda motor, mungkin sobat merasa kebingungan memilih motor manual atau matik untuk belajar mengendarai sepeda motor. Memang cara mengendarai motor matik lebih mudah namun hanya menambah sedikit saja kemampuan sobat untuk mengemudi.

Oleh karena itu untuk belajar naik motor sebaiknya sobat menggunakan motor manual, baik bebek ataupun motor yang pakai tuas komponen motor kopling di tangan kiri dari pada menggunakan motor matik. Ada beberapa alasan mengapa harus menggunakan motor manual. Berikut ini adalah beberapa alasan dalam memilih motor matik atau manual yang cocok untuk pemula yang sedang belajardi antaranya adalah :

1.Jika sudah menguasai motor manual otomatis bisa menguasai motor matik.

Motor manual lebih cocok untuk pemula yang sedang belajar karena apabila sobat telah menguasai motor manual maka dapat dipastikan bahwa sobatĀ juga bisa menguasai motor matik. Hal ini karena motor matik hanya akan menambah sedikit kemampuan saja dalam mengendarai motor.

Berbeda dengan kemampuan yang di dapat saat menguasai motor manual karena sobat akan mendapatkan kemampuan yang lebih kompleks dalam mengendarai sepeda motor.

2. Koordinasi antara gas dan kopling akan lebih terkontrol

Motor manual lebih cocok untuk pemula yang sedang belajar karena sobat akan memiliki keterampilan dalam mengkoordinasi gas dan kopling yang lebih terkontrol dari pada motor matik. Hal ini karena menguasai gas dan kopling adalah hal dasar dalam belajar mengendarai motor manual berbeda dengan matik yang hanya menguasai gas dan rem cakram motor saja.

3. Terbiasa menutup gas saat pengereman

Motor manual lebih cocok untuk pemula yang sedang belajar karena akan membuat sobat terbiasa dalam menutup gas saat pengereman. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi refleks sobat nanti saat dalam keadaan panik. Karena refleks timbul karena kebiasaan.

Jadi ketika sobat akan menurunkan kecepatan sobat harus menutup gas terlebih dahulu kemudian kurangi gigi. Namun berbeda dengan matik yang kadang-kadang mengerem tapi gasnya masih terbuka dan itu sangat berbahaya. Misalnya dalam kondisi panik pemula yang terbiasa menggunakan motor matikakan menarik rem depan sementara gas masih terbuka, maka roda belakang akan berpotensi spin dan motor bisa terjatuh.

Demikianlah beberapa alasan mengapa motor manual lebih cocok untuk pemula yang sedang belajar karena sobat akan mendapatkan banyak keuntungan dari keberhasilan sobat mengendarai motor manual. Terima kasih telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini.

Semoga dapat memberikan manfaat serta menambah pengetahuan sobat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Kenali kerusakan pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply