Sponsors Link

Komponen Body Motor : Bagian, Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Semua orang  pasti tau alat transportasi yang satu ini, selain mudah digunakan sepeda motor juga lebih mudah melewati medan-medan yang mungkin tidak bisa dilalui oleh kendaraan lainnya. Maka dari itu sepeda motor banyak dipilih oleh orang-orang. Bagian sepeda motor seperti rangka yang sama dengan kebutuhan sepeda motor itu. Sebagian rangka mempunyai fungsi yang dijadikam sebagai penempatan mesin, sistem kelistrikan, penyangga penumpang.

ads

Bagian – Bagian Body Motor dan Fungsinya

Sepeda motor agar dapat dan layak beroperasi pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian utama yang membentuk suatu sistem, sistem inilah yang memungkinkan sepeda motor beroperasi dan berfungsi dengan baik. Artikel kali ini akan membahas tentang bagian-bagian motor. Langsung saja kita simak artikel berikut ini : 

1. Engine mesin

secara umum mesin memiliki tugas yaitu sebagai sumber tenaga yang berfungsi untuk menggerakan atau mengoperasikan kendaraan. Engine atau mesin yang dipakai pada sepeda motor merupakan mesin yang bekerja pada pembakaran dalam atau sering disebut dengan istilah Internal Combustion Engine, yang bisa beroperasi dengan menggunakan bensin.

Sebagai bahan bakar engine ini adalah merupakan bagian utama dari suatu kendaraan pada engine juga terdapat sistem pendinginan, sistem pelumasan, sistem pengapian, mekanisme katup, dan bagian-bagian komponen mesin mobil itu sendiri. Engine merupakan bagian penting yang berfungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar, engine juga memiliki beberapa sistem misalnya seperti sistem pendingin, sistem pelumas, sistem pengapian, mekanisme katup, dan juga bagian-bagian dari mesin itu sendiri.

2. Kelistrikan

sistem kelistrikan motor merupakan bagian dari seluruh rangkaian yang terdapat pada sepeda motor. Kelistrikan mempunyai tugas sebagai bagian pendukung dari bekerja suatu kendaraan yang mencakup kelistrikan mesin. Misalnya seperti sistem pengapian yang berfungsi untuk memberikan suatu percikan bunga api pada komponen busi motor, kemudian kelistrikan bodi diantaranya seperti penerangan, lampu panel atauindikator, dan juga kelengkapan kelistrikan lainnya.

3. Chasis

Chasis berfungsi sebagai dudukan ( penempatan ) seluruh komponen yang membentuk kendaraan serta mengontrol jalannya kendaraan. Chasis terdiri dari beberapa unit:

  • Rangka

Rangka adalah bagian yang mempunyai fungsi sebagai tempat dari seluruh bagian kendaraan diantara bagian-bagian tersebut seperti mesin, cover body, sistem kelistrikan, unit pengendali, dan lain-lain.

  • Power Train

Power train atau pemindah tenaga adalah bagian yang berfungsi agar tenaga mesin pindah ke roda dalam prosesnya, kemudidan power train juga mempunyai tugas sebagai bagian yang meningkatkan momen penggerak pada roda dan juga merubah kecepatan pada kendaraan.

  • Steering

Steering merupakan unit chasis yang berfungsi sebagai bagian yang mengatur atau mengarahkan pada jalannya kendaraan, yang cara kerja dari kemudi itu dengan mengatur pada posisi roda yaitu dengan membelokan steering ke kanan atau ke kiri.

Fungsi chasis:

  • Penopang mesin.
  • Tahanan dari system suspensi sebagai penyerap goncangan dan getaran yang timbul akibat kondisi jalan.
  • Tahanan dari garpu depan dan garpu belakang, sehingga motor dapa dikendalikan.
  • Penahanan dari tempat duduk.
  • Penahan standar (tunjang) tengah dan samping.
  • Dudukan tanki bahan bakar.
  • Peletakan baterai dan peralatan listrik lainya.
Sponsors Link

Demikian yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai komponen body motor. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua sobat. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply