Sponsors Link

Komponen Rem Hidrolik Motor : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai rem seperti rem cakram motor atau jenis rem lainnya, tentunya sobat semua para pecinta otomotif mengerti dan paham akan komponen otomotif yang satu ini ya sobat. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama,  pada setiap kendaraan tentunya memiliki rem. Setuju ya sobat.

ads

Rem merupakan salah satu komponen pada motor yang berfungsi sebagai piranti atau alat yang digunakan untuk memperlambat atau bahkan menghentikan laju gerakan roda. Karena roda tersebut diperlambat, maka secara otomatis gerakan kendaraan juga akan menjadi lambat.

Komponen Rem Hidrolik

Untuk lebih jelasnya mengenai rem hidrolik pada motor tersebut, mari sobat kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

  • Pedal rem / tuas rem adalah komponen rem hidrolik yang berfungsi sebagia input untuk mengetahui kapan rem akan aktif dan kapan rem akan non aktif.
  • Master silinder adalah komponen rem hidrolik yang mengubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik.
  • Reservoir tank adalah komponen rem hidrolik yang berfungsi untuk menyimpan cadangan minyak rem atau fluida yang akan dijadikan sebagai penyalur tenaga.
  • Pipa hidrolik adalah komponen rem hidrolik yang berfungsi sebagai saluran tempat mengalirnya fluida atau minyak rem yang memiliki tekanan.
  • Caliper adalah komponen rem hidrolik yang berfungsi untuk mengubah kembali energi pada tekanan fluida kedalam bentuk gerakan mekanis.

Cara Kerja rem Hidrolik

Dalam rem hidrolik ini, terdapat beberapa komponen penting, yaitu master cylinder assy, caliper, rotor ( disk brake ) tuas rem, dan minyak rem. Pada saat tuas rem ditekan, maka komponen pada master cylinder akan menekan cairan fluida / minyak rem. Pada saat minyak rem ini tertekan, sehingga brake pada akan emenkan rotor ( disc brake ), untuk terjadi proses pengereman kondisi tersebut bergantung juga terhadap gaya tekan yang diberikan pengendara terhadap tuas rem. Semakin keras maka gaya penegreman akan tinggi. Nah sobat semua, kira – kira seperti itu ya cara kerja dari rem hidrolik ini.

Kelebihan Komponen Rem Hidrolik Motor

Berikut ini beberapa kelebihan atau pun manfaat rem hidrolik yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan rem hidrolik antara lain :

  • Bila dibandingakan dengan metode tekanan mekanik, rem hidrolik mempunyai tenaga yanag lebih fleksibel dari segi penempatan transmisi tenaganya.
  • Dalam sistem hidrolik, gaya yang sangat kecil dapat digunakan untuk menggerkakkan atau mengangkat beban yang sanagt berat denga cara mengubah sistem perbandingan luas penampang silinder.
  • Sistem hidrolik menggunakan minyak mineral sebagai media pemindah gayanya.
  • Beban dengan mudah dapat dikontrol dengan memakai katup pengatur tekanan ( relief valve ). Karena apabila beban lebih, tetapi tidak segera diatasi akan merusak komponen itu sendiri.
Sponsors Link

Kelemahan Komponen Rem Hidrolik Motor

Berikut ini beberapa kelemahan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan rem hidrolik antara lain :

  • Harganya lebih mahal karena menggunakan fluida cairan yang berupa oli.
  • Apabila terjadi kebocoran, akan mengotori sistem, sehingga sistem hidrolik ini biasanya jarang digunakan untuk industri makanan maupun obat – obatan.

Melihat bagaimana pentingnya komponen yang satu ini seperti halnya komponen knalpot motor atau pun komponen busi motor, sudah menjadi kewajiban anda untuk merawatnya dengan baik ya sobat. Bisa dengan melakukan service rutin. Karena kondisi onderdil motor paling penting yang baik akan sangat berpengaruh pada peforma motor itu sendiri.

Oke sobat, sekian informasi mengenai komponen rem hidrolik yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat, salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply