Sponsors Link

Komponen Motor yang Menunjang Kinerja Chassis

Sponsors Link

Macam macam chassis motor merupakan bagian dari kendaraan yang paling dasar, secara garis besar memiliki fungsi sebagai pengaman kendaraan, menambah kenyamanan pengemudi dan untuk mengarahkan jalannya kendaraan. Chassis memilliki beberapa komponen, komponen-komponen yang ada pada chassis diantaranya adalah sistem pengereman, sistem suspensi, sistem kemudi, roda dan ban. Berikut penjelasan lengkap mengenai chassis :

ads

1. Sistem pengereman

Komponen yang terdepat pada chassis motor pertama adalah sistem rem cakram motor. rem cakram motor pada sistem rem pada kendaraan memiliki beberapa fungsi antara lain untuk mengurangi laju kendaraan, untuk menghentikan laju kendaraan dan untuk memungkinkan kendaraan untuk dapat berhenti (parkir) pada tempat yang tidak rata (pada posisi jalan menanjak atau turunan kendaraan terpaksa berhenti karena kendaraan didepannya berhenti atau macet).

2. Sistem suspensi

Komponen chassis yang kedua adalah sistem suspensi. Sistem suspensi pada kendaraan memiliki beberapa fungsi yaitu untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata agar tidak diteruskan ke ruang kabin (ruang kemudi) sehinggapengemudi maupun peniumpang merasa nyaman. Sistem suspensi terdiri dari beberapa bagian antara lain :

  • Pegas yang berfungsi sebagai media penghubung frame dengan axle dan juga berfungsi untuk menyerap guncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang kurang rata. Pegas terdiri dari beberapa tipe yaitu pegas coil, pegas daun dan pegas batang torsi.
  • Shock absorber berfungsi untuk menyerap terjadinya kejutan (meredam kejutan) atau mencegah terjadinya oksilasi pada kendaraan.
  • Komponen selanjutnya yaitu stabilizerbar, yang berfungsi untuk mengurangi kemiringan kendaraan saat kendaraan berbelok akibat dari gaya sentrifugal atau mencegah agar kendaraan tidak melayang ketika membelok.
  • Strut bar berfungsi untuk menopang lower arm agar tidak bergerak maju atau mundur pada saat kendaraan tersebut berjalan.

3. Sistem kemudi

Komponen chassis yang ketiga adalaha sistem kemudi. Fungsi sitem kemudi pada kendaraan yaitu berfungsi sebagai pengarah atau pengatur arah jalannya kendaraan sesuai dengan keinginan pengendara. Sistem kemudi untuk membelokan roda depan kekiri atau kekanan dengan cara mempergunakan tenaga tangan melalui batang kmudi (stang) yang diteruskan ke garpu depan (front fork).

Panjang pendeknya komponen stang motor kemudi merupakan unsur yang harus diperhitungkan selain penampilan. Kelengkapan kemudi juga berfungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya kendaraan. Batang kemudi yang panjang akan akan ringan untuk digerakan, namun kendaraan menjadi kurang lincah. Sebaliknya jika batang kemudi pendek maka akan berat saat digerakkan namun kendaraan akan semakin lincah.

Sponsors Link

4. Roda dan ban

Komponen chassis yang keempat adalah roda dan ban. Roda terdiri dari pelek dan ban yang merupakan bagian dari kendaraan. Pelek roda merupakan bagian tempat dudukan ban dan sebagai komponen yang terhubung dengan putaran poros axle atau steering knuckle.

Berdasarkan bahan pembuatannya, pelek dapat dibedakan menjadi 2 yaitu pelek dari paduan logam dan pelek dari aluminium alloy. Ban diisi dengan udara bertekanan yang berfungsi untuk menyerap kejutan yang diterima dari kondisi jalan yang kurang rata karena ban inilah satu-satunya komponen pada kendaraan yang langsung bergesekan dengan permukaan jalan. Sekian penjelasan mengenai komponen yang ada pada chassis semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply