Categories
Info Motor

3 Manfaat Rutin Cek Oli Motor Saat Musim Hujan

Sobat bikers semua pasti sudah mengetahui dan memahami ya sobat, bahwasanya di dalam mesin sepeda motor terdapat banyak komponen yang bergerak dan bergesekan satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan putaran pada roda sepeda motor.  Gerakan mesin yang begitu cepat dan kuat dapat mengakibatkan komponen mesin motor menjadi cepat aus, sehingga menyebabkan performa mesin menjadi berkurang dan mesin akan menjadi cepat panas.

Untuk mengurangi gesekan komponen dalam mesin tersebut, maka dibutuhkanlah oli untuk melumasi setiap celah pada komponen dalam mesin untuk membuat komponen pada mesin tersebut menjadi lebih awet dan tidak cepat aus. Karena semakin bagus kualitas oli yang ada gunakan pada kendaraan anda, maka akan semakin bagus pula kemampuannya untuk menguranhi gesekan pada mesin, sehingga tentunya komponen pada mesin tersebut juga akan awet.

Lantas apa saja fungsi dan peranan oli tersebut pada mesin motor anda? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  • Sebagai pendingin komponen mesin pada kendaraan anda
  • Sebagai perapat celah antara piston motor dengan silinder
  • Sebagai peredam getaran mesin
  • Sebagai pembersih kotoran pada mesin anda
  • Sebagai anti karat
  • Untuk membuat komponen pada mesin anda lebih awet

Itulah beberapa peranan dan fungsi dari oli pada mesin kendaraan anda.

Oleh karena peranan oli tersebut sangtalah penting pada kendaraan anda, oleh karenanya anda sebagai pemiliki kendaraan tersebut harus melakukan pengecekan oli tersebut secara rutin, terlebih lagi pada saat musim hujan karena motor yang anda gunakan menerjang air tentunya akan mempengaruhi kualitas oli anda, sehingga penting bagi anda untuk melakukan pengecekan secara ruitn.

Berikut ini manfaat rutin cek oli motor saat musim hujan yang bisa anda jadikan refrensi.

1. Mengecek Kondisi Oli

Manfaat yang pertama adalah untuk mengecek kondisi oli. Mengecek dalam pembahasan ini adalah memastikan oli anda tidak bercampur dengan air. Karena pada saat anda menerjang air ketika musim hujan, maka ada kemungkinan oli anda bercampur dengan air, sehingga fungsi atau peranannya terhadap mesin anda akan berkurang alias tidak standar.

2. Memastikan Komponen Yang Dilumasi Oleh Oli Tidak Tergores

Manfaat yang kedua adalah untuk memastikan komponen yang dilumasi oleh oli tidak akan tergores. Pada saat oli anda bersampur dengan air, maka umumnya oli akan terlihat encer dan warnanya memutih oleh karena kandungan air yang ada di dalamnya. Jika hal seperti ini terjadi pada oli anda, maka akan menyebabkan komponen mesin yang seharusnya dilumasi oleh oli tersebut akan berpotensi menjadi tergores.

3. Untuk Memastikan Mesin Tidak Rusak

Manfaat yang ketiga adalah untuk memastikan kondisi mesin kendaraan anda tidak akan rusak. Apabila oli anda bermasalah, itu artinya mesin anda juga akan bermasalah. Jadi apabila anda mengecek oli anda, itu artinya anda juga sedang mengecek mesin motor anda.

Sekian ulasan yang bisa penulis share buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi bagi anda yang membacanya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengkuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Leave a Reply