Sponsors Link

Komponen Shock Depan Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Hello sobat semua, masih dengan pembahasan yang tidak jauh berbeda dengan artikel  sebelumnya ya sobat. Pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai otomotif serta komponen otomotif itu sendiri. Adapun tema atau topik pemahasan artikel kali ini adalah mengenai komponen shock depan motor.

ads

Bagi sobat semua pecinta otomotif tentunya komponen yang satu ini bukanlah hal baru untuk anda ya sobat seperti halnya komponen mesin motor, karena memang sejatinya seorang pecinta otomotif harusnya mengerti akan komponen otomotif itu juga. Namun apabila anda dari sobat yang memang belum paham betul akan komponen yang satu ini, tidak usah kuatir ya sobat karena pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskannya secara gamblang buat sobat semua. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimakasud dengan komponen shock adalah komponen pada motor anda yang berfungsi untuk meredam kejutan atau getaran pada saat sepeda motor anda diperlambat atau pada saat mengalami benturan keras karena permukaan jalan yang sedang anda tempuh tidak rata alias berlobang yang bisa memungkinkan adan terjungkal pada saat mengendarainya.

Oleh karena itu keberadaan shock ini sangatlah penting bagi kendaraan anda. Selain mengerti fungsinya ada baiknya sobat semua juga komponen dari shock tersebut beserta fungsinya. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Slider Garpu

Komponen shock depan motor yang pertama adalah slider garpu. Slider garpu merupakan rumah atau sering disebut dengan casing dari semua komponen shock depan motor anda. Adapun fungsi utamanya adalah sebagai wadah dari minyak shock itu sendiri. Untuk itu pastikan bagian ini dalam keadaan baik, agar shock anda tidak terjadi masalah seperti halnya terasa keras.

2. Sil Oli

Komponen shock depan motor yang kedua adalah sil oli. Adapun komponen yang satu ini adalah komponen yang mempunyai fungsi utama yakni untuk menjaga kondisi minyak shock agar tidak keluar dari bagian slider garpu. Jika minyak shock tersebut sampai bocor, tentu saja bisa membahayakan anda sendiri karena bisa saja ban motor tergelincir.

3. Cincin Stopper

Komponen shock depan motor yang ketiga adalah cincin stopper. Adapun fungsi utama dari komponen yang satu ini adalah untuk menahan agar si oli tidak bergerak keluar, yang diakibatkan oleh adanya tekanan dari minyak shock tersebut. Mengingat betapa pentingnya komponen ini seperti halnya komponen knalpot motor atau pun komponen busi motor, untuk itu saya sarankan agar memperhatikannya dengan baik ya sobat.

4. Sil Debu

Komponen yang ke empat adalah sil debu. Komponen yang satu ini adalah komponen yang berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk kedalam slider garpu. Sebab apabila debu masuk, akan mengakibatkan tabung garpu menjadi lecet atau rusak.  Dan akibat yang lebih fatlnya lagi nih sobat, debu tersebtu bisa membuat atau mempercepat tabung garu tersebut mengalam keausan.

5. Tabung Garpu

Komponen shock depan motor yang ke lima adalah tabung garpu. Tabung garpu ini sendiri mempunyai peran untuk membuat sekat atau pun ruang antara slider garpu dan juga ruang di bagian dalam tabung garpu tersebut.

6. Torak Garpu

Komponen shock depan motor yang ke enam adalah torak garpu. Adapun fungsi utama dari torak garpu ini adalah sebagai piston yang membagi ruang antara di bagian bawah torak garpu dan juga di bagian atas torak garpu. Jika pada saat berkendara anda merasakan ketidaknyamanan pada shock depan, pahamilah cara memperbaiki shock depan motor agar anda bisa mengeceknya sendiri.

Sponsors Link

7. Pegas Reaksi

Komponen shock depan motor yang ke tujuh adalah bagian pegas reaksi yang mempunyai fungsi utama untuk menerima atau pun meredam kejutan dan juga gerakan yang berasal dari roda. Kejutan yang berasal dari roda akan terus terjadi jika jalanan yang lalui bergelombang atau bahkan rusak parah.

Oke sobat semua sekian informasi mengenai komponen shock depan motor yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply