Sponsors Link

Komponen Knalpot Motor : Cara Kerja dan Fungsinya

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai otomotif, sudah pastinya sobat semua pecinta otomotif mengerti dan paham akan komponen yang satu ini ya sobat, yaitu knalpot motor. Knalpot motor merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi atau peranan penting dalam performa motor anda. Untuk itu anda wajib merawatnya ya sobat. cara menghilangkan karat pada knalpot motor perlu anda ketahui sebagai salah satu perawatan yang bisa anda lakukan.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, secara teknis knalpot ini merupakan saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan bermotor. Oleh karena itu, pada umumnya knaplot ini diletakkan pada bagian belakang kedaraan, karena berisi sisa – sisa pembakaran dari ruang pembakaran pada komponen mesin motor anda tentunya. Nah sobat semua, untuk lebih jelasnya mengenai knalpot tersebut, beriktu ini penulis sajikan ulasannya secara lengkap buat sobat semua. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Komponen Dan Funsgi Knalpot Motor

Sebelum membahas lebih dalam lagi, sebaiknya anda mengetahui komponen – kompone apa saja yang ada pada knalpot motor ya sobat. Adapun komponen penyusun dari knalpot motor tersebut beserta fungsinya adalah sebagai berikut :

1. Header Knalpot Motor

Komponen knalpot motor yang pertama adalah header knalpot. Adapun fungsi dari header knalpot ini adalah untuk menghubungkan antara bagian silinder dengan seluruh bagian knalpot untuk melakukan fungsi pembuangan sisa pembakaran yang terjadi saat sedang berkendara.

2. Resonator Knalpot Motor

Komponen yang kedua adalah resonator knalpot motor. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk  menyaring suara hasol pembakaran mesin yang tadi, yaitu sebagai peredam suara mesin yang keras. Jadi apabila resonator knalpot motor anda rusak tidak usah ditanyakan lagi suara knalpot anda akan berisik.

3. Silencer Knalpot Motor

Komponen knalpot motor yang ketiga adalah silencer knalpot motor. Fungsi dari silencer knalpot motor yang satu ini adalah untuk mengurangi suara knalpot yang terlalu keras atau pun sebagai saringan kedua pada knlapot motor anda setelah resonator. Hampir sama fungsinya dengan komponen filter motor ya sobat, hanya saja bedanya pada objek yang dikelola.

4. Chamber Knalpot Motor

Komponen yang ke empat adalah chamber knalpot motor. Chamber knalpot ini mempunyai fungsi sebagai pemantul gas buang hasil pembakaran pada mesin kendaraan anda. adapun chamber knalpot ini hanya bisa digunakan pada sepeda motor 2 tak, karena motor 2 tak tidak memiliki valve atau katup seperti pada sepeda motor 4 tak.

Cara Kerja Knapot Motor

Sistem kerja yang terjadi pada knalpot dimana pembakaran yang terjadi pada mesin akan menghasilkan gas pembuangan yang akan dilanjutkan di dalam knalpot serta pada bagian akhirnya akan dilepaskan ke udara yang berbentuk  seperti asap. Sistem kerja yang pertama kali terjadi pada knalpot ini adalah pada bagian exhaust manifold atau header.

Untuk sobat semua yang memiliki kendaraan motor, sebaiknya sering memperhatikan bagian ini ya sobat agar jangan sampai terjadi kebocoran. Apabila terjadi kebocoran pada bagian ini, maka akan berpengaruh pada kinerja knalpot motor anda. Pada umumnya kebocoran terjadi pada bagian packing. Bagian packing inilah yang menjadi tolak ukur terhadap komponen – komponen yang lain yang bekerja pada bagian knalpot tersebut. komponen busi motor juga sangat berpengaruh bagaimana knalpot bisa berjalan dengan baik.

Sponsors Link

Oke sobat semua, seian infomasi mengenai komponen knalpot motor yang bisa penulis share pada artikel kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat sobat semua yang sudah membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis, salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply