Categories
Info Motor

komponen Motor Bebek : Penjelasan dan Fungsinya

Jika berbicara mengenai motor, tentunya kita juga tidak akan terlepas berbicara mengenia komponen penyusunya. Karena tanpa adanya komponen penyusun yang ada di dalamnya maka motor tersebut tidaklah akan bisa di sebut sepedan motor dan tidak akan berfungsi seperti sepeda motor yang seharusnya.

Karena seperti yang sudah kota ketahui bersama kompnen tersebut memang memiliki fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya namun tentunya memiliki kesamaan tujuan yaitu untuk menjalankan fungsi dari motor itu secara keseluruhan. Setuju ya sobat.

Oke sobat semua, agak berbeda dengan postingan yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai komponen motor bebek. Sobat semua tentunya mengerti dan sudah mengetahui bagaiamana bentuk dari motor bebek ini ya dan kemungkinan juga anda memilikinya. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini penulis akan mengulasnya secara detail buat anda. Yuk sobta, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Kepala Silinder ( Cylinder Head )

Komponen motor bebek yang pertama adalah kepala Silinder ( Cylinder Head ) . Komponen yang satu ini merupakan komponen utama dalam meisn motor bebek. Selain itu sobat, komponen yang satu ini merupakan komponen yang memiliki fungsi utama sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan juga sebagai tempat dudukan busi mesin.

Adapun kepala silinder ini sendiri bertumpu pada bagian blok silinder yang titik tumpunya sendiri dipasang atau pun direkatkan oleh bagian gasket yang berguna untuk membantu mencegah terjadinya kebocoran kompresi mesin. Bayangkan saja jika bocor sobat, hal buruk apa yang akan menimpa anda?

2. Blok Silinder ( Cylinder Block )

Komponen motor bebek yang kedua adalah blok silinder. Adapun komponen blok silinder ini merupakan komponen yang mempunyai fungsi utama sebagai bergeraknya piston mesin. Selain tiu sobat, blok silinder  yang satu ini terdiri dari dua komponen yang digabung menjadi satu yaitu silinder liner dan blok silinder yang keduanya memang saling melekat dan fungsinya pun slaing berkaitan satu dengan yang lainnya.

3. Bak Engkol Mesin ( Crankcase )

Komponen motor bebek yang ketiga adalah bak engkol mesin. Komponen yang satu ini merupakan salah satu piranti dari komponen sepeda motor bebek yang berfungsi untuk memberikan informasi secara lengkap tentang bak engkol mesin sepeda motor. Bak engkol mesin atau yang disebut juga dengan crankcase ini adalah komponen yang mmeiliki fungsi khusus sebagai rumah dari beberapa komponen mesin motor bebek yang terdapat di dalamnya.

4. Torak ( Piston )

Komponen motor bebek yang keempat adalah torak atau piston. Torak ini merupakan salah satu komponen mesin yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar ke poros engkol atau crank shaft melalui batang torak komponen motor bebek tersebut  atau yang disebut dengan connecting road.

Itulah beberapa komponen motor bebek yang bisa penulsi ulas dalam postingan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

Leave a Reply