Sponsors Link

Moge Jepang Vs Moge Eropa – Merk – Harga – Karakteristik

Sponsors Link

Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan minat masing masing individu yang ingin menggunakan sepeda motor sebagai sarana tranportasi baik umum maupun pribadi baik utama maupun pelengkap. Bukan hanya jenisnya saja, dengan tingginya peluang pasar otomotif terutama sepeda motor karena sebuah kebutuhan yang bisa dibilang mulai berubah dari yang awalnya hanya sebagai kebutuhan sekunder menjadi sebut kebutuhan primer menjadikan berbagai merk sepeda motor hadir di tengah masyarakat.

ads

Jika melihat dari laporan penjualan sepeda motor di Indonesia dan fakta di jalanan maka dapat disimpulkan bahwa sepeda motor dari pabrikan asia terutama jepang masih mendominasi penjulan khususnya untuk Yamaha dan Honda karena keungulan motor Honda dan pabrikan asia lainnya. Akan tetapi dengan berubahnya kebutuhan sepeda motor yang bukan hanya difungsikan sebagai sarana tranportasi saja, berbagai motor dari pabrikan Eropa mulai masuk ke Indonesia dengan jenis motor gedenya atau moge karena masih banyak peluang pasar dengan jenis motor tersebut.

Istilah moge merupakan sebutan bagi sepeda motor yang memiliki ukuran besar bukan hanya dari segi fisiknya saja melainkan juga dari kapasitas mesin dan beberapa komponen mesin motor. Motor gede saat ini dibutuhkan terutama bukan untuk urusan sarana transportasi melainkan sudah sebagai kebutuhan gaya hidup bagi para penikmat motor gede tersebut. Dalam artikel ini, hargamotor.co.id akan mengulas mengenai perbedaan motor gede jepang dan motor gede eropa beserta kelebihan serta kekurangan masing masing.

  • Merk Motor gede dari Jepang dan Eropa

Hal pertama yang akan dibahas berkaitan dengan moge Jepang vs moge Eropa adalah dari segi merk motornya terlebih dahulu karena tidak semua  merk motor Jepang maupun Eropa menguarkan motor jenis moge. Dari Eropa, ada beberapa merk motor gede yang saat ini sangat populer diantaranya seperti Ducati dan BMW pada kelas premium sedangkan Benelli dan aprilia yang muncul di kelas pemula. Sedangkan pada merk motor Jepang yang mengeluarkan jenis motor gede hampir semuanya yakni Kawasaki, Honda, Yamaha, dan Suzuki. Pada motor Jepang, merk yang lebih mendominasi di kelas motor gede adalah Kawasaki sedangkan pada motor Eropa merk yang banyak diminari adalah BMW yang merupakan motor gede paling keren saat ini.

  • Harga moge Jepang vs moge Eropa

Hal kedua yang dapat dibedakan dan menjadi perhatian adalah harga yang ditawarkan dari motor gede Jepang dan motor gede Eropa. Moge Jepang memiliki harga yang relatif lebih murah karena jalur distribusi dan produksi yang sudah terbentuk di Indonesia. Untuk mode dari pabrikan motor Eropa lebih memiliki rentang harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor gede dari Jepang karena hampir keseluruhannya merupakan motor impor langsung dari eropa sehingga harga jualnya pasti lebih mahal.

  • Karakteristik moge Jepang dan moge Eropa

Karakteristik motor gede dari Jepang dan dari Eropa dapat dibandingkan melalui kebiasaan yang menjadi dasar konsumen memilih sepeda motor tersebut. Jika pada motor gede Jepang, konsumen lebih tertarik karena banyaknya pilihan kapasitas mesin yang ada mulai dari 500 cc, 600 cc dan sebagainya. Konsumen motor gede Jepang juga lebih mengedepankan pada after sales yang lebih mudah karena banyak tersebar dealer dan tempat servis resmi dari pabrikan tersebut di berbagai kota besar. Suara mesin 4 silinder yang banyak dimiliki oleh motor gede Jepang juga menjadi incaran para penikmat motor gede.

Sponsors Link

Untuk motor gede Eropa, ukuran yang lebih besar dan kapasitas mesin yang jauh lebih tinggi menjadi salah satu alasan dalam pemilihannya. Selain itu para konsumen atau pemilik motor gede Eropa lebih mengedepankan pada sejarah merk, ekslusifitas, pamor, dan gengsi yang lebih besar meskipun motor Eropa tersebut memiliki harga yang lebih luar serta jaringan bengkel resmi yang terbatas. Selain itu yang membedakan lainya adalah jika pemilih motor gede Jepang lebih di dominasi pada pemula yang baru pertama kali menggunakan motor gede maka pemilik motor gede Eropa merupakan orang yang sudah paham dengan jenis motor gede tersebut.

  • Rasa kebangaan pada motor gede

Salah satu hal lainnya yang juga sering dibahas oleh para komunitas motor gede berkaitan dengan hal yang tidak dimiliki oleh motor gede Jepang dibandingkan dengan motor gede Eropa adalah rasa kebangaan yang diperoleh ketika mengendarainya. Hal ini dikarenakan motor Jepang yang terlalu banyak bermain pada hampir semua lini kubikasi mesin menjadikannya kurang memiliki rasa lebih dibandingkan motor Eropa yang pada dekade ini hampir semuanya hanya memproduksi motor berjenis moge saja. Sejarah yang dimiliki oleh motor gede Eropa juga lebih kuat dibandingkan dengan motor gede jepang.

Sponsors Link

Itulah beberapa hal yang dapat dibandingkan dibedakan dari motor gede yang diproduksi oleh pabrikan asal eropa maupun pabrikan asal Jepang. Jika ditarik secara umum, motor yang cocok untuk orang gemuk tersebut baik diproduksi oleh pabrikan otomotif Jepang dan pabrikan otomotif Eropa memiliki minat konsumen sendiri sendiri yang berbeda satu sama lain. Namun secara garis besar, motor gede Jepang lebih unggul dari segi varian dan harga yang lebih terjangkau sedangkan motor gede Eropa lebih unggul dari sejarah dan gengsi serta rasa bangga yang diperoleh ketika mengendarainya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply