Sponsors Link

komponen Motor Kopling : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Bagi sebagian orang khususnya para kaum pria yang memang gemar akan motor cnederung memiliki kesenangan untuk memiliki atau mengendari motor kopling. Pasalnya apabila mengguanan motor kopling ada banyak pendapat yang mengatakan bahwasanya lebuh terlihat “ laki “ dan lebih keren.

ads

Hal tersebut memang wajar – wajar saja ya sobat, karena hal tersebut tergantung pada pendapat dan kesenangan masing –  masing individu. Namun sobat ada hal yang harus anda ketahui tentang apa saja sebenarnya komponen motor kopling tersebut dan apa saja fungsinya.

Nah sobat semua yang terkasih, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan ulasan mengenai komponen motor kopling buat sobat semua khususnya pecinta otomotif. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, adapun fungsi kopling pada motor yang berjenis kopling merupakan komponen yamg berfungsi sebagia pemutus dan penyambung putaran mesin menuju transmisi. Putaran mesin ini perlu diputuskan karena beberapa kondisi mesin harus hidup namun posisi poros transmisi yang terhubung dengan roda haruslah diam. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja komponen motor kopling tersebut, berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Primary Drive Gear

Komponen motor kopling yang pertama adalah primary drive gear. Pada sistem kopling sepeda motor, proses kerja mesin tidak dilakukan sejajar dengan poros mesin seperti yang terdapat pada mobil, namun menggunakan primary drive gear ini. Adapun fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai komponen yang menghubungkan putaran poros dari  engkol mesin ke gigi primer pada kopling.

2. Clutch Cover

Komponen motor kopling yang kedua adalah clutch cover. Adapun clocth cover ini terletak dan menempel pada gigi primer kopling. Untuk fungsinya sendiri yaitu sebagai komponen yang berfungsi untuk penyalur putaran dari gigi primer ke beberapa pressure plate. Pada sistem motor kopling ini, merupakan jenis motor yang menggunakan beberapa plat kopling dna plat penekan. Plat penekan itu sendiri akan berputar mengikuti putaran gigi primer kopling.

3. Multi Clutch Plate

Komponen motor kopling yang ketiga adalah multi clutch plate. Adapun komponen yang satu ini disebut koling atau piringan gesek yang terletak diantara plat penekan dalam kopling. Untuk sungsinya sendiri, komponen yang satu ini berfungsi untuk menerima putaran dari pressure plate.

4. Center Gear

Komponen motor kopling yang keempat adalah center gear. Center gear atau roda gigi ini terletak pada poris transmisi dan memiliki beberapa roda gigi sebagai peletakan kampas kopling. Adapun fungsi dari center gear ini adalah sebagai komponen yang bertugas untuk penyalur putaran dari kampas kopling menuju poros transmisi.

Sponsors Link

Itulah beberapa komponen motor kopling yang bisa penulis ulas dalam postingan kali ini ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply