Sponsors Link

Komponen Aki Motor : Bagian – Bagian dan Fungsinya

Sponsors Link

Aki sangat memegang peranan penting pada sepeda motor seperti halnya komponen mesin motor atau pun komponen filter motor. Aki dalam keadaan soak atau rusak dapat mempengaruhi komponen kelistrikan lainnya. Perawatan aki basah harus selalu di jalankan secara berkala supaya sepeda motor selalu dalam keadaan prima. penyebab aki motor tekor bisa terjadi karena kurangnya perawatan. Aki pada motor berfungsi dalam starter motor ketika akan dihidupkan, selain itu berfungsi juga untuk menyimpan listrik. Fungsi berikutnya yaitu untuk stabilisator. Untuk mengetahui bagian dari aki dan fungsinya, berikut penjelasannya :

ads

1. Kotak Aki

Kotak batrai berfungsi untuk pelindung dan penampung bagi semua komponen aki yang berada di dalamnya seperti sel, pemisah sel, penghubung sel, plat batrai dan sebagainya. Selain itu bagian bawah kotak aki berfungsi sebagai ruang endapan. Untuk memudahkan pemeriksaan tinggi atau jumlah elektrolit aki.

2. Tutup Aki

Tutup aki mempunyai fungsi utama untuk menutup bagian atas pada aki, lubang ventilasi dan tempat dudukan terminal batrai. Hal ini tentu saja mempunyai tujuan untuk melindungi komponen – komponen di dalamnya dari kontak langsung dengan matahari atau pun cipratan air.

3. Plat Aki

Plat pada aki berjumlah dua buah plat yaitu plat positif dan plat negatif. Pada dua plat tersebut memiliki grid yang terbuat dari paduan timah dan antimoni. Plat positif berwarna coklat terbuat dari bahan antimoni yang dilapisi dengan lapisan oksida timah (Pb02, lead dioxide). Sedangkan plat negatif berwarna abu-abu yang terbuat dari bahan sponge lead (Pb). Jumlah dan ukuran plat sangat mempengaruhi kemampuan aki dalam mengalirkan arus listrik.

4. Penyekat / Separator

Separator letaknya berada di antara plat positip dan plat negatif. Separator dirancang secara berpori-pori dengan tujuan supaya larutan elektrolit dapat melewatinya. Selain itu, bagian sparator / penyekat berfungsi pula dalam mencegah hubungan singkat antar plat.

5. Cell / Elemen

Sel/elemen merupakan satu unit plat negatif dan plat positif yang dibatatasi oleh separator di antara kedua plat tersebut. Besarnya tegangan aki yang dihasilkan ditentukan oleh jumlah sel yang dihubungkan secara seri satu dengan lainnya. Satu sel yang terdapat pada aki mengandung tegangan kurang lebih sebesar 2,1 volt. Maka jika di dalam aki terdapat 6 sel, total tegangannya sekitar 12,6 volt.

6. Cell Connector

Call Connector merupakan penghubung plat-plat aki yang berupa plat logam. Jumlah plat penghubung ada dua yang terdapat pada setiap sel yaitu plat positif dan plat negatif. Untuk semua sel disambungkan secara seri dan penghubung sel pada plat positif dan plat negatif.

7. Cell Partition

Cell partition terdapat di bagian dalam kotak aki dan merupakan bagian dari kotak aki yang memisahkan tiap sel yang terdapat pada aki. Komponen ini bisa dikatakan cukup rentan terjadi masalah sobat. Karena sebagain besar partisi memang seperti itu, karena bahan – bahan yang digunakan.

8. Terminal

Terminal pada aki umumnya terdapat dua buah terminal, yaitu bagian terminal positif dan juga bagian terminal negatif. Dua buah terminal tersebut letaknya berada di bagian atas dari aki. Anda bisa menemukannya dengan cepat jika melihat akinya secara langsung.

9. Tutup Ventilasi

Tutup ventilasi terdapat pada aki jenis basah, fungsi utamanya yaitu untuk menutup lubang yang berguna untuk menambah atau mengecek air aki yang berada di bagian dalam. Lubang ventilasi yang terdapat pada tutup, mempunyai fungsi untuk pembuangan gas hidrogen. Dengan memperhatikan bagian – bagian aki itu sendiri, sama halnya anda mengutamakan cara merawat aki motor agar tidak terjadi masalah ya sobat.

[AdSesnse-C]

10. Larutan Elektrolit

Larutan Elektrolit yaitu larutan yang merupakan campuran asam sulfat (H2SO4) dan air (H2O). Larutan elektrolit yang terisi penuh pada aki, mengandung 36% asam sulfat dan 64% air. Kedua campuran tersebut bereaksi dengan bahan aktif yang terdapat pada plat aki untuk menghasilkan listik.

Demikian pembahasan kali ini mengenai komponen aki motor. Semoga pembahasan di atas bisa membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply