Sponsors Link

3 Komponen Vital Moge Klasik yang Wajib Diperhatikan

Sponsors Link

Sobat semua pecinta otomotif khususnya kendaraan roda dua atau motor, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah “ moge “ ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, seseorang yang menggunakan motog gede atau yang akrab disapa dengan “ moge “ ini di kalim akan terlihat lebih keren dan oke. Selain itu, rasa kepercayaannya pun akan bertambah apalagi bisa membonceng seorang wanita wanita ya sobat.  Istilah moge ini bisa diklasifikasikan terhadap motor yang memiliki body, mesin serta silinder yang gede, maka tercetuslah kata –  kata “ moge “ tersebut.

ads

Berbicara mengenai “ moge “ tersebut sobat, disetiap negara tentunya juga memiliki klasifikasi moge yang berbeda antara negara yang satu dengan yang lainnya. Di Indonesia sendiri, citra moge ini sangat erat kaitannya dengan kendaraan abwang mewah. Oleh karena itulah, dalam Undang –  Undang Pajak Barang Mewah ( PPnBM ), sepeda motor sudah dianggap mewah dan dikenai pajak tambahan 60 % hungga 125 % apabila memiliki kapasitas mesin diatas 250 cc.

Oleh karena tergolong sebagai barang mewah, dan juga kategori pajaknya adalah pajak bawang mewah, maka anda sebagai pemiliki moge tersebut tentunya harus memperhatikan dan melakukan pengecekan maupun perawatan secara rutin terhadap komponen –  komponen vital moge anda, agar tidak menimbulkan masalah yang berarti nantinya terhadap performa kendaraan anda, terlebih lagi moge tersebut adalah moge klasik yang mempunyai harga selangit.

Berikut ini adalah komponen vital moge klasik yang wajib diperhatikan bagi anda pemilik moge klasik tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan dibawah ini.

1. Komponen CDI dan TCI

Komponen vital yang pertama adalah CDI dan juga TCI. Komponen ini merupakan komponen yag sangat penting terhadap performa moge anda. Apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan, maka akan membuat sistem pengapian pada motor anda akan bermasalah. Mengapa demikian? Karena  memang funsgi utama dari CDI dan TCI ini adalah untuk mendukung sistem pengapian untuk switching atau membangkitkan tenaga tingi dam koil, sehingga proses pengapian pada mesin anda bisa berjalan lancar.

2. Platina

Komponen vital yang kedua adalah platina. Adapun komponen platina ini merupakan komponen yang sangat sulit ditebak kerusaknnya. Komponen yang satu ini merupakan komponen yang berkaitan dengan camshaft motor ( noken as ) dan juga rocker arm. Komponen yang satu ini juga termasuk komponen yang langka untuk anda temukan, sehingga baiknya anda harus merawat komponen ini dengan baik.

3. Mesin

Komponen vital yang ketiga adalah komponen mesin motor. Sobat biker semua tentunya tau dan paham ya spabt bahwasanya dari semua komponen yang ada pada motor, maka  yang paling utama adalah mesinnya. Komponen yang satu ini juga tidak bisa luput dari perhatian anda agar moge klasik anda tetap terjaga.

Sponsors Link

Memiliki moge memang keren dan oke ya sobat bikers, terlebih lagi moge klasik. Namun meski demikian anda harus merawatnya secara rutin. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply