Sponsors Link

Komponen Filter Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Hello sobat semua, masih setia dengan artikel yang selalu penulis sajikan buat sobat semua ya. Penulis juga tentunya masih setia nih sobat memberikan ulasan yang menarik serta bisa menambah wawasan anda. Tidak jauh berbeda dengan artikel yang sebelumnya nih sobat, pada kesempatan kali ini penulis juga masih akan membahas seputar otomotif.

ads

Adapun topik pembahasan yang akan kita ulas dalam artikel kali ini adalah mengenai komponen filter motor. Tentunya sobat semua mengerti akan komponen yang satu ini ya sobat. Seperti yang sudah sobat riders ketahui, filter motor merupakan sebuah elemen saringan yang berlokasi di tengah saluran udara intake yang memiliki fungsi menyaring udara yang masuk ke mesin dari kotoran dan debu.

Nah sobat semua, di dalam menjalankan fungsinya tersebut tentunya filter memiliki komponen atau bagian – bagian yang membantunya untuk melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut. Adapun komponen filter motor tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Saringan Udara

Komponen filter motor yang pertama adalah saringan udara. Saringan udara terbuat dari bahan yang seperti busa yang berfungsi untuk menyaring udara yang kotor sebelum diteruskan ke area pembakaran. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila udara kotor masuk ke ruang pembakaran dalam motor anda, tentunya akan mengakibatkan masalah pada performa kendaraan anda nantinya. Untuk itu anda perlu melakukan perawatan pada busa filter motor anda ya sobat. Tidak hanya udara saja, namun dampak filter kotor pada motor juga akan menurunkan peformanya.

2. Kotak Saringan Udara

Komponen yang kedua adalah kotak saringan udara. Adapun kotak saringan udara ini adalah sebagai tempat melekatnya saringan udara itu sendiri. Apabila kotak saringan ini tidak ada, pastinya sobat semua sudah mengetahui apa yang terjadi ya sobat, kemungkinan besar filter udara itu sendiri tidak akan bisa difungsikan karena kotak saringan tersebut seyogianya berfungsi sebagai tatakan si saringan udara tersebut berada. Betapa pentingnya komponen ini ya sobat seperti halnya komponen mesin motorkomponen karburator motor atau pun komponen lainnya

3. Tutup Kotak Saringan Udara

Komponen yang ketiga adalah tutup kotak saringan udara. Adapun komponen yang satu ini adalah komponen yang ada pada filter motor anda yang berfungsi sebagai penutup kotak dari saringan itu sendiri. Apabila kotak saringan udara tersebut tidak ditutup dengan kotak saringan nya sendiri maka kemungkinan besar busa yang ada didalam kotak tersebut yang berfungsi untuk menyaring udara yang kotor sebelum disalurkan ke ruang pembakaran sebaiknya ditutup dengan menggunakan tutup kotak saringan itu sendiri.

4. Pipa Penghubung

Komponen yang terakhir adalah pipa penghubung. Nah sobat semua, komponen pipa penghubung ini adalah salah satu komponen yang juga sangat penting keberadaannya seperti halnya sekring motor. Fungsinya adalah sebagai pipa yang mengalirkan udara yang telah disaring atau difilter tersebut ke ruang pembakaran. Dengan adanya pipa ini, maka udara yang disalurkan keruang pembakaran adalah udara yang bersih.

Oke sobat semua, sekian infomasi mengenai komponen filter motor yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Penulis berharap artikel ini bermanfaat bagi sobat semua sebagai tambahan informasi.

Sponsors Link

Sampai jumpa di lain kesempatan ya sobat terkasih semuanya. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan artikel – artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis dan salam otomotif

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply