Sponsors Link

Komponen Stang Motor : Cara Kerja, Fungsi dan Penggunaan yang Tepat

Sponsors Link

Hello sobat semua, masih setia dengan artikel yang sudah penulis sediakan buat sobat semua ya, sama seperti penulis yang selalu setia memberikan ulasan yang menarik dan tentunya bisa menambah informasi serta bisa menambah wawasan anda. Tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas otomotif serta komponen otomotif itu sendiri.

ads

Pada kesempatan kali ini materi atau topik yang akan kita bahas adalah mengenai komponen stang motor yang tidak kalah pentingnya seperti komponen filter motor atau pun komponen karburator motor. Bagi sobat yang memiliki kendaraan roda dua atau sepeda motor, tentunya komponen yang satu ini bukanlah suatu komponen yang asing bagi sobat ya, karena memang setiap motor pastinya memiliki stang. Namun hal yang perlu anda ketahui adalah mengenai komponen penyusun dari stang motor itu sendiri beserta fungsinya. Untuk itu, yuk sobat semua mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, stang motor merupakan salah satu komponen motor yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada saat anda berkendara yang letaknya berdekatan dengan speedometer motor. Selain itu stang ini juga berfungsi sebagai untuk mengatur posisi anda dengan posisi kendaraan lainnya.

Dengan kata lain stang ini mempermudah anda untuk mengatur keseimbangan anda, baik dari segi kecepatan, segi jarak dengan kendaraan lain ataupun keseimbangan yang lainnya. Nah sobat semua, di dalam mengerjakan fungsi dan tugasnya tersebut, tentunya stang motor tersebut memiliki beberapa komponen yang fungsinya tidak kalah penting untuk menunjang performa stang motor anda. Berikut penjelasannya untuk anda.

1. Komstir Stang Motor

Komponen yang pertama adalah komstir motor. Komstir motor ini bekerja untuk mengatur keseimbangan berkendara anda. Fungsinya sangatalah penting ya sobat, karena secara keseluruhan komstir inilah yang memberikan peran pada stang motor anda, milaya saja apabila anda ingin belok kiri atau kanan, maka komstir inilah yang berperan penting. Ada baiknya pada saat anda menggunakan komstri ini secara perlahan ya sobat agar tidak cepat rusak.

2. Jalu Stang Motor

Komponen yang kedua adalah jalu stang motor. Adapun fungsi dari jalu stang motor ini adalah untuk memberikan keseimbangan pada stang motor anda. disebut sebagai penyeimbang stang motor karena jalu stang motor ini bekeja dengan cara mengurangi getaran pda kemudi motor anda sehingga membuat stang motor anda lebih stabil pada saat anda gunakan. Agar awet, tentunya juga sobat semua mengunakannya sesuai dengan petunjuk manual book ya sobat.

3. Steering Dumper

Komponen yang ketiga adalah steering dumper. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menghasilkan putaran stang yang lebih lambat dengan mengguankan sitem hidraulik agar mencapi kestabilan saat dalam kecepatan tinggi atau dengan bahasa kerennya agar tidak “glodek –  glodek “ ketika anda menggunakannya. Gunakan sesuai petunjuk penggunaan agar tetap awet ya sobat.

Sponsors Link

Catatan penting bagi sobat semua, bahwasannya dampak buruk terhadap motor jika beban berlebihan bisa mempengaruhi kestabilan stang motor anda saat berkendara. Sehingga tidak sedikit pengendara oleng dan tidak bisa mengendalikan motornya dengan baik. Pada akhirnya kecelakaan pun tidak bisa dihindari.

Sekian informasi mengenai komponen stang motor yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi sobat semua ya. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply