Sponsors Link

Komponen Motor yang Wajib Diperhatikan Pasca Bencana Alam Paling Lengkap

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di daerah Donggala, Palu, Sulawesi Tengah, yang beberapa bulan lalu dilanda bencana alam berupa gempa bumi dengan kekuatan mencapai 7,2 SR dan juga terjadi tsunami, pastinya akan membuat sobat merasa sangat khawatir mengenai keselamatan sobat.

ads

Selain itu, bencana alam ini juga akan mengakibatkan dampak-dampak yang akan merugikan. Dampak dari bencana tersebut yaitu dari kerusakan ratusan bangunan, sampai paling sedikit 420 nyawa melayang. Selain itu, dampak negatif juga dirasakan oleh sebagian orang yang memiliki motor. Karena motor akan terendam air laut.

Nah, untuk melakukan perbaikan bagi motor sobat, maka sobat harus tahu terlebihdahulu apa saja komponen yang wajib diperhatikan akibat terendam air laut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai komponen motor yang wajib diperhatikan pasca bencana alam.

Perlu sobat ketahui, bahwa kondisi motor di wilayah Donggala, Palu, Sulawesi Tengah sangatlah memprihatinkan. Karena banyak motor yang mengalami kerusakan akibat tertimpa bangunan dan terendam air laut.

Hal ini pastinya akan membuat pemilik motor tersebut khawatir, pasalnya air laut dapat menjadi pemicu timbulnya karat pada permukaan motor yang terbuat dari logam. Maka daripada itu, sepeda motor yang terendam air laut sangat membutuhkan penanganan khusus agar dapat digunakan kembali.

Untuk melakukan penanganan terhadap kondisi motor sobat, maka hal pertama yang harus sobat ketahui adalah komponen yang penting dan memiliki pengaruh besar pada motor sobat. Oleh karena itu, berikut saya telah merangkum informasi mengenai komponen motor yang wajib diperhatikan pasca bencana alam, antara lain :

1.Filter udara

Komponen motor yang wajib diperhatikan pasca bencana alam yang pertama adalah filter udara. Filter udara berfungsi sebagai peredam atau penyaring dari debu atau kotoran lainnya agar tidak masuk pada ruang bakar. Kalau filter udara tidak dapat berfungsi dengan baik maka piston motor dan klep pastinya akan cepat kotor dan berkerak. Maka daripada itu, lebih baik sobat mengganti filter udara dengan yang baru saja.

2. Busi motor

Komponen motor yang wajib diperhatikan pasca bencana alam yang kedua yaitu komponen busi motor. Busi adalah komponen terpenting dalam sistem pengapian yang memiliki fungsi untuk memercikkan bunga api di ruang bakar.

Oleh karena itu apabila busi bermasalah maka pembakaran tidak akan sempurna dan tenaga yang dihasilkan mesin kecil. Sebaiknya sobat mengganti busi pada motor sobat yang terendam air laut dengan yang baru jika busi bermasalah.

3. Oli mesin

Komponen motor yang wajib diperhatikan pasca bencana alam yang ketiga yaitu oli mesin. Oli mesin otomatis harus diganti karena pastinya oli mesin telah bercampurdengan air laut sehingga nantinya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, sobat wajib melakukan penggantian oli.

4. Sistem kelistrikan

Komponen motor yang wajib diperhatikan pasca bencana alam yang keempat yaitu sistem kelistrikan motor. Perlu sobat ketahui bahwa sistem kelistrikan pada sepeda motor sangatlah penting.

Hal ini karena kelistrikan berfungsi untuk menghidupkan lampu-lampu, termasuk mendukung sistem pengapian yang berguna untuk memercikkan api dari busi untuk menciptakan proses pembakaran di ruang bakar. Oleh karena itu jangan sekali-kali menyalakan mesin apabila sistem kelistrikan masih basah karena malah akan menimbulkan kerusakan.

Demikianlah beberapa komponen motor yang wajib diperhatikan pasca bencana alam. Saran saya apabila terjadi bencana alam, maka utamakanlah keselamatan diri sobat terlebih dahulu.

Jangan sampai sobat menempatkan diri sobat dalam bahaya kalau hanyaingin menyelamatkan motor. Karena penanganan hanya akan bisa dilakukan saat sobat selamat. Terima kasih sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini.

Sponsors Link

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan sobat dan juga tentunya dapat memberikan manfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali kerusakan pada motor anda terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply