Sponsors Link

Kipas Pendingin Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Hello sobat, kembali lagi bertemu dengan penulis nih, penulis berharap sobat semua dalam keadaan baik –  baik saja ya. Kali ini kita masih akan membahas mengenai otomotif nih sobat yakni tentang salah satu komponen pada kendaraan roda dua atau motor anda. Adapun materi atau topik yang akan kita  bahas kali ini yakni mengenai kipas pendingin motor. Bagi sobta semua yang gemar akan dunia otomotif tentunya komponen yang satu ini bukan kompoen yang baru buat anda ya sobat, namun untuk selengkapnya. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, sebuah mesin tentunya memiliki berbagia sistem atu komponen mesin, salah satuu sistem atau komponen tersebut adalah siistem pendingin mesin. Sistem penidnhin ini tentunya memiliki peran yang cukup penting untuk mendukung performa atau kinerja mesin anda agar tetap bisa anda gunakan.

Adapun komponen yang satu ini bertugas untuk membantu proses pendiginan mesin , karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat mesin melakukan proses pembakaran maka akan menghasilan suhu atau temperatur yang semakin lama akan semakin panas. Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus, maka resikonya akan mengakibatkan terjadinya overheating pada mesin anda.

Salah satu komponen sistem pendingin pada motor yang memiliki peranan cukup penting dalam sistem pendinginan ini adalah kipas pendingin motor itu sendiri.  Kipas pendingin ini merupakan sebiah komponen berbentuk seperti kipas yang digunakan untuk menghasilkan aliran uara pada radiator agar proses pendinginan mesin melalui air pendingin bisa berlangsung secara maksimal.

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari kipas pendingin motor tersebut, dibawah ini ada beberapa fungsi dari kipas pendingin, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai komponen yang bertugas untuk mengalirkan udara yang tujuannya adalah untuk mendinginkan air radiator.
  • Sebagai komponen yang bertugas untuk mendinginkan refrigerant sistem.
  • Sebagai komponen yang bertugas untuk mendinginkan intercooler.
  • Sebagai komponen yang bertugas untuk mendinginkan oli ( oil cooler ).

Pada umunya, terdapt dua jenis kipas pendingin pada motor, yakni sebagai berikut :

1. Kipas Konvensional

Kipas yang pertama adalah kipas konvensional. Jenis kipas ini merupakan jenis kipas yang awal digunakan untuk mendinginkan radiator. Kipas yang satu ini disebut konvensional karena bekerja secara otomatis berdasarkan mesin, jadi ketika mesin kendaraan anda hidup maka kipas ini juga akan ikutan hidup , dan semakin tinghi RPM maka mesin juga akan semakin cepat memutar kipas.

2. Kipas Elektrik

Kipas yang pertama adalah kipas elektrik. Kipas yang satu ini tidak dihubungkan lagi dengan pulley mesin, namun sudah bekerja secara independen melalu sebuah motor listrik. Sebuah motor kipas ini diletakkan pada sebuah poros dan cooling fan akan bekerja pada waktu tertentu saja.

Sponsors Link

Demikianlah informasi mengenai kipas pendingin motor yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply