Sponsors Link

Komponen Lampu Sein Motor : Bagian, Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Lampu sein merupakan bagian penting yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, karena lampu sein berfungsi sebagai tanda bahwa pengendara akan berbelok ke kiri atau kekanan. Berikut ini saya akan menjelaskan tentang lampu sein berikut fungsinya, langsung saja kita simak artikel dibawah ini :

ads

Lampu sein merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Lampu sein ini termasuk ke dalam sistem penerangan lampu yang ada pada kendaraan, baik pada kendaraan mobil maupun pada kendaraan sepeda motor. Salah satu aspek keselamatan pada kendaraan adalah lampu sein. Lampu sein atau turning signal adalah lampu yang dibuat sebagai penanda bahwa mobil atau motor akan berbelok ke salah satu arah.

Lampu sein umumnya berwarna kuning dan menyala secara berkedip-kedip. Pada bagian depan dan belakang kendaraan akan menyala bersamaan dan sebaliknya Jika kendaraan menyalakan lampu sein kiri maka lampu sein sebelah kiri. Berkedipnya lampu sein ini disebabkan oleh flasher. Mengingat fungsi flasher motor sangatlah penting. Tujuan pemberian lampu sein adalah mencegah terjadinya kecelakaan di tikungan akibat missed communication.

Komponen-komponen lampu sein :

  • Baterai, sistem kelistrikan motor pada lampu sein sumber listriknya berasal dari baterai. Baterai berpungsi sebagai penyuplai arus yang paling utama untuk kelistrikan lampu sein.
  • fuse/sekring motor, dengan adanya fuse kita dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan. Fuse berfungsi untuk menyearahkan arus dan sekaligus berfungsi untuk mencegah terjadinya kosleting.
  • saklar kontak, adalah komponen untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Saklar pada lampu sein berfungsi untuk mengaktifkan lampu sein sebelah kiri atau kanan secara bergantian.
  • flasher, adalah komponen untuk membuat efek kedipan pada lampu sein. Komponen inilah yang membuat lampu sein bisa berkedap-kedip.
  • Saklar sein.
  • lampu sein kiri dan kanan.

Fungsi lampu sein :

  • Sebagai indikator atau isyarat  bahwa kendaraan tersebut akan berbelok, baik ke arah kiri maupun ke arah kanan sehingga pengendara lain akan tahu dan dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.
  • Sebagai isyarat kepada pengendara lain sehingga pengendara yang akan didahului dan pengendara lain yang ada di belakangnya tahu, bahwa kendaraan akan menyalip atau mendahului kendaraan di depannya.
  • Sebagai isyarat agar kendaraan yang berlawanan arah dengan kita keluar jalur kita, sebagai contohnya ketika kendaraan yang berlawanan arah menyalip kendaraan didepannya dan mengambil jalur kita sehingga kita kehabisan jalan, agar pengendara lawan arah tersebut tahu dan agar keluar jalur kita maka kita wajib memberikan tanda dengan menyalakan lampu sein sebelah kanan.
  • Memberi isyarat ketika kita akan berpindah jalur, sebagai contohnya bila pada jalan terdapat beberapa jalur misalnya 2 jalur, kita wajib menyalakan lampu sein sebagai tanda kita akan pindah jalur, ketika kita ingin berpindah jalur dari jalur pertama ke jalur kedua.
Sponsors Link

Itulah penjelasan lengkap tentang lampu sein, sekian artikel yang bisa saya bagikan semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain artikel. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply