Sponsors Link

Komponen Busi Motor : Cara Kerja dan Fungsinya

Sponsors Link

Masih membahas seputar otomotif nih sobat. Tentunya sobat semua masih tetap semangat ya sobat. Tidak jauh berbeda dengan pembahasan yang sebelumnya, pada artikel kali ini kita masih akan membahas mengenai komponen busi motor. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, busi ini memiliki peranan atau fungsi yang sangat penting dan vital bagi performa motor anda. Bagi sobat semua, tentunya anda sudah tau ya sobat tentang komponen motor yang satu ini.

ads

Seperti yang sudah kita pahami dan ketahui bersama, bahwasanya fungsi onderdil motor paling penting yang bernama busi pada motor merupakan salah satu komponen yang berfungsi pada sistem pengapian, yakni untuk memercikkan bunga api di ruang bakar pada akhir langkah kompresi busi menerima tegangan yang tinggi.

Nah sobat semua, tentu di dalam menjalankan fungsinya yang sangat penting tersebut, busi memiliki komponen yang berperan penting untuk menjalankan funsgi bus motor tersebut secaera keseluruhan. Berikut ini ulasannya untuk anda. Yuk sobat, mari kita simak dengan seksama.

Komponen dan Fungsi Busi Motor

Untuk menunjang kinerja dari busi secara menyeluruh, tentu saja ada komponen – komponen lain yang ikut mendukungnya. Selain itu anda juga perlu tau cara memasang busi. Adapun komponen penyusun busi antara lain sebagai berikut :

  • Insulator Keramik

Komponen yang pertama adalah insulator keramik. Komponen yang satu ini berfungsi untuk memegang elektroda tengah dan berguna sebagai insulator antara elektroda tengah dan rumah ( casing ) dari busi tersebut. Adapun gelombang yang terdapat pada casing busi tersebut berguna untuk memperpanjang jarak permukaan antara terminal dan casing untuk mencegah terjadinya loncatan bunga api pda tegangan tinggi yang terdapt pada insulator tersebut. Nah mengingat betapa pentingnya bagian ini, sudah menjadi kewajiban anda mengetahui cara merawat busi agar tidak cepat lepas sehingga tidak membahayakan anda saat berkendara.

  • Casing Busi Motor

Komponen busi motor yang kedua adalah casing busi motor. Adapun fungsi dari casing busi motor ini adalah untuk menyangga insulator keramik dan juga sebagai penahan busi terhadap mesin. Jika sudah mengetahui fungsi casing busi, sebaiknya pahami tanda dan ciri fisik busi harus diganti, agar anda bisa memberikan penanganan cepat dan motor tetap dalam kondisi prima ya sobat.

  • Elektroda Busi Motor

Komponen yang ketiga adalah elektrida busi motor. Adapun fungsi dari elektroda ini memiliki peran yang cukup penting dalam fungsi secara keseluruhan dalam busi tersebut, antara lain untuk mengalirkan arus dan meradiasikan panas yang ditimbulkan oleh elektroda, membuat kerapatan antara sumbu pusat dengan insulator keramik, merapatkan panas dari elektroda dan ujung insulator agar cepat dingin, dan yang tidak kalah penting adalah untuk membangkitkan loncatan bunga api ke masa.

Cara Kerja Busi Motor

Adapun cara kerja busi  motor adalah dengan cara memberikan loncatan bunga api saat adanya tegangan arus tinggi dari ignitipn coil untuk melakukan pembakaran di dalam silinder motor atau mesin. Busi ini akan menerima tegangan lebih dari 1000 volt, suhu sekitar 2000 derajat celcius , dan tekanan kurang dari40 kg / cm persegi pada saat busi tersebut bekerja. Untuk itu, busi yang baik adalh busi yang memiliki aya tahan terhadap panas yang tinggi, serta daya tahan terhadap listrik yang baik pula. Nah sobat semua, hebat ya busi ini.

Sponsors Link

Sekian informasi yang penulis bagikan buat sobat semua mengenai komponen busi motor pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat selalu dari penulis dan salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply