Sponsors Link

5 Perbedaan Ketahanan Mesin Honda vs Yamaha

Sponsors Link

Sepeda motor menjadi pilihan utama kendaraan yang dimiliki berbegai kalangan masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan dengan fungsi dan pemanfaatannya masih masing. Sepeda motor dapat menjadi kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum yang belakangan cukup berkembang pesat akibat hadirnya aplikasi penyedia jasa ojek berbasis online di berbagai kota besar seluruh wilayah Indonesia. Kelebihan motor yang mudah digunakan, dapat melalui jalan sempit maupun macet, serta tidak membutuhkan banyak lahan parkir menjadi alasan utama motor sangat populer dibandingkan kendaraan lain.

Diantara beberapa sepeda motor yang bereda di pasaran Indonesia, jika kita menarik garis maka akan ada sebuah kesimpulan dimana hanya ada dua perusahaan besar yang diduga atau seolah olah memonopoli pasar sepeda motor di Indonesia yakni Honda dan Yamaha. Hampir disetiap jenis sepeda motor di seluruh dunia yang beredar di Indonesia, pabrikan motor Yamaham maupun Honda selalu menjadi pesaing utama. Meskipun ada banyak kompetitor lain yang juga memiliki produk sepeda motor namun tetap saja dua pabrikan besar ini yang memenangi pasar.

Yamaha dan Honda merupakan pabrik otomotif asal Jepang dan sudah lama menguasai penjualan sepeda motor di Indonesia. Kedua pabrikan tersebut tentu memiliki teknologi dan kualitas mesin yang tidak diragukan lagi dan tentunya juga terus saling bersaing untuk menghadirkan teknologi dan ketahanan mesin paling terbaik. Terkait dengan kualitas dari mesin, berikut penjelasan mengenai perbedaan ketahanan mesin Honda VS Yamaha yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

  1. Ketahanan operasional mesin

Untuk mengadu antara motor Yamaha dan motor Honda terkait dengan ketahanan mesinnya maka yang pertama dapat dinilai atau diperhatikan dengan baik adalah ketahanan operasional mesin. Ketahanan operasional pada mesin tersebut merupakan kemampuan yang ditujukan oleh mesin untuk dapat bekerja secara optimal dalam penggunaan atau operasional yang panjang dan non stop. Meskipun harus dibuktikan lebih lanjut dan melalui penelitian yang komprehensif, ketahanan operasional mesin motor Honda dipercaya lebih baik dibandingkan dengan ketahanan operasional mesin motor Yamaha. Dalam berbagai artikel dan pengalaman yang ada, keunggulan motor Honda dalam hal mesin dapat digunakan selama 40 jam non stop sedangkan motor Yamaha hanya dapat digunakan selama 30 jam non stop sesuai yang pernah dilakukan. NIlai ini diperoleh dari uji durabilitas yang dilakukan pada motor Yamaha MIo M3 125 dari pabrikan Yamaha dengan Honda Beat eSP dari pabrikan motor Honda.

  1. Keiritan bahan bakar

Ketahanan mesin Honda VS Yamaha lainnya dapat diperhatikan dari kemampuan untuk mengirit bahan bakar. Terkait dengan penggunaan  bahan bakar pada sepeda motor, Honda menjadi brand yang sudah sejak lama sekali dikenal sebagai motor dengan teknologi untuk dapat menghemat bahan bakar. Kemampuan Honda untuk dapat menjadikan motornya sangat irit bahan bakar sudah dipercaya sejak lama. Hingga saat ini, kemampuan penggunaan bahan bakar Honda lebih hemat dibandingkan dengan sepeda motor Yamaha meskipun sudah banyak keunggulan motor Yamaha yang terus ditambahkan..

  1. Keawetan mesin yang digunakan

Beberapa orang kerap kali menanyakan seberapa awet mesin motor dapat bertahan untuk tetap memberikan dampak yang optimal tanpa sering mengalami masalah. Keawetan mesin motor tersebut memang harus diteliti lebih lanjut karena memang bukan hanya dipengaruhi oleh kondisi mesin yang digunakan sepeda motor tersebut namun juga ditentukan oleh proses perawatan motor apakah berlangsung dengan baik atau tidak. Untuk melakukan pendekatan yang lebih adil maka keawetan mesin ini dapat dilihat dari jaminan garansi yang diberikan oleh pabrikan sepeda motor tersebut yang menunjukan klaim bahwa motornya awet. Jika melihat dari garansi yang diberikan, motor Yamaha lebih awet karena memberikan garansi yang lebih lama yakni 5 tahun sedangkan motor Honda hanya 3 tahun saja meskipun banyak varian honda yang merupakan motor dengan mesin paling awet hingga kini.

  1. Inovasi teknologi mesin

Persaingan motor dari pabrikan Honda dan Yamaha sekarang ini sangat sengit dan bahkan keduanya sempat diduga melakukan monopoli untuk menguasai pasar sepeda motor di Indonesia. Ketatnya persaingan tersebut menjadikan sepeda motor akan selalu memperoleh inovasi termasuk untuk teknologi mesinnya yang juga menjadi perbedaan ketahanan mesin Honda vs Yamaha. Sepeda motor Honda yang selalu diklaim irit bahan bakar, sekarang ini dapat disaingi oleh motor Yamaha yang juga terus mengembangkan teknologi bahan bakarnya yang disebut dengan teknologi Blue Core. Honda juga tidak mau kalah dengan teknologi mesin PGM-FI yang menjadikan seluruh motor Honda dengan merek tersebut akan lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Banyak motor honda yang masuk dalam daftar sepeda motor paling irit bbm di Indonesia.

  1. Responsif terhadap kecepatan

Honda hadir dengan ciri khas mesin berbahan bakar hemat, sedangkan Yamaha memiliki ciri khas yang juga belum dapat disaingi oleh motor Honda terkait responsifnya terhadap kecepatan rendah. Melalui teknologi blue corenya, sepeda motor Yamaha juga dikenal memiliki mesin yang lebih ramah lingkungan bukan hanya hemat dalam penggunaan bahan bakar. Motor Honda dikenal memiliki suspensi yang lebih baik dibandingkan dengan motor Yamaha sehingga enak dan nyaman digunakan untuk jalanan yang tidak rata, sedangkan motor Yamaha dikenal sangat handal untuk berkelok kelok pada jalanan yang memang memiliki kontur tikungan tajam.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan kekuatan mesin Honda Vs Yamaha. Secara umum, kedua jenis motor dari pabrikan yang merajai pangsa pasar motor di Indonesia tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing termasuk dalam ketahanan mesin sepeda motor. Jika dilihat dari ulasan yang dijelaskan diatas, antara motor Yamaha dan motor Honda memiliki tingkat ketahanan dengan faktor yang berbeda beda. Motor Honda mungkin dikenal hemat bahan bakar sedangkan motor Yamaha dikenal memiliki mesin yang cukup tangguh, awet, dan responsif terhadap kecepatan yang rendah. Yamaha juga banyak mengeluarkan varian motor yang enak buat jarak jauh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply