Sponsors Link

Komponen Chasis Motor : Bagian, Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang komponen lampu sein motor dan fungsinya, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang chassis beserta fungsinya. Langsung saja kita simak uraian berikut ini. Cassis merupakan bagian dari kendaraan yang secara garis besar memiliki fungsi sebagai pengaman kendaraan, menambah kenyamanan pengemudi dan untuk mengarahkan jalannya kendaraan.

ads

Komponen – Komponen Chassis

Cassis memliki beberapa komponen, komponen-komponen cassis antara lain sistem rem, sistem suspensi, sistem kemudi, roda dan ban. Berikut penjelasan lengkap mengenai chassis :

1. Sistem Rem

Komponen cassis yang pertama adalah sistem rem cakram motor. Sistem rem pada kendaraan memiliki beberapa fungsi antara lain untuk mengurangi laju kendaraan, untuk menghentikan laju kendaraan dan untuk memungkinkan kendaraan untuk dapat berhenti (parkir) pada tempat yang tidak rata (pada jalan menanjak atau pada jalan turunan).

2. Sistem Suspensi

Komponen cassis yang kedua adalah sistem suspensi. Sistem suspensi pada kendaraan memiliki beberapa fungsi yaitu untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata agar tidak diteruskan ke ruang kabin (ruang pengemudi) sehingga pengemudi akan merasa nyaman.

Sistem suspensi terdiri dari beberapa komponen, antara lain :

  • Pegas yang berfungsi sebagai media penghubung frame dengan axle dan juga berfungsi untuk menyerap guncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang kurang rata. Pegas terdiri dari beberapa tipe yaitu pegas coil, pegas daun dan pegas batang torsi.
  • Shock absorber berfungsi untuk menyerap terjadinya kejutan (meredam kejutan) atau mencegah terjadinya oskilasi pada kendaraan.
  • Komponen selanjutnya yaitu Stabilizerbar, yang berfungsi untuk mengurangi kemiringan kendaraan saat kendaraan membelok akibat dari gaya sentrifugal atau mencegah agar kendaraan tidak melayang ketika membelok.
  • Strut bar berfungsi untuk menopang lower arm agar tidak bergerak maju atau mundur pada saat kendaraan tersebut berjalan.

3. Sistem Kemudi

Komponen cassis yang ketiga adalah sistem kemudi. Fungsi sistem kemudi pada kendaraan yaitu sebagai pengarah atau pengatur arah jalannya kendaraan sesuai dengan keinginan pengendara. Sistem kemudi berfungsi untuk membelokkan roda depan ke kiri dan ke kanan dengan cara mempergunakan tenaga tangan melalui batang kemudi (stang) yang diteruskan ke garpu depan (front fork).

Panjang pendeknya komponen stang motor kemudi merupakan unsur yang harus diperhitungkan selain penampilan. Kelengkapan kemudi juga berfungsi sebagai pengarah dan pengendali jalannya kendaraan. Batang kemudi yang panjang akan ringan untuk digerakkan, namun kendaraan menjadi kurang lincah. Sebaliknya batang kemudi yang pendek akan membuat gerakan kendaraan menjadi lincah, namun berat untuk dikendalikan.

4. Roda dan Ban

Komponen cassis yang keempat adalah roda dan ban. Roda terdiri dari pelek dan ban yang merupakan komponen pada kendaraan. Pelek roda merupakan bagian tempat dudukan ban dan sebagai komponen yang terhubung dengan putaran poros axle atau steering knuckle.

Sponsors Link

Berdasarkan bahan pembuatnya, pelek dapat dibedakan menjadi dua yaitu pelek dari paduan logam dan pelek dari alumunium alloy. Ban diisi dengan udara bertekanan yang berfungsi untuk menyerap kejutan yang diterima dari kondisi jalan yang kurang rata karena ban inilah satu-satunya komponen pada kendaraan yang langsung bergesekkan dengan permukaan jalan. Sekian penjelasan mengenai cassis, semoga bermanfaat. Selamat membaca!

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply