Sponsors Link

Komponen Karburator Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai otomotif, tentunya tidak terlepas dari komponen otomotif itu sendiri ya sobat. Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini, tidak jauh dari pembahasan yang sebelumnya, kita masih akan membahas mengenai otomotif beserta komponen yang ada di dalamnya seperti komponen mesin motor atau pun komponen lainnya.

ads

Adapun topik pembahasan yang akan kita ulas dalam artikel kali ini adalah mengenai komponen karburator motor. Nah sobat semua pecinta otomotif yang memiliki kendaraan bermotor, ada baiknya menyimak ulasan berikut ini agar pemahaman anda terkait karburator tersebut lebih luas lagi ya sobat. Mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, fungsi karburator secara umum ada dua, yaitu untuk mengatur RPM dan mencampur udara dan bahan bakar sesuai dengan perbandingan standarnya. Untuk menjalankan fungsinya tersebut, tentu ada beberapa komponen dari karburator itu sendiri yang membantu karburator tersebut dalam menjalankan tugasnya. Namun perlu anda perhatikan sobat motor karburator kehabisan bensin bisa menyebabkan kerusakan pada komponennya. Adapun komponen karburator motor yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Jarum Pelampung

Komponen karburator motor yang pertama adalah jarum pelampung. Jarum pelampung ini adalah sebuah jarum berbentuk lancip seperti katu yang menekan sebuah lubang. Lubang yang dimaksud adalah lubang penyalur bensin, sehingga ketika lubanag ini tertekan katup, otomatis suplai bensin ke ruang pembakaran akan terhenti. Hal ini bertujuan untuk mengatur volume di dalam ruang pelampung agar tidak berlebihan, sehingga campuran yang diinginkan bisa berlangsung secara normal.

2. Pelampung

Komponen karburator motor yang kedua adalah pelampung. Pelampung ini merupakan sebuah komponen yang terbuat dari plastik ringan yang mengambang pada zat cairan, khususnya bensin. Pelampung ini akan menggerakkan ujung jarum pelampung agar tertutup.

3. Main Jet

Komponen yang ketiga adalah main jet. Main jet merupakan komponen yang berfungsi sebagai saluran utama di dalam karburator motor yang menghubungkan bensin di dalam ruang pelampung ke dalam venture di tengah saluran udara ke intake. Dari sinilah bensin akan tersuplai keluar. Jika dalam prosesnya terjadi kebocoran, waspadalah hal tersebut bisa menjadi penyebab motor terbakar saat berkendara karena ketidak tauan anda terhadap masalah yang ada.

4. Needle jet

Komponen yang ke empat adalah needle jet. Needle jet ini merupakan jarum berbentuk tirus dengan ujung lancip, jarum ini dipakai untuk mengatur volume bensin yang kelaur dari main jet. Jarum ini sendiri digerakkan oleh sket atau katup gas, dimana gerakan naik turunnya skep akan menggerakkan needle jet untuk bergerak naik turun.

5. Skep /Katup Gas

Komponen karburator motor yang kelima adalah skep atau katup gas. Katup gas pada motor berbentuk seperti tabung yang bergerak naik turun. Gerakan naik turun ini membuat diameter venture bervariasi yang mempunyai fungsi untuk pengaturan saluran udara pada RPM.

6. Pilot Jet

Komponen yang keenam adalah pilot jet. Pilot jet ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan bensin pada ruang pelampung dengan ruang setelah katup gas sebelum intake manifold, yang berfungsi untuk mengakhirkan bensin ketika bensin bekerja pada idel RPM. Nah sobat jika pilot jet anda bermasalah, maka motor ngempos di rpm tinggi tidak bisa dihindari.

Sponsors Link

Sekian informasi mengenai komponen karburator motor yang bisa penulis share buat sobat semua. Semoga tulisan ini bermanfaat buat sobat semua yang sudah membacanya dan bisa menjadi refrensi ya sobat. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis, salam otomotif selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply