Sponsors Link

Komponen Motor yang Bisa Saling Tukar dengan Komponen Motor Lain

Sponsors Link

Bagi sobat otomotif yang gemar atau hobi mengombinasikan (memasang) komponen-komponen motor sobat dengan komponen-komponen dari jenis motor lain pastinya sudah sangat hafal dengan komponen-komponen motor apa saja yang bisa dikombinasikan. Namun, hal initidak berlaku untuk para pemula yang ingin coba-coba mengombinasikan komponen-komponen dari jenis motor yang berbeda.

ads

Padahah hal ini harus sobat ketahui agar dapat menghasilkan rangkaian komponen yang saling mendukung pada sebuah sepeda motor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi mengenai komponen motor yang bisa saling tukar dengan komponen motor lain.

Melakukan bongkar pasang komponen – komponen yang terdapat pada motor kemudian menggantinya dengan komponen-komponen yang berasal dari jenis motor yang berbeda saat ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar modifikator. Namun, bagi sobat yang masih baru dalam dunia modifikasi pastinya kesulitan dalam melakukan percobaan ini.

Maka, sangat perlu sekali untuk sobat mengetahui terlebih dahulu apa saja komponen-komponen pada sepeda motor yang sekiranya dapat diganti dengan komponen-komponen dari jenis motor yang berbeda agar hasilnya tidak mengecewakan.

Perlu sobat ketahui, bahwa biasanya setiap komponen mesin motor yang digunakan bisa saling tukar pakai alias substitusi. Terutama, pada komponen-komponen yang termasuk dalam kategori fastmoving. Apasajakah komponen-komponen tersebut. Berikut saya telah merangkumnyadalam artikel mengenai komponen motor yang bisa saling tukar dengan komponen motor lain, antara lain sebagai berikut :

1. Kampas Rem, Per kopling, Karet Terombol (kawasaki)

Komponen motor yang bisa saling tukar dengan komponen motor lain, yang pertama yaitu kampas rem dan per komponen motor kopling pada motor Kawasaki KLX 150. Untuk kampas kopling bisa menggunakan kampas kopling dari Suzukithunder125. Dan untuk per kopling dapat menggunakan per kopling dari hondatiger atau kawasaki ninja 150R. Kemudian karet trombol dari motor kawasaki W175 dapat memakai dari motor kawasakikaze R.

2. Sil Sok, Kampas Rem Belakang, Tensioner, Dangear Belakang (Honda)

Komponen motor yang bisa saling tukar dengan komponen motor lain, yang kedua yaitu sil sok depan pada MEGA PRO FI dapat diganti dengan sil sok depan hondaGL Max yang sama-sama memiliki diameter 31 mm. Selain itu, tensionerhonda CB150R dapat diganti dengan tensioner dari Honda Tiger. Kemudian gear belakang dapar menggunakan gear dari motor Mega Pro.

3. Kampas Rem Belakang, Gear Depan Belakang (Yamaha)

Komponen motor yang bisa saling tukar dengan komponen motor lain, yang ketiga yaitu kampas rem belakang pada motor yamahaallnewbysonFI dapat menggunakan kepunyaan dari motor yamaha RX KING, Scorpio, dan Vixionold, yang masih mengadopsi sistem rem trombol. Sedangkan untuk gear depan & belakang bisa menggunakan punya Vixiondan Scorpio.

4. Kampas Kopling dan Kabel Kopling (Suzuki)

Komponen motor yang bisa saling tukar dengan komponen motor lain, yang keempat yaitu kampas kopling pada motor Suzuki RGR 150. Biasanya kampas kopling pada jenis motor ini dapat di substitusikan dengan yang orisinal. Kampas kopling RGR 150 dipasang 3 lembar sedangkan ori bawaan motor 2 lembar. Hal ini karena motor sportnakedkeluaran pabrikan berlogo S ini memiliki konstruksi mesin yang sama dengan fairingnya. Selain itu, kabel koplingnya juga bisa menggunakan kepunyaan Kawasaki KLX 150.

Demikianlah beberapa komponen motor yang bisa saling tukar dengan komponen motor lain. Sebaiknya, bagi sobat yang masih belum paham mengenai kombinasi antara komponen-komponen motor yang berasal dari jenis motor berbeda menyerahkan proses modifikasi ini pada bengkel yang sudah berpengalaman agar lebih terjamin untuk keberhasilan mengombinasikan komponen-komponen tersebut.

Terima kasih sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat dan tentunya juga dapat memberikan manfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply