Sponsors Link

Komponen Mesin Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Masih membahas seputar otomotif nih ya sobat. Pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas informasi mengenai otomotif yang memang cakupannya sangat luas ya sobat. Bagi sobat semua yang memnag gemar akan otomotif tentunya gemar akan komponen otomotif itu sendiri juga. Setuju ya sobat.

ads

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai komponen mesin motor. Nah buat sobat semua yang memiliki kendaraan roda dua atau motor, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar pemahaman anda bertambah mengenai mesin beserta komponen yang ada di dalamnya ya sobat.

Wajib anda ketahui bahwasannya komponen mesin motor yang kondisinya kuran baik, bisa menjadi penyebab motor sering mogok. Coba anda bayangkan jika motor anda sering mogok, terlebih lagi saat malam hari, pastinya akan sangat merepotkan anda sendiri ya sobat.

Pada umumnya, secara garis besar sepeda motor memiliki 3 komponen utama yaitu komponen kelistrikan, komponen mesin dan komponen bodi. Namun, komponen yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai komponen mesin motor itu sendiri ya sobat. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Kepala Silinder ( Cylinder Head )

Komponen mesin motor yang pertama adalah kepala silinder atau yang biasa disebut dengan cylinder head. Adapun fungsi dari kepala silinder ini adalah sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan juga sebagai tempat dudukan busi mesin sehingga cara memasang busi pun menjadi lebih mudah. Kedua fungsi tersebut saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

2. Blok Silinder ( Cylinder Block )

Komponen mesin motor yang kedua adalah blok silinder atau cylinder block. Adapun fungsi dari blok silinder adalah sebagai tempat bergeraknya piston mesin. Blok silinder piston ini terdiri atas dua komponen yang digabung menjadi satu, yaitu silinder liner dan blok silinder yang keduanya saling melekat satu dengan yang lainnya.

3. Bak Engkol Mesin ( Crankcase )

Komponen mesin motor yang ketiga adalah bak engkol mesin atau yang disebut dengan crankcase. Adapun fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai komponen yang akan memberikan informasi secara lengkap tentang engkol mesin sepeda motor. Bak engkol mesn atau crank case ini merupakan komponen yang memiliki fungsi khusus sebagai rumah dari beberapa komponen –  komponen mesin yang lainnya seperti koling mesin, generator, alternator, pompa oli, gigi transmisi, penampung oli dan juga poros engkol.

4. Torak ( Piston )

Komponen motor yang keempat adalah toral atau piston. Torak merupakan salah satu nama komponen mesin yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar ke poros engkol atau crank shaft melalui batang torak ( connecting road ).

5. Cincin Torak ( Ring Piston )

Ring piston merupakan komponen mesin yang mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran gas bahan bakar saat terjadi proses kompresi dan usaha. Meskipun komponen satu ini kecil, ternyata sangat penting untuk menjalankan fungsi mesin motor secara keseluruhan. Masalah kebocoran bahan bakar karena kondisi komponen ini yang kurang baik, bisa juga menjadi penyebab motor terbakar saat berkendara yang wajib anda beri perhatian khusus. Karena menyangkut keselamatan pengendara sendiri.

6. Poros Engkol ( Crank Shaft )

Poros engkol merupakan komponen mesin sepeda motor yang mempunyai fungsi untuk mengubah gerak naik turun torak menjadi gerak berputar yang kemudian dapat menggerakkan roda- roda pada sepeda motor anda. Bagian ini bisa membuat mesin motor berisik saat panas jika terjadi suatu masalah.

Sponsors Link

Oke sobat semua, sekian infomasi yang bsia penulis share pada kesempatan kali ini mengenai komponen mesin motor. Terima kasih bagi sobat yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, serta bisa menjadi refrensi. Sampai jumpa di lain kesempatan dan salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply